Selamat datang di website jual kereta model dan toko aneka
kereta api miniatur yang selalu membahas hal-hal menarik seputar kereta api
yang di produksi dalam bentuk replika atau sering kita sebut dengan miniatur
kereta api atau kereta model yang sering kita jumpai di berbagai media social.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kereta
api tipe BB 304 dan BB 301 yang sudah jarang di produksi dalam bentuk kereta
model atau dalam bentuk railking di kalangan pencinta kereta api di Indonesia.
Pada dasarnya, kereta api miniatur hanyalah bentuk kereta
api yang di buat dalam bentuk ukuran kecil yang di skala 1:80 dari bentuk
aslinya. Hanya saja kereta miniatur dan kereta model tidak menggunakan bensin
atau solar untuk bahan dasar penggeraknya, melainkan menggunakan tenaga listrik
yang di alirkan menggunakan adaptor Kontrol DC atau Kontrol DCC.
Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, mengapa banyak
wacana dari forum pencinta kereta api miniatur dan kereta model kalau tipe BB 304
dan lokomotif BB 301 jarang di produksi di Negara Indonesia?
Sebenarnya alasannya sepeleh, LOKOMOTIF BB 304 DAN BB 301
TIDAK ADA PABRIKNYA. Alhasil, lokomotif BB 304 dan BB 301 skala miniatur dan
kereta model jarang di produksi dan jarang tampak di beberapa pameran kereta
api indonesia, adapun BB 304 dan 301 yang di pakai di kalangan kereta model dan
kereta api miniatur adalah buatan handmade yang rela meluangkan waktunya untuk
membuat miniatur lokomotif BB 304 atau BB 301 dengan menggunakan media lacer
cutting.
Yang menjadi permasalah ke dua adalah, apakah banyak yang
memproduksi kereta api miniatur dengan tipe lokomotif BB 304 atau BB 301 yang
biasa di gunakan untuk kereta model atau miniatur kereta api pajangan?
Jawabannya adalah : jarang sekali, mengapa bisa di katakana
jarang? Karena model BB 301 dan BB 304
adalah model kereta api ber gandar B-B atau 4 roda dalam setiap bogie.
Sehingga, sangat jarang yang memproduksi miniatur kereta api atau kereta model
dengan model B-B ini. Selain itu, BB 304 memiliki model yang sedikit rumit pada
bagian masinis. Karena bentuknya sedikit melengkung ke dalam dan bentuk atap
yang memiliki presisi 4 bagian..
Menurut desas-desus perkereta apian Indonesia (pencinta
kereta model dan miniatur kereta api) mengatakan bahwa pabrik yang membproduksi
BB 304 dan BB 301 kehilangan mesin cetakan model BB 304 dan BB 301. Sehingga
lokomotif BB 304 dan BB 301 di bandrol dengan harga yang sangat melejit, bahkan
sampai 1,5 juta.
Tetapi bagi anda yang mencinta kereta api Indonesia atau
pemain kereta model tidak perlu risau,
karena pada website toko kereta model ini adalah salah satu penjual miniatur
lokomotif BB 304 dan BB 301 pada skala ho (1:80), bahkan lokomotif yang saya
produksi ini juga cocok untuk dipasangkan di lokomotif kereta model dengan
bentuk yang lumayan presisi.
Apabila kita review di jaman kejayaan lokomotif BB 304 dan
BB 301i, lokomotif ini sering di gunakan sebagai kereta api penumpang ekonomi
dan kereta api barang. Bahkan, saya lebih suka melihat lokomotif BB 304 dan BB
301 ketimbang lokomotif model Co-Co. seperti CC 201 dan 204.
Pada dasarnya, lokomotif BB 304 dan 301 ini hanya mempu
menarik 5-6 gerbong penumpang kelas ekonomi, selain itu lokomotif BB juga
sangat tangguh pada saat di operasikan pada keadaan banjir atau hujan lebat,
berbeda sekali dengan lokomotif CC 206 atau lokomotif CC jenis lainnya yang
tidak mempu menghadang banjir dan hujan lebat. Meskipun lokomotif CC lebih kuat
dengan berstamina saat di operasikan.
