CARA MEMBALIK WESEL REL KERETA API || SKALA HO/MAINAN DAN SKALA ASLI - pada dasarnya untuk membalik / menggeser / dan memindahkan lidah wesel terdapat 3 cara yang bisa di lakukan.
2. KAWAT / RANTAI
3. ELEKTRIK / MOTOR
dari ketiga point di atas, saya akan membagikan beberapa artikel yang berhubungan dengan tipe-tipe penggerak wesel seperti di atas.
PERTAMA - MANUAL
cara manual untuk menggerakkan wesel adalah dengan tenaga manusia, biasanya untuk menggerakkan wesel manual ini letakknya tepat di samping wesel kereta api. bentuk dari wesel manual ini adalah terbuat seperti batangan besi yang panjang ke atas, kemudian di atas batang terdapat pemberat sebesar 45 Kg. jadi akan terlihat seperti pentol yang di tusuk dari bawah. maksut dari pentolan yang beratnya mencapai 1/2 kuintal ini adalah untuk menekan pemberat lidah wesel agar menempel pada rel utama kereta api. selain itu, pemberat pada engkol wesel juga berguna untuk memudahkan proses pemindahan lidah wesel.
berat lidah wesel yang sering ktia lihat di persimpangan kereta api bukanlah rel degan berat yang ringan, berat pada lidah wesel juga lumayan waow kalau untuk seorang penggerak saja. maka dari itu di tambahkannya pemberat sebesar 1/2 kuintal untuk menopang rel agar mudah bergeser.
selain tujuan pemberat pada engkol wesel seperti yang saya terangkan di atas, ada kalanya pemberat engkol wesel ini juga di gunakan sebagai penguncian lidah wesel. jadi, pada saat lidah rel wesel berubah posisi dari kanan ke kiri, lidah wesel tidak akan mudah goyang atau membuka dengan sendirinya. karena, sedikit saja lidah wesel terbuka, maka roda lokomotif yang sedang melintasinya akan derial dengan tiba-tiba.
BACA JUGA : FITURE YANG TERDAPAT PADA LOKOMOTIF cc 201 || SKALA HO DAN SKALA MINIATUR
pada ujung wesel rel kereta api juga terdapat berdera putih yang terlihat seperti anak panah. pastinya anda juga sudah tau kan fungsi atau tujuan dari anak panah ini. tujuan dari anak panah ini adalah untuk memberikan informasi kepada masinis bahwa kearah mana wesel yang akan di lewatinya saat ini. dengan mengetahui arah dan tujuan wesel ini dari anak panah yang terdapat di tiang wesel ini, akan memudahkan masinis dalam proses pengereman dan pengaturan kecepatan lokomotif.
dari gambar di samping, anda bisa melihat bagaimana posisi pentolan wesel dalam keadaan tidur ataupun berdiri. sayangnya, tiang yang terdapat bendera putih atau anak panah yang bertujuan untuk infomasi posisi wesel kepada masinis ini sudah hilang. entah sudah dicuri orang atau bukan saya kurang tau. pastinya, disetiap wesel kereta api yang ada di indonesia dan yang masih menggunakan penggerak manual akan ditambahkan tiang anak panah tadi. karena dengan tujuan ini masinis tidak kerepotan untuk mengoperasikan kereta api.
pada saat posisi batang pentolan yang sedang berdiri & membentuk sudut kemiringan sekitar 45 derajat, menunjukkan bahwa pentolan dengan berat sekitar 45 kg tersebut telah menjalankan fungsi pemberatnya dengan baik untuk mengunci posisi lidah wesel agar tidak bergeser pada saat kereta api lewat.
KEUNTUNGAN
Arah wesel bisa dilihat langsung oleh masinis dari jarak pandang yang sangat jauh
KERUGIAN
Memakan waktu untuk memidahkan wesel ini. karena, harus ada teknisi yang harus hadir di tempat wesel berada.
KEDUA - MANUAL JARAK JAUH "RANTAI"
Sinyal penunjuk pada wesel (seperti eblek, berbentuk belah ketupat warna putih & lingkaran warna hijau, menempel saling berlawanan) yang berada persis disamping lidah wesel juga berfungsi bagi masinis untuk mengetahui kemana arah kereta seperti yang saya katakan di atas. Jika dari arah datangnya kereta api masinis yang dari kejauhan melihat posisinya berwarna putih, maka dapat dipastikan KA akan memasuki spur lurus. Sedangkan jika dari posisi yang sama namun masinis melihat ebleknya berwarna hijau, maka KA pasti akan memasuki spur belok (bisa kiri ataupun kanan) dan masinis harus mengurangi kecepatannya.
BACA JUGA : LOKOMOTIF CC 201 HASIL TRANSMIGRAN Dipo Yasa lahat dan Dipo Yogyakarta || skala miniatur dan skala model
KEUNTUNGAN
- keuntungan wesel ini, bisa di gerakkan dengan baik dan cepat tanpa harus pergi ketempat wesel berada.
- wesel yang di gerakkan posisinya juga bisa di lihat masinis dengan jarak pandang yang sangat jauh.
mudah di sabotasi oleh tangan-tangan yang jail. karena, terlepas dari pandangan operator wesel. jadi akan di tambahkan operator wesel yang akan datang ke tampat wesel jika terdapat kendala saat wesel tidak berfungsi
KETIGA - PENGGERAK ELEKTRIK "MOTOR"
jika pada wesel manual dan wesel manual jarak jauh "RANTAI" terdapat pentotal seberat 45KG yang digunakan sebagai pemberat. pemberat wesel yang ada pada penggerak elektrik ini sedikit berbeda dari sebelumnya. pemberat wesel yang terdapat disini langsung tersedia di tempat mekanismenya. mengingat untuk mode keamanan lidah wesel agar tidak mudah berpindah-pindah dan melakukan penguncian yang sangat sempurna.
Jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diharapkan dalam rangka proses pembalikan wesel model elektrik yang mengakibatkan pergerakan wesel menjadi berjalan tidak sempurna, misalnya karena motor listrik terendam banjir atau listrik mati dan yang lainnya (biasanya sering disebut dengan istilah Gangguan Wesel). Maka petugas setempat harus siap turun tangan langsung ke lokasi dimana wesel yang bermasalah tersebut di tempat wesel berada.
nah, pemindahan kereta api yang terdapat pada foto disamping ini bukanlah hal yang mudah, biasanya akan di gunakan penggerak wesel elektrik untuk memudahkkan lalulintas kereta api. mengingat wesel elektrik ini bisa di tampilkan dengan lampu hijau dan merah pada meja operator wesel. jika lampu berwarna hijau, maka itu adalah jalur yang akan di lewatinya. dan jika lampu pada meja layanan operator wesel berwarna merah, maka wesel tidak dilalui oleh kereta api. kalau saja wesel itu di gerakkan dengan manual atau rantai, kebayang ngak kalau operatornya bakalan kesana kemari kayak ayu tingting yang sedang mencari alamat. hahaha
Hal yang perlu diperhatikan jika sebagai penumpang kereta api ketika terjadi gangguan wesel elektrik ini adalah kita harus bersabar jika sebagai penumpang, karena bagaimanapun juga lamanya waktu kita menunggu wesel eletrik ini kembali berfungsi tentu demi KESELAMATAN kita bersama sepanjang perjalanan dengan menggunakan alat transportasi kereta api.
0 komentar:
Posting Komentar