selamat datang di website toko kereta model dan toko miniatur
kereta api milik jasa seo malang ini. Kali ini saya akan membagikan beberapa
pengertian dan definisi dari miniatur kereta api atau kereta model yang sering
anda lihat di beberapa pameran-pameran kereta model dan di sejumlah
website-website penyedia video di internet. Sebelum saya memasuki definisi dan
arti dari kereta model, saya akan membagikan beberapa pengalaman saya tentang
kereta model yang pernah saya buat dan saya produksi.
Saat ini, saya sedang membangun dan merencanakan sejumlah
anggaran biaya untuk saya gunakan sebagai diorama kereta miniatur yang biasa
saya jalankan menggunakan tenaga baterai dengan bantuan charger setiap hari.
Pada dasarnya, kereta model atau kereta miniatur yang dijalankan menggunakan
media baterai, bukanlah definisi dari kereta model. Karena kereta model, wajib
dan harus di jalankan dengan media control (adaptor DC) agar lokomotif bisa
maju mundur seperti lokomotif aslinya.
Tetapi, karena keterbatasan biaya yang saya miliki, membuat miniatur
lokomotif yang saya miliki ini saya pasangin atau saya tambahkan sebuah baterai
dan dynamo, agar nantinya miniatur lokomotif saya bisa berjalan seperti pada
kereta mainan lainnya. Jenis kereta api inilah yang biasa di sebut dengan
railking (kereta api railking).
Meskipun sama-sama menggunakan media dynamo pada bagian
lokomotif, jenis permainan ini bukanlah jenis permainan kamod (kereta model).
Karena miniatur lokomotifnya berjalan dan berputar tanpa ada perintah sang
masinis. Sedangkan untuk kereta model, lokomotif akan berjalan, berhenti, dan
berjalan mundur sesuai keinginan masinis.
Selain dibedakan dari model tenaga listrik yang ada pada
miniatur lokomotif railking, kereta model juga di bedakan pada rel (jalur
kereta api) dan roda yang berjenis metal dan tembaga. Dengan tujuan agar roda
dan rel bisa di aliri listrik yang menuju ke bagian dynamo yang ada pada miniatur
lokomotif. Itulah yang di sebut dengan kereta model atau kamod.
PERBEDAAN kereta model (kamod) dan Railking :
1.
Railking
menggunakan media baterai, dan roda beserta rel terbuat dari plastic
2.
Kamod
(kereta model) menggunakan tenaga listrik dari adaptor DC, dan Roda beserta Rel
terbuat dari logam dan tembaga.
Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, apakah perbedaan
dari kereta model, raillking, dan miniatur kereta api?
Langsung saja, miniatur kereta api adalah cangkang atau
bentuk dari lokomotif yang akan di pasang di kereta model dan kereta api
railking. Tanpa adanya cangkang yang bentuknya sama persis dengan bentuk
aslinya, maka permainan itu bukanlah permainan kereta model ataupun kereta api
railking. Karena tidak ada media yang menyerupai bentuk aslinya.
Dengan adanya toko atau pasar miniatur kereta api di
kalangan pencinta kereta miniatur dan kereta model yang ada di Indonesia ini,
membuat sejumlah diorama-diorama kereta api mulai di bangun. Seperti milik saya
ini. Meskipun diorama yang saya buat ini tidak seindah yang ada di wilayah kota
hamburg. Setidaknya, keinginan yang saya miliki ini sudah terobati. Tetapi ya
kembali lagi, kereta api railking.
Banyak yang mengatakan dan berasumsi bahwa miniatur kereta
api railking, kamod (kereta model) dan miniatur kereta api, bukanlah sebuah
mainan kereta api seperti milik kita di masa kecil. Tetapi sudah masuk dan
menuju ke hobi orang dewasa, baik itu warga besar orang Amerika, eropa, china, ataupun
Indonesia. Bagi mereka-mereka yang
menjual kereta model atau miniatur kereta api di dalam sebuah website mereka,
akan tertulis label 14+ atau bisa di artikan (14 tahun keatas). Selain itu,
Hobi permainan kereta model ini bisa dikatakan cukup langka atau awam untuk wilayah
Negara Indonesia, kerena minimnya si penjual kereta model dan miniatur kereta api.
