5 LOKOMOTIF TERBAIK YANG MENJADI ANDALAN PT KA INDONESIA - siapa sih bro yang tidak kenal dengan lokomotif Indonesia? semua warga Indonesia, pastinya mengenal apa itu Lokomotif Indonesia. lokomotif Indonesia adalah Kereta Api yang memiliki mesin dengan tipe Diesel dan beroperasi sebagai kereta penarik gerbong barang atau gerbong penumpang. prerusahaan yang terdapat di Negara Indonesi (PT KAI) telah bekerja sama dengan perusahaan Amerika Serikat (PT Gneral Elektrik) untuk mengembangkan media transportasi Indonesia agar jauh lebih baik, terlebih bagi transportasi Kereta Api.
dari hasil kerjasama yang mencapai kurun waktu sekitar 60 tahun, terdapat 350 unit lokomotif Diesel sudah beroperasin di Negara Indonesia. lokomotif yang telah beroperasi sekian lama ini, terdapat beberapa jenis mesin dan beberapa tipe lokomotif yang diantaranya adalah : lokomotif Uap, lokomotif Diesel GE, dan lokomotif Diesel Hidraulik. lokomotif yang pertama kali di operasikan di indonesia adalah lokomotif dengan tipe mesin UAP, ketika masih dalam penjajahan Belanda. dan lokomotif Kedua yang di operasikan di Indonesia adalah lokomotif Diesel dengan tipe 'hidraulik'. setelah lokomotif hidraulik beroperasi cukup lama, akhirnya di gantikan oleh lokomotif diesel tipe 'General Elektrik'. pada awalnya, lokomotif hidraulik adalah lokomotif andalan Negara Indonesia, tetapi setelah lokomotif General Elektrik hadir untuk menggantikan lokomotif dengan tipe mesin Hidraulik, membuat sejumlah lokomotif hidraulik berhenti beroperasi dan menjadi bahan rosokan.
baca juga : LOKOMOTIF DIESEL C 300 || MINIATUR LOKOMOTIF, KERETA API MODEL
pertama kali lokomotif General Elektrik di operasikan di Indonesia, adalah lokomotif tipe CC 201, 203, dan 206. sedangkan lokomotif yang sering di gunakan sejak tahun 2016 adalah lokomootif tipe CC 206 yang terdapat 'Mikrosistem' pada kabin masinis. mikro sistem yang terdapat pada lokomotif CC 206 ini dapat membantu para masinis dan teknisi kereta api ketika melakukan pengecekan lokomotif saat terjadi kendala/kerusakan.
tidak hanya lokomotif CC 206 yang menggunakan mesin General Elektrik. tetapi, website TOKO KERETA UAP berhasil merangkum 5 jenis lokomotif Diesel yang menggunakan mesin General Elektrik dan telah beroperasi di Indonesia dalam kurun waktu 60 tahun, diataranya adalah :
lOKOMOTIF GE CC 200
LOKOMOTIF GE CC 201
LOKOMOTIF GE CC 203
LOKOMOTIF GE CC 204
LOKOMOTIF GE CC 206
Pertama - lokomotif GE CC 200
lokomotif GE CC 200 adalah lokomotif pertema yang menggunakan mesin GE, dimana lokomotif ini sudah ada sejak zaman ke-Presidenan Bung Karno. lokomotif GE CC 200 menggunakan mesin GE ALCO 12 244-E dengan berat lokomotif 96 ton. lokomotif CC 200 memiliki jenis bogie yang berbeda-beda, bogie yang memiliki akses kemudi atau bogie yang non-kemudi. lokomotif CC 200 datang di indonesia pada tahun 1953 dengan jumlah 27 unit, dan lokomotif CC 20o memiliki daya tarik sebesar 1.600 tenaga kuda. pada tahun 1953, lokomotif CC 200 datang dengan jumlah 16 unit dan sisanya datang pada tahun 1954.
