Video of the day

Home » » SEJARAH LOKOMOTIF BB 300 DI INDONESIA || LOKOMOTIF INDONESIA SKALA HO DAN MINIATUR

SEJARAH LOKOMOTIF BB 300 DI INDONESIA || LOKOMOTIF INDONESIA SKALA HO DAN MINIATUR

SEJARAH LOKOMOTIF BB 300 DI INDONESIA || LOKOMOTIF INDONESIA SKALA HO DAN MINIATUR,  ,kereta api miniatur  ,harga kereta mainan anak anak  ,jual kereta thomas  ,harga kereta mainan anak  ,kereta listrik mainan anak  ,jual mainan kereta thomas  ,harga kereta thomas  ,harga kereta mainan,  ,rental kereta di medan  ,jual miniatur kereta  ,jual rel kereta mainan  ,jadwal kereta ke cirebon  ,jadwal kereta ke jogja  ,mainan kereta  ,game kereta  ,gemes kereta  ,kereta ke jogja  ,jadwal kereta ke semarang  ,kereta jakarta jogja  ,jadwal kereta cirebon ekspres  ,kereta kereta
SEJARAH LOKOMOTIF BB 300 DI INDONESIA || LOKOMOTIF INDONESIA SKALA HO DAN MINIATUR - jika sebelumnya saya mengatakan bahwa lokomotif BB 304 adalah lokomotif pertama di indonesia, sebenarnya bukanlah hal yang tepat. karena, semua lokomotif Indonesia yang berjenis gandar B'B adalah lokomotif yang menggunakan mesin hidraulik. bisa di simpulkan, bahwa yang pertama kali ada di indonesia dengan mesin diesel, adalah lokomotif BB apaun jenis dan tipenya. kali ini saya akan menulis artikel yang berhubugan dengan lokomotif Indonesia yang menggunakan mesin hidraulik hasil dari pembuatan Jerman Company, Fried Krupp.

lokomotif jenis B'B ini pertama kali datang di Indonesia tepat pada tahun 1950, dan mulai di operasikan pada tahun 1958. pertama kali lokomotif BB 300 ini datang di Indonesia dengan spesifikasi daya tarik sebesar 680 hp. meskipun pada lokomotif jenis B'B yang ada di Indonesia saat ini memiliki daya tarik sebesar 1850 hp.

lokomotif BB 300 yang dulu pernah merajai perkereta apian Indonesia, mulai di operasikan sebagai lokomotif pelangsir kereta penumpang ataupun kereta barang. jika kita melihat lokomotif Bb 301 generasi pertama yang mampu menarik gerbong dengan kecepatan 120 km/jam, lokomotif BB 300 hanya bisa menarik gerbong dengan kecepatan mak 75 km/jam. lokomotif ini memiliki jenis gandar B'B yang di ambil dari penamaan lokomotif ini. yaitu, sama-sama memiliki 2 bogie dengan 2 roda dan 2 mesin penggerak yang saling terhubung antara bogie depan dengan bogie belakang.

baca juga : GELAR "SAKTI" DAN "MISTERIUS" YANG TERDAPAT PADA KE-5 LOKOMOTIF INDONESIA || MINIATUR LOKOMOTIF INDONESIA SKALA HO

SEJARAH

SEJARAH LOKOMOTIF BB 300 DI INDONESIA || LOKOMOTIF INDONESIA SKALA HO DAN MINIATUR ,toko miniatur kereta  ,jual miniatur lokomotif cc 206  ,jadwal kereta cirebon express  ,jadwal kereta bandung  ,kereta keretaan mainan  ,jual kereta mini  ,mainan miniatur kereta  ,jadwal keberangkatan kereta  ,jadwal kereta semarang  ,kereta mainan listrik  ,ka parahyangan  ,jadwal kereta bogor sukabumi  ,pt kereta  ,harga kereta  ,kereta cirebon express  ,jadwal kereta semarang cepu  ,jadwal kereta yogyakarta  ,kereta mainan kereta mainan  ,kereta bogor
Djawatan Kereta Api republik indonesia atau yang sekarang di singkat dengan PJKA, membeli lokomotif Krupp-M700BB asal perusahaan Jerman, krupp Company ini sebanyak 17 unit, tepat pada tahun 1958 dan menambah 13 unit lokomotif lagi pada tahun 1959. lokomotif yang pada saat itu datang ke Indonesia, semuanya di berikan nomor dan embel-embel BB 300. dan peran dari lokomotif BB 300 ini sendiri adalah menggantikan lokomotif UAP yang dulunya hanya mampu menarik gerbong dengan kecepatan 75 km/jam. lokomoti uap yang ada masa itu diataranya, B13, B51, BB10, dan C27. mengapa lokomotif ini digantikan oleh lokomotif jenis BB? karena lokomotif uap yang masa itu beroperasi, hanya mampu berjalan di area rel ringan (R25 dan R33).

