
adapun sistem coupler yang dibuat sama persis dengan lokomotif kereta model pada umumnya yang menggunakan coupler genggam atau penyambunga tangan. mereka membuatnya sedemikian rupa dengan bentuk yang sama persis demi memberikan kesan bentuk nyata meskipun hanya sebatas miniatur kereta api.
coupler genggam yang di gunakan di kalangan miniatur kereta api dan kereta model memiliki 2 jenis bahan, yaitu bahan plastik dan bahan metal. apabila coupler genggam di kereta model menggunakan bahan metal, maka coupler itu bisa di aliri listrik agar miniatur gerbong pada kereta model bisa menyala layaknya gerbong di bentuk aslinya.
baca juga : SEJARAH LOKOMOTIF CC 201 DARI GENERASI KE GENERASI
jenis coupler tidak hanya satu yang seperti gambar di atas, tetapi coupler juga memiliki 2 jenis "jenis Eropa" dan "jenis Amerika". pada umumnya lokomotif di indonesia menggunakan coupler jenis Amerika, karena mengingat lokomotif ini menggunakan mesin GE yang di buat dari Amerika langsung. dan setiap coupler memiliki karakteristik yang berbeda-beda.
dari kesekian bentuk coupler yang di jual dikalangan kereta model dan miniatur kereta api, ada juga yang memproduksi dengan bahan dasar plastik atau akrilik. biasanya mereka menggunakan itu hanya untuk miniatur kereta api yang di gunakan sebagai pajangan. tetapi tidak perlu risau guys, karena coupler jenis plastik ini juga bisa menarik gerbong layaknya coupler genggam model metal yang sering di pakai di kereta model indonesia. hanya saja model coupler plastik ini tidak bisa di aliri listrik seperti biasanya.
apakah sama dengan model coupler jenis eropa? kalau eropa mari di simak penjelasan di bawah ini
coupler jenis Eropa memiliki bentuk saling tindih untuk menariknya sedangkan coupler jenis Amerika memiliki bentuk seperti huruf C yang fungsinya untuk saling menggenggam. dan coupler jenis amerika ini hanya di dorong dan langsung saling menarik secara otomatis.
apabila kita mengenal rantai di kereta asli pada umumnya, berbeda dengan rantai yang ada di kereta model. ada juga yang menambahkannya dan ada juga yang tidak. mengapa jarang yang menggunakan rantai pada coupler kereta model atau miniatur kereta api? karena mereka tidak mau repot ketika lokomotif mau di lepas. apabila kita menggunakan tambahan rantai pada coupler kereta model atau miniatur kereta api. malah akan merepotkan teknsisi ketika lokomotif akan di lepas atau di sabungkan. tetapi kalau lokomotif tidak mau di lepas dari badan lokomotif, ya sah sah saja.
ada juga tambahan selang dan kabel di kereta model dan miniatur kereta api. silahkan di simak di bawah ini.
tidak hanya rantai dan coupler, semua gerbong dan lokomotif memiliki sambungan kabel dan selang, yang fungsinya untuk mengaitkan listrik dan rem. karena semua lokomotif di indonesia menggunakan rem angin yang bisa di kendalikan dari masinis langsung. dan juga setiap gerbong juga memiliki rem masing-masing, sehingga memudahkan lokomotif saat ingin berhenti di stasiun atau berhenti mendadak.
baca juga : MODIFIKASI LOKOMOTIF CC 201
0 komentar:
Posting Komentar