
lokomotif apa itu?
lokomotif ini pernah dikatakan sebagai lokomotif Indonesia yang paling misterius, lokomotif ini adalah jenis BB 301 yang memiliki nomor series BB 301 27. lokomotif yang awalnya berjumlah 45 unit ternyata ada 1 loko yang sangat menggiurkan untuk di baca dan sebarkan kepada seluruh warga Indonesia. karena, lokomotif ini menyimpan sejuta misteri mulai dari awal kedatangannya.
pada awalnya saya sudah mengatakan bahwa lokomotif BB pernah mengalami salah pembuatan / salah pengiriman yang terjadi dengan negara India. karena hasil kesalahan tersebut, membuat sejumlah lokomotif dengan tipe BB 301 46-10 ini tidak ada di daftar inventaris KAI yang sampai saat ini masih beroperasi.
baca juga : KEUNIKAN BB 301 SEBAGAI LOKOMOTIF PELANGSIR KERETA API INDONESIA
selain dari BB 301 46-50 yang pernah salah datang ke indonesia, ternyata lokomotif yang pernah datang sebelum ke-5 lokomotif tadi, memiliki cerita misterius yang belum diketahui banyak orang. lebih tepatnya lokomotif BB 301 27.
AWAL CERITA MISTIS LOKOMOTIF BB 301 27

baca juga : DINAS OPERASI BB 301 YANG ADA DI INDONESIA || KERETA API MINIATUR DAN KERETA API MODEL
selain dari cerita mistis yang ada di kehidupan BB 301 27 ini, lokomotif ini memang memiliki ciri khas yang paling mencolok pada masa kedinasannya. yaitu memiliki corak dan kombinasi warna yang utuh sampai saat ini. corak warna yang dimilikinya adalah kombinasi warna kuning dan hijau yang di kelola langsung oleh PJKA. karena kombinas warna ini cukup memuaskan, menjadikan lokomotif BB 301 27 menjadi salah satu lokomotif yang disbut paling matching pada KA Parahyangan.
KISAH MISTIS BB 301 27

setelah kejadian janggal tersebut tercium dan terdengar disemua kalangan, timbullah hal-hal mistis yang sampai sekarang masih menimpa lokomotif BB 301 27 itu. kisah mistis itu meliputi munculnya sosok wanita yang muncul di kabin masinis, ketika lokomotif sudah dalam keadaan mati. ada juga yang mengatakan kalau ada masinis tambahan yang terasa ketika lokomotif sedang dioperasikan. tak hanya masinis saja yang merasakan hal mistis ini, tetapi juga dirasakan oleh teknisi yang sedang mereparasi. bahkan, pintu kabin masinis juga terbuka dan tertutup sendiri ketika sedang dalam proses pengecekkan lokomotif.
kejadian demi kejadian yang muncul secara terus menerus dan tidak masuk akal ini, terjadi setelah lokomotif BB 301 27 dipindahkan ke Dipo Sidotopo pada tahun 1985. bahkan, lokomotif yang di pindahkan ke Dipo Sidotopo ini juga terlihat berjalan sendiri tanpa ada kru masinis, seperti yang terjadi pada tahun 1983. pada saat itu, lokomotif BB 301 27 yang berdinas di area semen gresik pernah berjalan sendiri dengan tuas Rem yang terlepas. padahal tidak ada satupun kru masinis yang ada didalam kabin dan lokomotif ini meluncur sampai ke stasiun Gerisk jawa Timur. untung saja, ketika lokomotif BB 301 27 datang di stasiun Gresik tersebut terdapat masinis yang berhasil melompat dan manarik tuas rem hingga lokomotif BB 301 27 ini dapat di hentikan.
tidak sampai di stasiun gresik saja lokomotif ini menghasilkan cerita misterius. lokomotif ini juga sering terlihat modar-mandir tanpa kru masinis yang ada di dalam kabin dan kejadian itu tepat pada tahun 1980, ketika lokomotif ini di parkir di Dipo Induk Sidotopo. pada masa itu, tuas rem yang terdapat di kabin masinis BB 301 27 ini juga terlepas dengan sendirinya dan membuat lokomotif berjalan sendiri hingga terhenti karena menabrak rumah warga yang ada di samping rel.
lokomotif ini juga pernah menggemparkan seluruh kru PT KAI yang pada saat itu berdinas. karena, lokomotif ini pernah menghilang tanpa jejak dan tidak ada satupun yang melihat kapan dan dimana lokomotif ini pergi. tepat pada tahun 1990-an, lokomotif ini mulai dilakukan proses pencarian dari Stasiun Malang, Madiun, hingga Jember dan yang di hasilkannya pun nihil. sampai pada akhirnya lokomotif ini ditemukan di Stasiun Benteng Surabya tepat setelah arah kereta api jalur utara, stasiun Sidotopo.
para pegawai stasiun Benteng, mengira kalau lokomotif Bb 301 27 ini mulai di dinaskan di sana dan dijadikan sebagai kereta api pelangsir untuk wilayah stasiun Benteng. setelah pihak stasiun Benteng mendengar cerita bahwa lokomotif ini berjalan sendiri tanpa kru masinis. akhirnya, lokomotif BB 301 27 ini dipulangkan kembali ke Balai Induk Dipo Sidotopo yang pada saat itu sedang berdinas. untuk lokomotif BB yang pada saat itu berdinas sebagai lokomotif penarik kereta api, telah digantikan oleh lokomotif lain yang ketika itu berdinas di stasiun Benteng.
lokomotif BB 301 27 ini, juga pernah berjalan sendiri saat berada di stasiun Solo Jebres, dan terhenti setelah lokomotif ini menghantam badug di Stasiun Palur.
bagi para pegawai sidotopo yang percaya dengan hal hal mistis, mereka sering mengadakan upacara ritual untuk ruwatan kereta api BB 301 27. guna untuk membuang sial jika terjadi kesalahan-kesalahan sebelumnya yang pernah terjadi. tetapi, bagi para pegawai yang tidak mempercayai hal-hal mistis ini, hanya menganggap lokomotif ini terjadi karena kesalahan teknis dan itu sudah menjadi hal yang wajar.
LANJUTKAN MEMBACA CERITA AKHIR DARI KE-MISTERIUSAN LOKOMOTIF BB 301 27
------------------------
jika anda ingin memiliki lokomotif jenis BB 303/4/5 dalam bentuk atau ukuran miniatur, anda bisa memesannya di nomor : 085-100-675-165 lukman efendi
0 komentar:
Posting Komentar