miniatur lokomotif CC 201 adalah lokomotif yang sudah lama berada di indonesia dan pertama kali Lokomotif ini bertepatan pada tahun 1977. lokomotif ini memang di butuhkan PJKA untuk memenuhi kebutuhan layanan operasional. lokomotif diesel dengan tipe GE ini di buat guna untuk mempermudah dalam pengoperasian kereta pada saat akan di pakai. dan sekaligus untuk memensiunkan atau menonaktifkan lokomotif uap yang sudah tidak layak pakai.
baca juga : ML-4000 SEJARAH LOKOMOTIF ASAL JERMAN YANG BERTAHAN HANYA 7 TAHUN
selain lokomotif uap sudah tidak layak pakai, lokomotif uap juga bisa di katakan sebagai lokomotif yang sedikit merepotkan dan memerlukan persiapan lebih lama. seperti : pemanasan tungku, pemanasan ketel, dan jumlah tekanan uap. selain itu, lokomotif diesel juga di ciptakan untuk meminimalisir bahan bakar dan pengoperasian yang lumayan simple.
setelah masa lokomotif UAP tidak di operasikan lagi, hadirlah lokomotf jenis BB dengan tipe GE yang memiliki daya kekuatan setara dengan lokomotif uap. dilanjutakn lagi dengan munculnya lokomotif CC 201. dimana lokomotif ini memiliki sejarah yang cukup banyak dan berbagai cerita.
salah satu cerita yang sering kita dengar adalah lokomotif yang pernah terhimpit di kapal kargo yang pada saat itu mengangkut lokomotif CC 201 770 1 dari Benua Amerika ke Indonesia. lokomotif CC 201 tersebut juga langsung di operasikan pada tahun 1977 setelah ada perbaikkan dari PJKA, dan lokomotif ini di susul oleh lokomotif terbaru tipe CC 201 03 dan CC 201 07. dan lokomotif ini justru terkena debut dahulu sebagai pembuka debut CC 201 lainnya.
baca juga : 40 TAHUN SEJARAH CC 201 DI INDONESIA
7 dari lokomotif CC 201 generasi pertama ini juga ada yang di modifikasi menjadi cc 204. dan juga CC 201 adalah generasi dari kesekian lokomotif yang mengalami modifikasi ulang. dengan sistem modifikasi ini ada perubahan bentuk yang memang di designagar terlihat berbeda dari CC 201. bisa kita lhat dari pemasangan kunci alat perangkat yang terletak di bawak knuckle. grill radiator yang berukuran lebih besar dari lokomotif CC 201 sebelumnya.
lokomotif hasil modifikasi CC 201 ini mayoritas di operasikan langsung oleh naungan sidotop dan cirebon. walupun masih ada lokomotif-lokomotif yang tersebar di dipo sumatera dan bandung.
lokomotif CC 201 yang di rucat habis dan tidak terbentuk lagi adalah, lokomotif CC 201 series CC 201 33 dan CC 201 35. di karenakan lokomotif ini pernah mengalami kecelakaan extrem sekitar 30 tahun yang lalu dan sudah tidak memungkinkan untuk di modif lagi.
0 komentar:
Posting Komentar