LOKOMOTIF BB 304 || skala miniatur dan skala ho - adalah lokomotif dengan mesin hidrolic yang dioperasikan dbawah pantauan PT KAI persero yang sekaligus lokomotif miliki PT KAI tersebut. lokomotif ini adalah lokomotif buatan asal Jerman dengan nam Fried Kruppdan Krauss Maffei. lokomotif BB 301 ini pertama kali dipesan dan didatangkan di Indonesia masih dengan label PNKA 'Perusahaan Negara Kereta Api'.
lokomotif BB 301 ini pertama datang di indonesia dengan spesifikasi daya tarik mesin sebesar 1.350 hp dengan berat lokomotif mencapai 52 ton. lokomotif BB 301 ini mampu beroperasi untuk menarik kereta gerbong penumpang "formal" dan kereta gerbong barang. kereta ini mampu menarik gerbong dengan kecepatan 120 km/jam, meskipun maksimal untuk menarik gerbong ialah 90 km/jam. sesuai dengan nama dari lokomotif BB ini, kenapa di ambil dengan nama BB. B-B dapat diartikan sebagai lokomotif dengan bentuk dua bogie dengan dua poros penggerak yang saling berhbungan.
baca juga : PENGERTIAN, KEGUNAAN, DAN JENIS WESEL KERETA API YANG ADA DI INDONESIA
lokomotif BB 301 bisa sering di artikan sebagai adik dari lokomotif BB 301. karena diambil dari bentuk dan model yang sangat mirip dengan BB 301. untuk model kabin dan klakson yang dimiliki oleh BB 301 dan 304 ini juga memiliki bentuk dan model yang sama-sama persis di kedua lokomotif ini. hanya saja semua jenis BB 304 memiliki kaca depan dan pintu kabin yang letaknya ada di samping serta memiliki jaring radiator yang dibentuk dengan segi enam.
BB 304 PERTAMA KALI DI INDONESIA
pada saat lokomotif BB 304 ini datang di indonesia, lokomotif ini di datangkan tepat di Dipo lokomotif Tanah Abang, Cepu, dan Dipo Jember. lokomotif ini sudah berpengalaman untuk manarik semua jenis gerbong, dari gerbong kereta api penumpang hingga kereta api barang. bahkan, lokomotif BB 304 ini juga pernah menarik kereta api penumpang jenis express.
baca juga : CARA MEMBALIK WESEL REL KERETA API || SKALA HO/MAINAN DAN SKALA ASLI
pada tahun 90-an, lokomotif perkereta apian di indonesia sudah mendatangkan lokomotif-lokomotif baru yang membuat pergerakan lokomotif BB 304 menjadi sempit. sehingga, pada saat itu pula lokomotif BB 304 hanya di operasikan menjadi lokomotif penarik kereta lokal. BB 304 yang terletak di dipo lokomotif Jempber hanya di gunakan sebagai penarik kereta api ekonomi yang juga di sebabkan datangnya lokomotif jenis CC yang baru hadir di indonesia.
sejak tahun 2011 silam, lokomotif jenis BB yang ada di Dipo tanah Abang sudah tidak dioperasikan lagi karena datangnya lokomotif CC 201 yang telah menggantikan tugas dari lokomotif BB 304 sebagai penarik gerbong express dan gerbong ekonomi. tidak luput dari Dipo yasa dan Dipo tanah abang yang juga lokomotif jenis BBnya di gantikan dengan lokomotif CC 201 dan 203 sebagai lokomotif yang beroperasi hingga saat ini.
lokomotif BB 304 yang ada di jember tidak begitu sadis dibandingkan dengan lokomotif-lokomotif yang ada di dipo lain. karena, lokomotif jenis BB masih di operasikan dengan jarak pendek untuk menarik kereta kereta yang ada di jember. sehingga, lokomotif BB tidak sepenuhnya di musium kan seperti di Dipo-Dipo yang lainnya.
salah satu lokomotif Bb yang masih beruntung karena di tambahkan mesin baru ialah lokomotif BB 304 23R yang memiliki performa sama dengan Lokomoif tipe CC dan lokomotif ini terletak di balai yasa yogyakarta.
jika anda menginginkan lokomotif BB 304 atau yang lainnya dalam bentuk miniatur, anda bisa memesannya di nomor : 085-100-675-165
kereta model, miniatur kereta api, jual kereta api miniatur, toko kereta model, toko kereta api miniatur, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, kereta model malang, miniatur kereta api lembang, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, jual kereta model malang, kereta model skala ho, kereta model skala 1/80
0 komentar:
Posting Komentar