Video of the day

Home » » LOKOMOTIF DIESEL C 300 || MINIATUR LOKOMOTIF, KERETA API MODEL

LOKOMOTIF DIESEL C 300 || MINIATUR LOKOMOTIF, KERETA API MODEL

LOKOMOTIF DIESEL C 300 || MINIATUR LOKOMOTIF, KERETA API MODEL - lokomotif c300 adalah 'adik' dari lokomotif BB 300, karena lokomotif ini masih menggunakan mesin hidraulik yang dibuat oleh perusahaan VEB LokomotivBau Karl Marx Babelsberg, Jerman Timur. lokomotif C300 mulai berdinas di Negara Indonesia sejak tahun 1957. lokomotif C300 di beli oleh perusahaan Djawatan Kereta Api Indonesia (DKA) dengan jumlah 20 unit dan di operasikan sebagai kereta pelangsir semua jenis.

lokomotif C300 berdinas sebagai kereta api penarik gerbong penumpang dan gerbong barang dengan kecepatan 30 km/jam. meskipun lokomotif C300 ini memiliki bogie dengan tipe Co'Co, lokomotif ini masih menggunakan mesin diesel hidraulik dengan 2 buah roda penggerak yang saling terhubung antara 2 bogie depan dan bogie belakang. lokomotif C300 ini mampu menerjang banjir dengan segala medan, yang memberikan sebuah kelebihan antara mesin hidraulik dan mesin General Elektrik. Lokomotif C300 ini memiliki berat sebesar 30 ton, dan menggunakan mesin Maybach Mercedes Bens 836B dengan daya tarik mencapai 330 hp, serta terdapat transmisi hidraulik Voith L203u.

baca juga : LOKOMOTIF CC 205 || MINIATUR KERETA API INDONESIA, JUAL KERETA MODEL DAN MINIATUR


lokomotif C300 bisa di temui di Dipo Lokomotif Tanahabang, dengan kondisi loko sudah di musiumkan "nonaktif". sedangkan untuk lokomotif C 300 11 yang ada di Dipo Tanah Abang, di dinaskan sebagai kereta penarik gerbong Wisata yang bertempat di Taman Mini Indonesia Indah.

KEDINASAN LOKOMOTIF C 300

LOKOMOTIF C 300 adalah lokomotif yang pernah ikut serta dalam pembangunan stadion Gelora Bung Karno yang terjadi pada tahun 1958-1962. lokomotif C 300 di tugaskan sebagai kereta api pengangkut koral dan pasir yang terletak di dekat sungai cisadane menuju ke Stasiun Palmerah. Daerah yang disebut dengan nama klender, dulu dikenal sebagai kota Sentra Furniture dari kayu. dan itulah mengapa lokomotif C300 di dinaskan sebagai lokomotif pelangsir untuk menarik gerbong yang berisi kayu jati dari Stasiun Cepu dan Stasiun Kedungjati menuju ke Stasiun Klender. selain lokomotif C 300 didinaskan sebagai kereta pelangsir semen dan pasir pada tahun 1958, lokomotif C300 juga berdinas sebagai kereta pelangsir untuk menarik gerbong berisi Semen, Hewan Ternak, ataupun beras yang terletak di stasiun cipinang. adapun gerbong yang berisi hewan ternak ini, dikirimkan menuju stasiun Kalimas dan stasiun Kandangan yang berasal dari stasiun Cipinang, Jawa Barat.

baca juga : DAFTAR LOKOMOTIF INDONEISA YANG DI MUTASI KE KOTA MEDAN DAN PADANG OLEH PT KAI


PE-NONAKTIFAN LOKOMOTIF C 300

LOKOMOTIF C 300 juga pernah mengalami masa pe-ngafkiran, atau dimana lokomotif C 300 sudah tidak di operasikan lagi karena faktor suku cadang yang sulit di dapatkan. lokomotif C 300, dinonaktifkan sejak tahun 2005 dan menyisakan 5 unit lokomotif dengan tipe C300 01, 04, dan 20 unit yang terletak di Dipo Tanah Abang. ke-5 lokomotif C300 yang masih utuh ini juga akan di afkirkan di stasiun Cikampek. dan lokomotif C 300 11-12 akan di kirimkan ke museum Transportasi yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah. hinga saat ini, lokomotif C 300 sudah tidak ada yang bisa di operasikan lagi.

lokomotif C 300 yabg terdapat di Dipo Lokomotif Tanah Abang, juga akan di kirimkan ke Stasiun Cikampek guna untuk proses pengafkiran bersama dengan lokomotif-lokomotif lain yang menggunakan tipe mesin hidraulik. rencananya, tujuan pengafkiran ini adalah untuk penetapan Cagar Budaya tranportasi yang terdapat di Negara Indonesia. bisa dikatakan, lokomotif diesel yang menggunakan mesin hidraulik akan di gunakan sebagai koleksi PT KAI untuk kedepannya.

DATA TEKNIS C 300

Panjang body: 7100 mm
Lebar body: 2920 mm
Berat kosong: 28 ton
Daya mesin: 330 hp
Jumlah motor traksi: 1 buah
Kecepatan maksimum: 30 km/jam

————————
jika anda ingin memiliki lokomotif jenis B’B, C’C, dan lokomotif jenis UAP “steam”, anda bisa memesannya di nomor : 085-100-675-165 lukman efendi


0 komentar:

Posting Komentar

kereta model, miniatur kereta api, jual kereta api miniatur, toko kereta model, toko kereta api miniatur, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, kereta model malang, miniatur kereta api lembang, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, jual kereta model malang, kereta model skala ho, kereta model skala 1/80