LOKOMOTIF CC 203 DAN 204 "lokomotif si hidung hiu" hasil modif BB203 skala ho / miniatur - hay guys, kembali lagi ke artikel seputar kereta api yang ada di indonesia, artikel kali ini akan membahas seputar lokomotif BB 203 yang telah di modif menjadi berbagai lokomotif yang lebih baik dan bertenaga. jika sebelumnya saya menulis artikel tentang lokomotif CC201 yang di hasilkan dari BB203, sekarang saya akan menuliskan artikel tentang lokomotif CC203 dan CC204 yang dihasilkan dari memodifikasi BB203.
sebelumnya, saya telah membagikan artikel dimana hasil dari modif lokomotif BB 203 yang telah menjadi CC 201 berjumlah 52 unit dan kesemua unit tersebut memang di operasikan untuk memenuhi kebutuhan transportasi di indonesia, begitupun dengan lokomotif WIDECAP "hidung HIU" yang juga di ciptakan dari hasil modif BB 203.
di antara bb 203 yang di modif menjadi CC 201 ada 6 unit yang di modif menjadi bentuk WIDE CAB 'kabin tirus' yang bisa kita lihat seperti lokomotif CC 203 dan CC 204 yang sering beroperasi di berbagai kota dan pedesaan. lokomotif widecab yang di ciptakan dari hasil bb 203 di antaranya adalah :
CC2018913 (BB20342), CC2019301 (BB20332), CC2018342 (BB20341), CC2018348 (BB20312), CC2018349 (BB20313), dan CC2018356 (BB20304).
ke enam nomor series di atas adalah lokomotif wide cap yang di hasilkan dari memodifikasi lokomotif BB 203 yang di produksi langsung oleh balai yasa lahat. ke enam lokomotif ini, pernah mengalami kecelakaan berat yang telah menghancurkan bentuk dari lokomotif widecab ini. dengan waktu yang bersamaan pula, lokomotif BB 203 juga ada yang telah di modif menjadi lokomotif CC 203 yang sekaligus di operasikan di sumbagsel.
pada masa itu, sumbagsel memang belum memiliki lokomotif jenis CC widecab yang di gunakan sebagai lokomotif penarik gerbong penumpang atau barang, walaupun pada tahun 2001 sumbagsel memiliki lokomotif CC 203 yang bukan milik KAI. sehingga bentuk cabin yang sama-sama seperti cc 203 hanya di dapati satu buah kursi saja. berbeda dengan lokomotif yang cc 203 yang lainnya, yang di dapati 2 buah kursi untuk ke dua masinis kecuali pada CC2018913 yang sudah mempuyai 2 meja layanan sejak pertama direhab. Pada tahun 2013, 2 lokomotif yaitu CC2018348, dan CC2018349 meja layanannya dilengkapi menjadi 2. Kini, ke-6 lokomotif tersebut tersebar di Kertapati (2), Tanjungkarang (2), dan Sidotopo (2).
baca juga : LOKOMOTIF CC 201 MODIF DARI BB 203 SKALA HO/MINIATUR
Namun dari ke-6 lokomotif yang berbentuk kabin widecab ini, hanya 2 lokomotif yang memiliki bentuk kabin yang sangat mirip dengan lokomotif CC203 dan CC204 generasi II, yaitu lokomotif CC2018342 yang dimiliki oleh dipo lokomotif Tanjungkarang dan lokomotif CC2018348 milik dipo lokomotif Sidotopo. Bahkan, bentuk atap pada bagian radiator di lokomotif CC2018342 pun dibuat mirip dengan bentuk yang ada di lokomotif CC203.
sedangkan untuk lokomotif CC2018348 bentuk kabin atab dan oncong juga memiliki kabin sama persis seperti cc 203 dan cc 204 walaupun memiliki embel-embel 201. karena skema pewarnaan yang dikenakannya mengikuti standar pewarnaan yang diberlakukan oleh PT Kereta Api Indonesia, sehingga ketika lokomotif ini di operasikan dari daerah sumatera ke jawa, mengakibatkan tidak ada perbedaan bentuk dari lokomotif CC 203. perbedaan yang di dapati pun sangat minim dan jika dipantau dari jauh, yang membedakan hanyalah klakson yang memang sudah menjadi ciri khas dari Balai Yasa Lahat.
baca juga : GENERASI KE III LOKOMOTIF CC 201 DI INDONESIA (1991-1992) skala ho/miniatur
-----------
Sekian, jika ingin membeli lokomotif CC 203 dalam bentuk skala Miniatur, bisa hub 085-100-675-165
0 komentar:
Posting Komentar