pada awalnya, lokomotif untuk tipe BB 303 mulai dioperasikan pada tahun 1973 dan kebanyakan lokomotif ini beroperasi di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Timur. untuk lokomotif BB 303 ini sendiri memiliki daya tarik / daya kekuatan sebesar 1.010 HP dan kemudian pada tahun 1998-2000 dilakukan proses re-powering atau perucatan ulang dengan menjadikan lokomotif BB 303 berkekuatan 1.200-1500 hp. munculah lokomotif Bb 304 yang saya sebutkan tadi.
kedinasan lokomotif BB 303 ini sama persis dengan lokomotif-lokomotif yang baru hadir di indonesia, seperti CC 201 sampai CC 206 yaitu sama-sama di gunakan sebagai lokomotif penarik gerbong penumpang ataupun kereta barang. kecepatan yang dimiliki dari lokomotif BB 303 sebesar 90 km/jam dan sudah menjadi syarat dari perkereta apian Indonesia. meskipun lokomotif yang terbaru adalah CC 206 yang memiliki kecepatan 120 km/jam tetap saja pada saat beroperasi hanya di batasi sampai 90 km/jam.
baca juga : KONDISI BB 304 PADA TAHUN 2017 || SKALA HO DAN SKALA MINIATUR KERETA INDONESIA
lokomotif BB 303 ini diambil dari jenis bogie yang dimilikinya yaitu jenis bogie dengan tipe 'B-B' yang dapat diartikan sebagai lokomotif yang memiliki 2 bogie dengan 2 roda dan 2 penggerak yang saling terhubung antara bogie depan dengan bogie belakang.
mesin lokomotif BB 303 yang pada saat itu dipakai adalah mesin MTU 12v493TW10 dengan transmisi hidraulik volth L520rU2. tetapi, mesin ini sudah kalah performa dengan lokomotif-lokomotif baru yang menggunakan mesin general diesel electrik yang lebih bertenaga dan berdaya angkut lebih besar dan faktor suku cadang yang diproduksinya pun juga mudah untuk di carinya.
faktor dari bergesernya lokomotif BB 303/4 dan 5 pada tahun 2010-1011 ini adalah karena datangnya lokomotif terbaru yang sudah menggunakan mesin GE 'general elektrik' yang mampu menarik gerbong dengan performa yang kuat dan tidak mudah mogok. lokomotif yang baru hadir di tahun tahun ini adalah lokomotif tipe CC 201 sampai CC 206.
baca juga : LOKOMOTIF BB 301 dan BB 304 || skala miniatur dan skala ho
ALOKASI BB 303 DI INDONESIA
lokomotif jenis BB 303 yang ada di Indonesia ini, memiliki jumlah total 57 unit dan semua lokomotif ini masih beroperasi dengan baik, hanya saja ada sebagian lokomotf BB 303 ini yang sudah tidak beroperasi karena :
- faktor usia yang sudah terlalu tua (misalnya BB 303 11, BB 303 28, BB 303 29, & BB 303 41);
- susahnya akan suku cadang pengganti (misalnya BB 303 04, BB 303 06 - BB 303 09, BB 303 12, BB 303 21, BB 303 37, BB 303 39, & BB 303 53); serta
- rusak berat / pernah mengalami kecelakaan pada saat beroperasi (di antaranya BB 303 02, BB 303 03, BB 303 05, BB 303 16 (afkir karena Tragedi Bintaro), & BB 303 42).
------------------------
jika anda ingin memiliki lokomotif jenis BB 303/4/5 dalam bentuk atau ukuran miniatur, anda bisa memesannya di nomor : 085-100-675-165 lukman efendi
0 komentar:
Posting Komentar