Seperti yang saya katakan diatas tadi, bahwa kereta model
yang sering anda lihat ini hanya dijalankan menggunakan tenaga listrik yang
berasal dari Kontrol DC atau AC (adapto), bukan berasal dari tenaga baterai.apabila
saya share Menurut dari sebagian pemahaman saya sebagai pencinta kereta model
newbie, produsen kereta model yang menggunakan control AC hanyalah milik
MARKLIN, Jerman. Dan selain itu, harga yang di bandrol untuk kereta model hasil
diproduksi perusahaan marklin sangatlah tinggi dan mencekik. Karena bisa
mencapai 2-3 kali lipat harga kereta model control DC (analog). Selain kereta
model yang di produksi oleh perusahaan marklin, masih ada kereta model jenis DC
yang di produksi di beberapa Negara, diataranya adalah
USA punya Bachmann, Athearn, dan Atlas sebagai contohnya. Sedangkan
Eropa memproduksi lokomotif Piko, Fleishmann, dan Trix. Sementara itu Jepang dengan Kato-nya yang terfokus pada ukuran skala
N.
beberapa contoh kereta model hasil produksi luar negeri :
SKALA PADA KERETA MODEL ATAU KERETA MINIATUR YANG ADA DI
INDONESIA.
Pada dasarnya, kereta model yang ada di dunia ini memiliki
bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, ada yang memakai skala N, Ho, G, dan S.
tetapi, kereta model yang sering anda jumpai di Negara Indonesia ini
menggunakan skala 1:80 (Ho). Dan pada dasarnya, kereta asli milik PT KAI yang
ada di Indonesia ini tidak ada yang sesuai dan pas jika di ukur dengan ukuran semua
skala, karena gauge rel yang ada di Indonesia tidak sesuai dengan rel kereta
api yang ada di dunia. Standart yang dibuat untuk skala HO dan N berasal dari gauge dengan
lebar 1.435mm (4ft, 8,5inc). Sedangkan untuk lebar rel yang ada di Indonesia
adalah 1.067mm (3ft, 6inc) atau biasa disebut narrow gauge.
Gauge yang dipakai di Indonesia adalah gauge yang di ukur
berdasarkan ukuran kereta api yang sudah ada sebelum Indonesia merdeka.
Sehingga, jika di ukur sesuai kedetailan dan kepresisian kereta api bentuk
asli, skala yang pas untuk kereta model Indonesia adalah skala 1:87 (H0n3)
dengan susunan skala bogie sebagai skala N. sehingga banyak yang mulai
kerepotan ketika akan menggabungkannya dengan kereta model yang ada di USA.
Lebih jelasnya, kita akan menggabungkan susunan kereta model dengan 2 ukuran
skala sekaligus.
Sebelum adanya pabrik miniatur kereta model dan miniatur
kereta api di Indonesia, banyak yang menggunakan skala kereta apinya dengan
ukuran 1:87 (Hon3). Dan semua berubah ketika pabrik Agung craft memproduksi miniatur
kereta api dengan patokan skala 1:80 (Ho), dan agung craft mengalah pada skala
bogie yang sedikit diperlebar sesuai dengan skala milik kereta api USA. Dari
situlah banyak penggemar kereta model dan minaitur kereta api memproduksi hasil
handmadenya dengan ukuran 1:80.
BERKUNJUNG KE PABRIK PRODUSEN KERETA MODEL DAN MINIATUR
KERETA API
Setelah kita paham dengan definisi dari kereta model dan miniatur
kereta api, sekarang kita akan berkunjung kepabrik kereta model ternama di
Indonesia.
Kalau kita sudah berbicara tentang kereta model dan minaitur
kereta api, akan sangat menarik jika kita datang langsung ke tempat produsen
kereta miniaturnya. Apalagi jika kita bisa melihat langsung bagaimana proses
pembuatan miniatur kereta api dari step by step. Berawal dari pemikiran seperti
inilah saya ada niat untuk mencari dimana tempat produksi kereta api miniatur
atau miniatur kereta api dengan ukuran skala ho. Karena tempat produksi kereta
api miniatur ini cukup jauh, membuat saya tidak ada modal untuk berkunjung ke
pabriknya. Selain itu, karena kesibukan saya sehari-hari, membuat niat saya
untuk melihat lokomotif ini menjadi tertanggu. Maka dari itu saya menyuruh
teman saya untuk berkunjung ke tempat dimana produksi kereta api model dan miniatur
ini berada.
Pada hari minggu tanggal 24/7 2011 silam, bersama dengan
rekan-rekan si-pencinta kereta model dan miniatur kereta api berangkat ke kota
purwakarta dengan mengunakan KA Argo Parahyangan tepat pada pukul 07:30.
