Bagi yang masih awam dengan istilah bogi, bias dikatakn
bahwa bogie ini adalah sebuah perlengkapan kereta api yang digunakan untuk
menggabungkan beberapa roda menjadi satu area, entah itu bogie berpenggerak
ataupun bogie non penggerak. Jadi, dengan media bogie ini membuat ke 2 atau 3
roda digabungkan menjadi satu kesatuan, dengan tambahan beberapa pengereman,
peredam, dan perekat roda. Dengan begitu kereta api yang mampu berjalan dengan
berdinas layaknya kereta api yang sering kita lihat. Secara definisi lain, bogie
bisa di artikan sebagai susunan as roda kereta api yang bertugas sebagai
penumpu as kereta api. Dan secara kegunaan juga sama seperti diatas.
Biasanya, definisi bogie ini diambil jika media di dalam
kereta api memiliki lebih dari 2 roda yang sebut BB dan 3 roda yang disebut CC
dan yang 4 roda disebut dengan DD. Dan kesemua jenis bogie ini digunakan
sebagai media perlengkapan dasar kereta api. Selain itu, bogie yang sering kita
lihat ini juga bisa di lepas dan dipasang kembali jika sedang dalam perawatan. Dan
juga bogie kereta api yang dipakai di Negara Indonesia memiliki lebar yang
lebih sempit dibandingkan dengan bogie yang ada di amerika serikat. Itulah mengapa
bogie kereta api menjadi dibuat lebih fleksibel dan mudah di bongkar pasang
saat kereta api sedang dalam perbaikan atau saat dalam kondisi baru.
fungsi dari setiap bogie ini juga beraneka ragam. Dimana salah
satu kegunaan utamanya adalah agar roda yang sedang melintasi rel bisa lebih
fleksibel saat berada dalam tikungan rel kereta api. Dengan begitu akan sangat
memungkinan kereta api selalu tepat pada posisi rel kereta api yang berbelok. Karena
di setiap tikungan rel kereta api, bogie memang ditugaskan atau difungsikan
untuk mengikuti jenis dan bentuk curve yang sudah ada di area. Diamana setiap
curve juga memiliki fungsi untuk menstabilkan posisi kereta api.
Karena jika kondisi bogie tidak dibuat stabil, maka akan
ditakutkan roda kereta api yang saling menempel dan bergeser pada bibir rel
kereta api. Yang ditakutkan adalah roda kereta api akan naik kebagian atas rel
dan menyebabkan kereta api drail atau anjlok saat berada di tikungan. Itulah mengapa
bogie dipasang agar roda dan bogie tidak segaris dengan badan kereta api dan
roda juga mampu mengikuti alur curve atau tinkungan yang ada di area
perlintasan.
Seperti yang saya katakan diatas, bahwa selain kegunaan
bogie untuk fleksibilitas curve bidang rel kereta api, bogie juga digunakan
untuk meredam efek yang dihasilkan dari sambungan rel. dimana bogie ini mampu
meredam semua efek yang dihasilkan saat berada di area rel yang tidak rata. Karena
bogie ini sendiri dirancang agar mampu berjalan disemua area bidang. Dan membuat
lokomotif menjadi lebih nyaman saat berada di medan yang tidak akurat ataupun
saat berada dir el yang bergelombang.
Untuk setiap penumpang memang memiliki jenis bogie yang
berbeda-beda. Dimana sebuah bogie yang dipasang di kereta penumpang, memiliki
sitem kerja 2 pegas. Dimana 2 pegas ini mampu meredam getaran yang dihasilkan
roda yang membuat seakan tidak berada di dalam gerbong. Karena system kerja
bogie yang sudah ada saat ini adalah hasil dari beberapa pengembangan
inovasi-inovasi yang semakin berkembang.
Sedangkan untuk bogi yang kerap digunakan untuk kereta
KRL/KRD/dan commuter line, memakai bogie yang berperan sebagai bogie penggerak.
Dimana bogie ini sudah terisi dengan beberapa gearbox dan mesin-mesin lainnya
yang membuat bogie kereta tersebut menjadi lebih kompleks dan tidak terlalu
nyaman.