Setelah lokomotif BB 304 dan 301 sukses pada masa
kejayaannya, PT. Inka madiun mulai memproduksi lokomotif tipe CC 300 yang
memiliki bentuk mesin tidak jauh berbeda dengan lokomotif BB 304 ini. Karena
lokomotif BB 304 dan BB 301 sukses memikat para pencinta kereta model dan
kereta miniatur, para handmader yang ada di Indonesia mulai berlomba-lomba
memproduksi lokomotif CC 300 untuk di satupadukan dengan lokomotif kereta model
buatan luar negeri. Seperti lokomtif proto SD 7 dan sd 9.
Untuk perbedaan lokomotif BB 304 dan 301 hanya pada bagian
pintu angin kabin mesin yang memiliki 6 ruas. Sedangkan untuk model penggerak
dan control masinis sangat persis dan tidak ada perbedaan sama sekali. Selain
hanya memiliki bentuk kabin mesin yang sedikit berbeda, lokomotif BB 304
memiliki performa mesin yang lebih kuat di bandingan dengan lokomotif BB 301.
Karena telah melakukan proses peng-upgrade an mesin.
Sedangkan untuk miniatur lokomotif BB 304 atau BB 301 pada
kereta model Indonesia, tidak memiliki perbedaan sama sekali. Kemungkinan besar
yang menjadi perbedaan adalah model mesin yang memiliki 2 mesin penggerak atau
hanya satu mesin penggerak. Seperti mesin GP penggerak mono yang di miliki oleh
kereta luar negeri.
Yang membuat lokomtif BB 301 dan 304 ini di minati oleh
kalangan miniatur kereta api dan kereta model Indonesia adalah lokomotif BB 304
dan 301 menjadi salah satu lokomotif yang sangat sering di pakai oleh Negara
Indonesia, setelah proses pengafkiran lokomotif CC 200. Lokomotif BB 301 dan BB
304 ini sering di pakai mondar-mandir oleh PT. PJKA atau KAI dalam
pengoperasian kereta api Indonesia.
Jika kita bandingkan lagi dengan kereta-kereta model
sekarang, lokomotif BB 304 dan 301 tidak kalah hebat dengan lokomotif model
General Elektrik, itulah mengapa banyak para pencinta kereta model dan miniatur
kereta api Indonesia yang sedang mencari-cari dimana tempat produksi lokomotif
BB 304 dan 301 agar bisa di rollingkan pada rel skala ho.
Rel skala ho pun juga beraneka ragam lho guys, ada yang
menggunakan model rel metal dan ada juga yang menggunakan model rel plastik. Tetapi
itu semua tidak menjadikan perbedaan pada gauge setiap lokomotif. Sedangkan untuk
lokomotif BB 304 dan 301 yang di produksi di toko kereta uap.com ini, juga di
design agar bisa rolling pada rel plastik berukuran ho (1:80) yang bisa anda
temui di toko-toko mainan terdekat.
BB 304 dan 301 yang di produksi di toko kereta uap .com ini
juga bisa di modif menggunakan roda bentuk logam (metal) agar bisa di aliri
listrik ketika berjalan di atas rel logam (kereta model). Itulah yang menjadi
perbedaan antara miniatur kereta dan kereta model. Hanya di bedakan pada bentuk
mesin dan pola cara bermainnya.
Tetapi jika anda masih di katakan pemula, sebaiknya anda
menggunakan atau bermain pada kereta api jenis miniatur (railking). Dimana jenis
lokomotif yang di mesinkan menggunakan media dynamo dan baterai. Sedankan untuk
kualitas rolling pada model railking, tidak jaih berbeda dengan model kereta
model yang sering anda lihat di media-media social Indonesia. Hanya saja kalau
anda bermain dengan kereta model, anda harus menguras gojek lumayan hits. Karena
sudah menggunakan model DCC sound (keluar sound) bahkan sampai keluar asap.
Mungkin sampai itu dulu ya guys artikel kali ini, kalau anda
mau mencari lokomotif-lokomotif Indonesia skala kuno atau modern dalam bentuk
ukuran ho. anda bisa menghubungi kami melalui 085-100-675-165.
Sekian dulu ya guys, semoga bermanfaat
http://tokokeretauap.blogspot.co.id/2017/12/deskripsi-lokomotif-bb-301-skala-ho-dan.html
0 komentar:
Posting Komentar