Setelah kita sampai di stasiun kota bandung dalam waktu perjalanan kurang lebih
1 jam. ketidak beruntungan berpihak kepada kami karena pak fransnya sedang
keluar untuk mencari kebutuhan rumah tangga. Setelah kita hubungi beberapa
saat, pak frans menjawab bahwa beliu akan sampai dirumah pada jam 1 siang. Dan
kita semua sepakat untuk kembali ke stasiun besar bandung guna melihat lalu
lintas kereta api di stasiun tersebut. Keputusan ini kita ambil karena jauh lebih
bermanfaat di bandingkan kita pergi ke tempat perbelanjaan atau tempat wisata.
Karena kita masih bisa melihat dan mengukur spesifikasi lokomotif PT KAI untuk
di jadikan miniatur kereta api.
Setelah kita sibuk dengan aktifitas di stasiun besar kota bandung,
tidak terasa bahwa jam setempat menunjukkan waktu pukul 13:00 siang. Sehingga
kami kembali ke-kediaman rumah bapak pak frans seketika itu pula. Setelah kita
sampai di rumah pak frans, alhasil kita dapat menemui beliau tepat pada waktu
yang telah di tentukan dan dugaan kita juga sudah tidak salah lagi. Karena
beliu sedang sibuk membuat rankaian KRD railbus yang rencananya akan di
resmikan di kota solo tercinta. karena kesibukan beliau kita semua menjadi
sedikit tidak enak, mengingat karena beliau sedang seibuk merakit kereta model
KRD railbus.
Karena kita datang dari jauh-jauh hanya untuk melihat
produksi kereta model yang sedang pak frans rakit, beliu menyambut kita dengan
sangat ramah dan sesekali beliau melanjutkan rakitan KRD railbusnya seorang diri.
Mengingat karena hari ini adalah hari minggu, jadi para karyawan kereta model
dan miniatur kereta apinya sedang libur dan hanya ada pak budi yang senantiasa
membantu pak frans marakit KRD railfansnya
Mendengat cerita pengalam beliu sebagai perakit kereta miniatur
dengan ukuran skala ho, pak frans sudah tergolong handmader cukup lama dan
lihai dalam urusan kereta api. Pak frans memang focus memproduksi kereta model
dan miniatur kereta api asli milik INDONESIA. Mulai dari jaman PT PJKA sampai
PT KAI yang sekarang ini memproduksi Lokomotif CC 206. Pak frans memang sudah
berpengalaman untuk masalah membuat kereta miniatur dan kereta model dengan
berbagai series dan tipe. Sambil berbincang-bincang, sesekali kita juga di
tunjukan beberapa hasil koleksi miniatur dan kereta model pribadinya maupun
pesanan-pesanannya. Ketika saya melihat hasil produksinya, saya mulai tergiur
dan terpesona ketika saya melihat diorama pegunungan dan bukitnya yang terlihat
nyata.
Dari beberapa hasil koleksinya, pak frans juga menjual
rangkaian kereta api dan gerbong dengan patokan harga mulai dari Rp 400.000
sampai Rp 800.000. sedangkan untuk patokan harga setiap lokomotif yang di
produksi oleh pak frans juga beragam, mulai dari Rb 400.000 sampai seterusnya,
bahkan sampai puluhan juta. Pada saat yang bersamaan, saya mulai tertarik
dengan kereta model dan miniatur kereta api yang sedang diproduksi oleh pak
frans dan sontak saya langsung memesan lokomotif CC 206 hasil karyanya beliau.
Dengan harga 450 rb, saya sudah bisa melihat dan menikmati keindahan miniatur
kereta api milik pak frans yang sangat detail sampai kedalam interiornya.
Tetapi, terasa ada yang kurang jika tidak di tambahkan lampu interior dengan
corak warna yang sama persis dengan bentuk aslinya. Pada saat itu pula saya meminta
pak frans untuk memasang lampu interior dengan corak warna yang sama seperti
bentuk aslinya.
Setelah saya melakukan pembayaran ke pak frans langsung,
saya masih harus menunggu 1 minggu untuk proses pembuatannya, karena mengingat
kesibukan pak frans bukan hanya karena satu lokomotif saya saja, melainkan
masih ada ratusan lokomotif handmade yang musti pak frans kerjakan. Tetapi dari
waktu yang sudah di tentukan oleh pak frans, saya rasa itu adalah waktu yang
sudah cukup ideal untuk setiap satu lokomotif tanpa mesin. Apabila kita ingin
menambahkan mesin pada lokomotif kita, maka kita akan menunggu lagi agar kereta
api bisa di rollingkan di rel yang kita inginkan. Biasanya pak frans akan
mematok harga 1juta ke atas untuk satu kereta model, dan 100rb sampai 150 rb
untuk mesin dynamo railking. Dengan adanya mesin di setiap miniatur lokomotif
kita, maka akan terlihat lebih menarik dan terkesan nyata karena lokomotif kita
bisa berjalan dan menyala seperti lokomotif aslinya.