Dan bogie yang digunakan untuk kereta barang, hanya
menggunakan satu pegas. Dimana pegas ini hanya digunakan untuk meredam getaran
yang dihasilkan oleh rel dengan roda. Dikarenakan bogie yang dipakai untuk
kereta barang ini tidak mengutamakan kenyamanan, melainkan hanya untuk
peredaman sementara saja.
Bogie pada kereta api di bagi menjadi beberapa item,
diantaranya adalah bogie frame, Bolster, Perangkat Roda ( Wheel Set ), Pegas
Primer, Pegas Sekunder, Axle Box, Bearing, Sepatu Rem, Peralatan pengereman
serta peralatan pendukung.
Bogie frame – adalah sebuah rangkaian baja yang disusun
dengan system pengelasan yang nantinya akan menghasilkan bentuk bogie yang
seperti saat ini. Dengan susunan bentuk bogie frame ini, masih terdapat
beberapa tambahan pegas yang terbagi menjadi 2 tipe. Tipe yang pertama adalah
pegas primer, dimana pegas ini berada langsung di antara roda dengan bogie
frame. Tujuannya juga untuk meredam getaran yang dihasilkan oleh roda dan rel.
sedangakan untuk pegas sekunder, adalah sebuah pegas yang menghubungkan antara
bogie frame menuju badan kereta api.
Dari kedua pegas ini juga masih memiliki perbedaan antara pegas
sekunder dan primer. Dimana pegas primer mamiliki bentuk besi ulir yang di
pasang di atara roda. Dan untuk pegas sekunder di design dengan bentuk tabung
dan pegas karet yang letaknya berada pada bagian atas bogie frame. Dengan begitu
getaran yang disebabkan oleh roda dan rel menjadi samar dan hamper tidak
terasa. Dan semakin banyak pegas yang dipakai, peredaman getaran rel dan roda
juga semakin baik.
Bolster – adalah sebuah media tumpuan yang dipakai untuk
menghubungkan bogie frame menuju chasis gerbong. Dimana bolster ini memiliki 1
pivot yang berguna untuk mengatur titik rotasi saat kereta api berjalan belok. Ditambah
pivot tersebut berguna untuk menghubungkan badan chasis menuju bogie frame
tersebut.
Tetapi, meskipun bolster ini terlihat penting, masih ada
juga kereta api yang tidak menggunakan bolster untuk penggabungannya. sehinga
bogie tersebut hanya menggunakan pegas primer yang di panjangkan langsung
menuju badan kereta api. Tetapi kembali lagi, bahwa jenis bogie yang tidak
memiliki bloster, tidak mampu berjalan dengan rute yang jauh dan beban
penumpang yang lebih berat. Itulah mengapa bogie tanpa bolster ini biasa
digunakan untuk kereta KRL, KRD, dan beberapa kereta lainnya, yang sifatnya
kereta tersebut tidak menopang beban terlalu berat.
Kemudian, jenis bogie tanpa bloster ini hanya mengutamakan
kenyamanan saja dan memang sudah dipercaya bahwa jenis bogie tanpa bolster ini
mampu meredam getaran antara roda dan rel 2 kali lipat dari bogie pada umumnya.
Lain tugas lain system, yaitu bogie yang dipakai untuk
gerbong barang atau gerbong penumpang, tidak sama dengan bogie yang digunakan
untuk lokomotif. Dimana bogie untuk lokomotif digunakan bukan untuk kenyamanan,
melainkan penopang beban berat yang ada di badan lokomotif. Karena pada
dasanya, bogie lokomotif dibuat sekuat mungkin agar lokomotif tidak mengalami
selip saat lokomotif sedang beroperasi. Sehingga, terdapat 2 jenis bahan bogie
yang dipakai di Indonesia, yaitu bogie yang dipakai untuk jenis loko general
elektrik, terbuat dari bahan besi cor, sedangkan untuk bogie yang dipakai untuk
loko hidraulik seperti BB30 ---- menggunakan jenis besi las yang disusun
seperti bogie pada gerbong penumpang.
Vegas Casino: Slots & Table Games | ShootingCasino.com
BalasHapusSlots & Table 샌즈카지노 Games at ShootingCasino.com · Experience the best casino slots and table 1xbet games online in Las bet365 Vegas. Play online or download the app today.