Video of the day

Home » » benarkan lokomotif BB 304 sudah tidak ada dalam bentuk miniatur atau kereta model

benarkan lokomotif BB 304 sudah tidak ada dalam bentuk miniatur atau kereta model

jual kereta model, railking, miniatur kereta api
Selamat datang di website jual kereta model dan toko aneka kereta api miniatur yang selalu membahas hal-hal menarik seputar kereta api yang di produksi dalam bentuk replika atau sering kita sebut dengan miniatur kereta api atau kereta model yang sering kita jumpai di berbagai media social.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kereta api tipe BB 304 dan BB 301 yang sudah jarang di produksi dalam bentuk kereta model atau dalam bentuk railking di kalangan pencinta kereta api di Indonesia.

Pada dasarnya, kereta api miniatur hanyalah bentuk kereta api yang di buat dalam bentuk ukuran kecil yang di skala 1:80 dari bentuk aslinya. Hanya saja kereta miniatur dan kereta model tidak menggunakan bensin atau solar untuk bahan dasar penggeraknya, melainkan menggunakan tenaga listrik yang di alirkan menggunakan adaptor Kontrol DC atau Kontrol DCC.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, mengapa banyak wacana dari forum pencinta kereta api miniatur dan kereta model kalau tipe BB 304 dan lokomotif BB 301 jarang di produksi di Negara Indonesia?

Sebenarnya alasannya sepeleh, LOKOMOTIF BB 304 DAN BB 301 TIDAK ADA PABRIKNYA. Alhasil, lokomotif BB 304 dan BB 301 skala miniatur dan kereta model jarang di produksi dan jarang tampak di beberapa pameran kereta api indonesia, adapun BB 304 dan 301 yang di pakai di kalangan kereta model dan kereta api miniatur adalah buatan handmade yang rela meluangkan waktunya untuk membuat miniatur lokomotif BB 304 atau BB 301 dengan menggunakan media lacer cutting.

Yang menjadi permasalah ke dua adalah, apakah banyak yang memproduksi kereta api miniatur dengan tipe lokomotif BB 304 atau BB 301 yang biasa di gunakan untuk kereta model atau miniatur kereta api pajangan?

Jawabannya adalah : jarang sekali, mengapa bisa di katakana jarang? Karena model BB  301 dan BB 304 adalah model kereta api ber gandar B-B atau 4 roda dalam setiap bogie. Sehingga, sangat jarang yang memproduksi miniatur kereta api atau kereta model dengan model B-B ini. Selain itu, BB 304 memiliki model yang sedikit rumit pada bagian masinis. Karena bentuknya sedikit melengkung ke dalam dan bentuk atap yang memiliki presisi 4 bagian..

Menurut desas-desus perkereta apian Indonesia (pencinta kereta model dan miniatur kereta api) mengatakan bahwa pabrik yang membproduksi BB 304 dan BB 301 kehilangan mesin cetakan model BB 304 dan BB 301. Sehingga lokomotif BB 304 dan BB 301 di bandrol dengan harga yang sangat melejit, bahkan sampai 1,5 juta.

Tetapi bagi anda yang mencinta kereta api Indonesia atau pemain  kereta model tidak perlu risau, karena pada website toko kereta model ini adalah salah satu penjual miniatur lokomotif BB 304 dan BB 301 pada skala ho (1:80), bahkan lokomotif yang saya produksi ini juga cocok untuk dipasangkan di lokomotif kereta model dengan bentuk yang lumayan presisi.

Apabila kita review di jaman kejayaan lokomotif BB 304 dan BB 301i, lokomotif ini sering di gunakan sebagai kereta api penumpang ekonomi dan kereta api barang. Bahkan, saya lebih suka melihat lokomotif BB 304 dan BB 301 ketimbang lokomotif model Co-Co. seperti CC 201 dan 204.

Pada dasarnya, lokomotif BB 304 dan 301 ini hanya mempu menarik 5-6 gerbong penumpang kelas ekonomi, selain itu lokomotif BB juga sangat tangguh pada saat di operasikan pada keadaan banjir atau hujan lebat, berbeda sekali dengan lokomotif CC 206 atau lokomotif CC jenis lainnya yang tidak mempu menghadang banjir dan hujan lebat. Meskipun lokomotif CC lebih kuat dengan berstamina saat di operasikan.