lokomotif BB yang pada masa itu ada di indonesia, dioperasikan atau di dinaskan di wilayah Sumatera Utara dan Sumatera Barat. tetapi, lokomotif BB 300 ini akhirnya di kembalikan dan dioperasikan di pulau jawa dan tidak tersisa sedikitpun di daerah Sumatera. rute yang biasa di lalui oleh kereta api jenis BB 300 ini meliputi, Merak-Tanah Abang, Banjar-Kroya, Cilacap, Porwosari-Wonogiri, Purworejo-Surabaya.

lokomotif BB 300 yang yang memiliki bentuk dan mesin yang tergolong klasik ini, masih di gunakan dan di opoerasikan di wilayah Eropa pada tahun 1984. dengan adanya lokomotif-lokomotif diesel buatan Krupp yang juga beroperasi pada masa itu, Lokomotif Bb 300 dilakukan proses rehabilitasi atau proses re-powering dengan menggabungkan sejumlah lokomotif menjadi satu, guna meningkatkan performa daya tarik dan daya angkut yang jauh lebih baik.

lokomotif BB 300 ini juga bisa dikatakan sebagai lokomotif diesel generasi pertama yang mampu menerjang banjir. dikarenakan, letak gandar mesin yang berada di atas bogie di hubungkan langsung dengan tranmisi motor (gear box) yang ada pada bogie roda. hal inilah yang membedakan antara mesin hidraulik dengan mesin GE 'General Electrik' yang sering di gunakan pada lokomotif saat ini. untuk model mesin GE yang sering kita jumpai di lokomotif tahun 2000-an. menggunakan tenaga motor traksi yang di pasang di dekat roda, dan memiliki kelemahan mudah terjadi korsleting ketika menghadang banjir.

baca juga : AKHIR DARI KISAH MISTIS BB 301 27 || LOKOMOTIF BB 304 SKALA HO DAN SKALA MINIATUR

kembali kepada point biasanya, bahwa lokomotif jenis BB, keterbatasan suku cadang yang susah di cari. dan itulah mengapa lokomotif jenis BB sudah tidak di operasikan lagi di Negara Indonesia. sekalipun ada yang di operasikan, mungkin sudah hasil replika atau repowering dari mesin GE yang sering kita jumpai saat ini. sedangkan lokomotif BB300 yang amsih dijalankan sebagai lokomotif pelangsir, terletak di wilayah di dipo Manggarai, Bandung, Kutoarjo, Solo Balapan, dan Cepu.

untuk pemberhentian operasi lokomotif BB 3XX yang sudah jarang kita temui ini, dimulai sejak tahun 2015. membuat lokomotif BB 300 ini hanya tersisa 2 unit saja, yaitu lokomotif BB 300 01 dan lokomotif BB 300 17 yang sudah tidak dioperasikan lagi di wilayah Jawa. jika kita ingin melihat bentuk BB 300 yang masih utuh, kita bisa melihatnya di Stasiun Cikampek yang disusun rapi dengan lokomotif-lokomotif BB 3XX hidraulik yang lainnya. untuk wilayah Dipo Sidotopo dan Dipo Tanah abang, juga didapati lokomotif BB 300 yang sudah mangkrak dan tidak beroperasi lagi, bahkan juga ada lokomotif BB 304 yang sudah tidak dioperasikan lagi.

------------------------
jika anda ingin memiliki lokomotif jenis B'B, C'C, dan lokomotif jenis UAP "steam" dalam segala bentuk atau ukuran miniatur, anda bisa memesannya di nomor : 085-100-675-165 lukman efendi


0 komentar:

Posting Komentar

kereta model, miniatur kereta api, jual kereta api miniatur, toko kereta model, toko kereta api miniatur, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, kereta model malang, miniatur kereta api lembang, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, jual kereta model malang, kereta model skala ho, kereta model skala 1/80