Kedua - Lokomotif GE CC 201
lokomotif kedua yang menggunakan mesin GE adalah lokomotif CC 201 90R yang sebagian besar di operasikan pada DIVRE III, Sumatera Selatan. lokomotif CC 201 90R ini memiliki design body yang begitu ramping dengan berat 84 ton dan daya tarik sebesar 1950 hp. lokomotif CC 201 bergandar Co'Co, yang artinya adalah lokomotif dengan 2 bogie yang tedapat 3 buah roda dalam satu bogie dan memiliki transki penghubung antara bogie depan dengan bogie belakang. dan bogie yang memiliki tipe Co'co ini mampu menggerakkan 6 roda sekaligus dengan menggunakan 6 motor traksi, sehingga lokomotif ini mampu beroperasi di lintasan datar ataupun pegunungan.
jenis lokomotif CC 201 adalah lokomotif pertama yang memiliki bentuk sistem terbaru setelah CC 200, sehingga lokomotif ini mampu berlari dengan kecepatan 120 km/jam dan kecepatan ini sudah menjadi patokan dari semua lokomotif yang ada di Indonesia.
baca juga : LOKOMOTIF CC 205 || MINIATUR KERETA API INDONESIA, JUAL KERETA MODEL DAN MINIATUR
Ketiga - Lokomotif GE CC 203
lokomotif GE tipe CC 203 adalah lokomotif tipe CO'CO yang di buat dari hasil pengembangan lokomotif CC 201. seingga lokomotif ini tidak memiliki perbedaan sama sekali dengan Lokomotif CC 201, hanya saja pada lokomotif CC 203 memiliki daya terik lebih besar dari CC 201. berat loko yang di miliki CC 203 juga sama persis dengan CC 201, yaitu 84 ton.
perbedaan yang terdapat pada lokomotif CC 203 dengan CC 201 yang lainnya adalah lokomotif CC 203 memiliki sistem monitoring loko ketika terjadi kerusakan saat beroperasi, dan lokomotif CC 203 juga memiliki notive pemberitahuan 45 menit sebelum lokomotif mogok atau macet saat beroperasi. kelebihan ini juga memberikan dampak positif bagi masinis dan teknisi PT KAI, ketika akan melihat kendala pada lokomotif tanpa harus membokar satu persatu.
Ke-empat - lokomotif CC 204
lokomotif CC 204 ini adalah sebuah anggapan saja, karena lokomotif ini hanya dibedakan dari generasi pembuatan lokomotif, yaitu Generasi ke-2 setelah lokomotif CC 201 berhasil di kembangkan. lokomotif CC 204 adalah update-an lokomotif CC 201 yang memanfaatkan 3 tahap jenis perakitan seperti jenis AC, 5GTA11 sdf yang ditiup menggunakan alternator atau pembangkit. lokomotif ini juga terbilang lebih mudah dari lokomotif CC 203, karena memiliki sistem 'mikrocontrol' yang terhubung ke layar monitor pada kabin masinis. sehingga, mampu mencatat kerusakan-kerusakan yang terdapat pada lokomotif CC 204. dan lokomotif CC 204 ini juga mampu medeteksi kerusakan dalam waktu 45 menit sebelum lokomotif mogok.
Kelima - lokomotif CC 206
lokomotif CC 206 adalah lokomotif terbaru yang dimiliki oleh PT KAI, dan lokomotif ini juga hasil dari pengembangan sistem diesel, alternator, bogie, traction motor dan kontrol, serta perangkat pendukung yang berhubungan dengan lokomotif CC 206. lokomotif CC 206 memang menjadi andalan PT KAI untuk ke-Dinasan Gerbong Barang atau Penumpang. karena mampu menarik segala macam gerbong dengan kekuatan 2.250 hp 'tenga kuda'. design kabin yang terdapat pada lokomotif CC 206 adalah terdapat 2 kabin masinis yang terletak di depan loko dan belakang loko.
————————
jika anda ingin memiliki lokomotif jenis B’B, C’C, dan lokomotif jenis UAP “steam”, anda bisa memesannya di nomor : 085-100-675-165 lukman efendi
Home »
starter set
» 5 LOKOMOTIF TERBAIK YANG MENJADI ANDALAN PT KA INDONESIA
5 LOKOMOTIF TERBAIK YANG MENJADI ANDALAN PT KA INDONESIA
|
kereta model, miniatur kereta api, jual kereta api miniatur, toko kereta model, toko kereta api miniatur, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, kereta model malang, miniatur kereta api lembang, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, jual kereta model malang, kereta model skala ho, kereta model skala 1/80
0 komentar:
Posting Komentar