Setelah lokomotif BB 304 dan 301 sukses pada masa kejayaannya, PT. Inka madiun mulai memproduksi lokomotif tipe CC 300 yang memiliki bentuk mesin tidak jauh berbeda dengan lokomotif BB 304 ini. Karena lokomotif BB 304 dan BB 301 sukses memikat para pencinta kereta model dan kereta miniatur, para handmader yang ada di Indonesia mulai berlomba-lomba memproduksi lokomotif CC 300 untuk di satupadukan dengan lokomotif kereta model buatan luar negeri. Seperti lokomtif proto SD 7 dan sd 9.

Untuk perbedaan lokomotif BB 304 dan 301 hanya pada bagian pintu angin kabin mesin yang memiliki 6 ruas. Sedangkan untuk model penggerak dan control masinis sangat persis dan tidak ada perbedaan sama sekali. Selain hanya memiliki bentuk kabin mesin yang sedikit berbeda, lokomotif BB 304 memiliki performa mesin yang lebih kuat di bandingan dengan lokomotif BB 301. Karena telah melakukan proses peng-upgrade an mesin.

Sedangkan untuk miniatur lokomotif BB 304 atau BB 301 pada kereta model Indonesia, tidak memiliki perbedaan sama sekali. Kemungkinan besar yang menjadi perbedaan adalah model mesin yang memiliki 2 mesin penggerak atau hanya satu mesin penggerak. Seperti mesin GP penggerak mono yang di miliki oleh kereta luar negeri.

Yang membuat lokomtif BB 301 dan 304 ini di minati oleh kalangan miniatur kereta api dan kereta model Indonesia adalah lokomotif BB 304 dan 301 menjadi salah satu lokomotif yang sangat sering di pakai oleh Negara Indonesia, setelah proses pengafkiran lokomotif CC 200. Lokomotif BB 301 dan BB 304 ini sering di pakai mondar-mandir oleh PT. PJKA atau KAI dalam pengoperasian kereta api Indonesia.

Jika kita bandingkan lagi dengan kereta-kereta model sekarang, lokomotif BB 304 dan 301 tidak kalah hebat dengan lokomotif model General Elektrik, itulah mengapa banyak para pencinta kereta model dan miniatur kereta api Indonesia yang sedang mencari-cari dimana tempat produksi lokomotif BB 304 dan 301 agar bisa di rollingkan pada rel skala ho.

Rel skala ho pun juga beraneka ragam lho guys, ada yang menggunakan model rel metal dan ada juga yang menggunakan model rel plastik. Tetapi itu semua tidak menjadikan perbedaan pada gauge setiap lokomotif. Sedangkan untuk lokomotif BB 304 dan 301 yang di produksi di toko kereta uap.com ini, juga di design agar bisa rolling pada rel plastik berukuran ho (1:80) yang bisa anda temui di toko-toko mainan terdekat.

BB 304 dan 301 yang di produksi di toko kereta uap .com ini juga bisa di modif menggunakan roda bentuk logam (metal) agar bisa di aliri listrik ketika berjalan di atas rel logam (kereta model). Itulah yang menjadi perbedaan antara miniatur kereta dan kereta model. Hanya di bedakan pada bentuk mesin dan pola cara bermainnya.

Tetapi jika anda masih di katakan pemula, sebaiknya anda menggunakan atau bermain pada kereta api jenis miniatur (railking). Dimana jenis lokomotif yang di mesinkan menggunakan media dynamo dan baterai. Sedankan untuk kualitas rolling pada model railking, tidak jaih berbeda dengan model kereta model yang sering anda lihat di media-media social Indonesia. Hanya saja kalau anda bermain dengan kereta model, anda harus menguras gojek lumayan hits. Karena sudah menggunakan model DCC sound (keluar sound) bahkan sampai keluar asap.

Mungkin sampai itu dulu ya guys artikel kali ini, kalau anda mau mencari lokomotif-lokomotif Indonesia skala kuno atau modern dalam bentuk ukuran ho. anda bisa menghubungi kami melalui 085-100-675-165.

Sekian dulu ya guys, semoga bermanfaat
http://tokokeretauap.blogspot.co.id/2017/12/deskripsi-lokomotif-bb-301-skala-ho-dan.html


0 komentar:

Posting Komentar

kereta model, miniatur kereta api, jual kereta api miniatur, toko kereta model, toko kereta api miniatur, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, kereta model malang, miniatur kereta api lembang, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, jual kereta model malang, kereta model skala ho, kereta model skala 1/80