bb 304 ini di design untuk 2 kabin agar memudahkan dalam pengoperasiannya dan tidak perlu memutar kereta api ketika akan berjalan mundur. lokomotif ini bisa di jadikan sebagai lokomotif penumpan dan juga lokomotif barang. dimana, lokomotif ini memiliki kekuatan daya 1.550 hp.
baca juga : PENGERTIAN KERETA MODEL
lokomotif ini memiliki keceptan 120 km/jam dan bergandar B'B yang bisa di artikan sebagai lokomotif ber bogie 2 atau memiliki 2 bogie (Depan dan Belakang). lokomotif BB 304 ini memiliki 2 poros yang bisa di gerakkan oleh 2 penggerak sekaligus.
sebelum BB 304 ini di ciptakan, sudah ada BB 301 yang memiliki model yang sama. itulah mengapa BB 304 ini di sebut adik BB 301. karena, di ambil dari design yang sama dari BB 301.
yang membedakan dari BB 301 dengan BB 304 adalah BB 304 memiliki pintu masuk dan kaca untuk masinis dan memiliki jaring radiator berbentuk enam buah persegi.
PENGGUNAAN BB 304
pada saat ini bb 304 sudah jarang di gunakan karena mengingat daya tarik nya sudah kalah dengan lokomotif terbaru saat ini. jika di lihat dari masa kejayaannya lokomotif BB 304 pernah menjadi lokomotif terpopuler pada masa itu dan sudah berpengalaman masalah tarik menarik.
lokomotif BB 304 ini pernah di jadikan sebagai kereta api express seperti kereta api parayangan dan bima di masa PJKA.
lokomotif BB 304 ini bisa anda temui di DIPO LOKOMOTIF TANAH ABANG, CEPU, dan DIPO LOKOMOTIF JEMBER. karena dengan adanya lokomotif jenis CC, lokomotif BB 304 ini sudah jarang di operasiikan sejak tahun 90-an dan hanya di jadikan sebagai penarik kereta lokal dan bisa di katakan sebagai lokomotif penarik jarak dekat.
baca juga : SKALA PADA MINIATUR KERETA API INDO MAUAPUN USA
sejak tahun 2011 silam, lokomotif ini memiliki banyak masalah dari mesin pengerkanya dan mungkin bisa di sebabkan karena usianya sudha tidak bisa di jadikan kereta penarik jarak jauh. karena, dilihat dari pengguna kereta api ini sudah banyak di apkai maka BB 304 sudah tidak kuat lagi dalam urusan tarik manarik.
dan pada tahun 2011 yang lalu juga sudah di datangkan lokomotif jenis CC dan itulah sebabnya kereta api BB 304 jarang di pakai lagi dan bisa jadi kereta api CC ini menjadi alasan kalau BB 304 sudah tidak di operasikan lagi.
berbeda dengan nasib BB 304 yang ada di jember. karena, kereta api BB 304 di jember dan yogyakarta di ganti dengan mesin baru dan memiliki kekuatan yang sebanding dengan jenis lokomotif CC. itulah mengapa lokomotif BB 304 masih di operasikan di wilayah jember dan yogyakarta.
apabila anda yang mash gemar dengan kereta api, saya juga ada kok design miniatur mirip dengan BB 304 dan bisa di jalankan menggunakan Baterai atau pun dengan kontroler "KAMOD"
jika berminat bisa hub 085-100-675-165 lukman efendi
penulis jasa backlink murah
0 komentar:
Posting Komentar