Video of the day

Home » » Lokomotif Uap Milik Amerika (Big Boy), Yang Dibuat Kereta Model | kereta model, miniatur kereta api

Lokomotif Uap Milik Amerika (Big Boy), Yang Dibuat Kereta Model | kereta model, miniatur kereta api

Pada dasarnya, lokomotif uap milik amerika serikat yang memiliki jenis gandar dengan susunan roda 4-8-8-4, adalah lokomotif yang dinamakan dengan Big Boy. Lokomotif ini sendiri, bisa diartikan sebagai lokomotif batubara, yang digunakan untuk menarik barang ataupun penumpang, dengan jumlah yang cukup besar. Bahkan, lokomotif big boy ini mampu menarik gerbong yang seharusnya bisa di tarik dengan 3 unit lokomotif.

Lokomotif ini, memiliki spekulasi 4 unit tabung penggerak, yang terletak di 2 sisi depan dan 2 sisi di belakang. Sehingga, kekuatan lokomotif bigboy ini menjadi 2 kalilipat lokomotif uap biasa. Selain itu, dengan bentuk tabung penggerak yang lebih besar dari lokomotif biasa, bigboy menjadi lebih berstamina.

Tahun pembuatan lokomotif bigboy, dibuat pada tahun 1941 dan 1944, dimana lokomotif ini dioperasikan langsung oleh perusahaan union pasific sampai pada tahun 1959. Lokomotif bigboy ini, sebenarnya di operasikan hanya untuk kereta barang yang melewati medan perbukitan dan pegunungan. Sehingga, dengan bentuk gandar 4-8-8-4 ini, lokomotif bigboy tidak akan pernah mengalami selip saat berdinas untuk kereta apapun.

Tipe gandar ini, bisa di artikan sebagai 4 unit roda pada bagian depan, ditugaskan sebagai roda untuk tikungan, dan 16 roda di tengah untuk penggerak, dan 4 unit roda pada bagian belakang di gunakan untuk stabiliser bigboy pada gerbong batubaranya.

Pada awalnya, lokomotif bigboy ini dinamakan dengan lokomotif “wasatch”, tetapi, pada saat pembuatan lokomotif bigboy ini sedang berjalan, ada salah satu teknisi yang tidak sengaja menulis kata bogiboy di bagian depan tabung lokomotif dengan menggunakna media kapur. Sehingga, dari situlah lokomotif bigboy ini dinamakan seperti itu, dan dikenal hingga sekarang.

DESIGN

Design dari lokomotif bigboy ini sendiri, awalnya adalah sebuah evaluasi kereta uap sebelumnya, yang masih menggunakan jenis gandar 4-6-6-4, sekitar pada tahun 1936. Kemudian, Lokomotif ini digunakna untuk menarik barang yang mengarah ke lokasi perbukitan daerah wasatch. Tetapi, karena kereta uap yang memiliki gandar 4-6-6-4 perlu kereta tambahan, maka union pasifik merancang kereta api baru yang memiliki tenaga lebih besar. Sehingga, muncullah ide baru untuk membuat kereta uap yang dirancang dari hasil perpaduan 2 unit lokomotif menjadi satu lokomotif. Dari situlah muncul kereta api uap dengan nama bigboy.

Kecepatan dari lokomotif bigboy ini, juga di ambil dari hasil evaluasi kereta uap yang memiliki jenis gandar 4-8-8-0, dimana kereta api ini masih kurang mampu untuk melaju di kecepatan 60 mil /jam. Sehingga,d ari situlah tabung penggerak lokomotif uap bigboy kembali di perbesar. Sehingga, dari sinilah lokomotif bigboy menjadi memiliki kecepatan sekitar 130km/jam. Meskipun batas kecepatan dari lokomotif bigboy ini hanya di sampai 90 km/jam.

Tetapi, karena penggunaan lokomotif uap terkesan kurang maksimal, lokomotif uap ini menjadi kalah saing dengan lokomotif diesel yang spekulasi data teknisnya jauh lebih efisien. Akibantya, sekitar pada tahun 2960-an, lokomotif bigboy menjadi jarang di pergunakan. Dikarenakan union pasifik lebih sering menggunakan kereta diesel ketimbanga lokomotif uap big boy.


0 komentar:

Posting Komentar

kereta model, miniatur kereta api, jual kereta api miniatur, toko kereta model, toko kereta api miniatur, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, kereta model malang, miniatur kereta api lembang, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, jual kereta model malang, kereta model skala ho, kereta model skala 1/80