LOKOMOTF CC 201 KARAKTERISTIK ASLI SUMBAGSEL || skala miniatur dan skala model - hay guys, kembali lagi ke artikel tentang lokomotif CC 201 yang yang membahas tentang aneka lokomotif dalam bentuk miniatur ataupun bentuk asli. pada dasarnya, lokomotif CC 201 yang di dapatkan dalam bentuk miniatur atau mainan, tidak bisa disamakan bentuk dan jenis karakteristik pada setiap lokomotif, hanya saja kita menambahkan tipe dan kode yang hapir sama persis dengan kode yang ada di masing-masing dipo lokomotif yang ada di indonesia. untuk kod dari masing-masing DIPO, saya akan membahas dan menuliskan artikel tentang lokomotif CC 201 yang di operasikan atau di kelola oleh Dipo Lokomotif SumbagSel.
baca juga : PENYEBARAN LOKOMOTIF CC 201 || kereta api miniatur dan skala HO
pada dasarnya, lokomotif CC 201 yang di buat atau di operasikan oleh Dipo lokomotif Sumbagsel memiliki karakteristik pada setiap lokomotif CC 201 menggunakan livery merah dan biru yang telah di gunakan sejak tahun 1992, ketika perusahaan PJKA berganti nama mejadi PERUMKA. pertimbangan dari Balai yasa Lahat untuk menggunakan logo livery ini adalah karena loho livery sudah di gunakan di sudah di pakai sejak semua lokomotif hadir di indonesia, apalagi pada lokomotif CC 201. selain itu, apabila lokomotif CC 201 mulai terlihat kotor logo livery juga tidak akan terlihat.
karakteristik yang lain juga terdapat pada lampu semboyan Lokomotif CC 201 yang dipasangi sebuah kawat tralis. pada lokomotif CC 201 189 13 yang sudah memiliki lampu kabut juga dipasangi besi tralis untuk melindungi lampu kabut yang ada pada lokomotif tersebut. selain untuk bahan pengaman pada setiap lokomotif CC 201, besi tralis yang sengaja dipasang ini memang menjadi ciri khas dari lokomotif yang ada di Sumbagsel. besi tralis yang di pasang pada lampu kabut ini juga di tambahkan bentuk eyehole yang merupakan bentuk besi berlubang yang di kaitkan pada sling dan crane ketika lokomotif akan di reparasi.
lokomotif CC 201 yang terletak di sumbagsel ini semuanya dipasangi tralis pada bagian smaping lokomotif. meskipun sebagian di antara lokomotif-lokomotif ini juga terdapat tralis di bagian depan dan belakang lokomotif. semenjak lokomotif-lokomotif dijawa sudah menggunakan polycarbonate pada bagian kaca depan dan kaca samping, dan penggunaan ini sudah meluas hingga ke wilayah sumatera selatan, lokomotif di sumatera bagian selatan pun juga sudah melepas tralis pada bagian kacanya karena telah di ganti dengan polycarbonet solid sheet.
Lokomotif CC201 yang ada di bagian sumbagsel yang sudah memakai kaca polycarbonate solid sheet di antaranya adalah: CC2018336, CC2018337, CC2018352, CC2018914, CC2018915 dan CC2010402. Lokomotif CC2018339, CC2018356 dan CC2018912 menyusul menggunakan kaca polycarbonate setelah Semi/Perawatan Akhir lokomotif tersebut selesai dikerjakan di Balai Yasa Lahat.
baca juga : JENIS LOKOMOTIF CC 201 KARAKTERISTIK ASLI JAWA
untuk klakson, lokomotif CC 201 yang ada di bagian sumbagsel sudah menggunakan klakson dengan tipe Leslie S3L yang dulunya di pakai pada lokomotif CC202. klakson ini bukanlah klakson bawaan pabrik, melainkan buatan dari balai yasa lahat pada saat semi perawatan akhir. tetapi, beberapa lokomotif asli yang ada di sumbagsel juga sudah ada yang menggunakan klakson tipe AA-2 seperti pada lokomotif CC2019301. selain itu klakson yang ada di lokomotif asli Sumbagsel juga sudah memiliki port multiple unit, meskipun seperti lokomotif BB203 pada generasi pertamanya tidak memiliki port ultiple unit.
----------
nah, jika anda mengingkan lokomotif ini dalam bentuk miniatur, anda bisa memesannya di nomor : 085-100-675-165 Lukman efendi
0 komentar:
Posting Komentar