Setelah lokomotif hasil buatan pak frans sampai di rumah
saya, saya langsung rollngkan direl railking dan kereta model saya dengan
diorama yang saya buat meskipun tidak terlihat nyata. Setidak-tidaknya rasa
keinginan saya untuk memiliki miniatur kereta api ini sudah terpenuhi dari jerih
payah saya sampai ke kota bandung ini.
Setelah saya berjalan-jalan cukup lama di kota bandung,
ternyata saya bertemu dengan rekan saya yang juga pemain kereta model dan miniatur
kereta api, dari situlah saya mulai beranggapan bahwa peminat kereta miniatur
dan kereta model sangatlah banyak untuk kalangan hobbiers (hobi miniatur). Dia
juga tidak mau ketinggalan dengan pesanan lokomotif CC 201 45 dan BB 304 32
yang akan dia pasang di kereta model ukuran Ho. Biasanya, para hobbiers akan
menambahkan tambahan mesin control DC (kamod atau kereta model) agar lebih
terkesan asli. Karena harga dari satu buah kereta model ini cukup tinggi,
membuat saya harus menabung dulu agar keinginan saya tercapai. Harga yang di
patok untuk satu kereta model dengan cangkang yang kita inginkan, biasanya
berkisar 1,7 juta an sampai 4,7 juta. Ya kita kembalikan lagi dengan tujuan dan
misi kita. Harga mah belakangan.
KOMUNITAS KERETA MODEL DAN MINIATUR KERETA API
ANAK KERETA MODEL : WADAHI KOMUNITAS PENCINTA KERETA
MINIATUR
Mengapa sampai ada yang dinamakan dengan mewadahi para
pencinta miniiatur kereta api?. Pada dasarnya, miniatur kereta api hanya di
gunakan dan difokuskan untuk anak-anak di bawah umur sampai sedikit dewasa,
yang dimana pada akhirnya akan berantakan dan tercecer atau terpisah dari badan
satu kebadan yang lainnya, dan itupun kalau tidak terpisah-pisah entah sampai
kemana. Tetapi hal itu sudha tidak berlaku lagi bagi para komunitas pencinta kereta
model dan miniatur kereta api yang ada di bawah naungan anak kamoder.
Yang dinamakan dengan istilah Kamoders Indonesia adalah
sebuah komunitas dimana para pencinta kereta api railking, miniatur kereta api,
dan kereta model skala Ho berkumpul menjadi sebuah organisasi atau kelompok
dalam suatu hobby. Komunitas kamod ini biasanya berkumpul di berbagai wilayah
dengan julukan atau nama yang berbeda-beda. Adapun yang membuat komunitas
kamoders atau miniatur kereta api ini di dalam social media seperti facebook
dan kaskus, dan Salah satunya komunitas kamod di daerah bandung yang sampai
saat ini masih terkenal dan eksis sejak tahun 1990-an terletak di jalan sentra
raya, nomor 21, cimahi, bandung.
Jenis-jenis kereta api model (kamod) dari setiap kamunitas
memiliki tipe dan model yang bermacam-macam. Diataranya ada yang mempunyai
lokomotif model Uap (steam), Diesel, dan listrik. Mereka-mereka yang memiliki
jenis-jenis kereta model ini, mendefinisikan setiap keretanya dengan tujuan
yang berbeda-beda. Seperti focus ke detailing, kecepatan, suara, ataupun
diorama. Menurut salah satu pencinta kereta model di daerah bandung ini, ada
yang mengutamakan diorama pada area kereta model dan miniatur kereta api dengan
memanfaatkan pemandangan bukit (gunung), jurang, bahkan sampai terowongan. Ada
juga yang mengutamakan ke detailing lokomotif, seperti cat, logo, pagar, nomor,
dan lampu interior. Selain itu, ada juga yang sampai mengutamakan jenis suara,
klakson, dan sampai bunyi kereta ketika berjalan pada diorama kereta model.
Detail kabin masinis pun juga tidak terlewatkan ketika lokomotif sedang di
produksi. Seperti : seorang masinis, karyawan, dan uap yang bisa berhembus
seperti layaknya lokomotif diesel ketika di rollingkan.
Salah satu kamoder yang ada di komunitas kamod bandung yang
bernama fauzi mengaku, kalau mereka sengaja mengaktifkan kegiatan pameran ini
guna untuk mengenalkan ke-masyarakat tentang apa itu kereta model, miniatur
kereta api, dan kereta api railking. Mereka sering memamerkan kereta model dan miniatur
kereta apinya di berbagai daerah seperti graha siliwangi, bandung. Pada
15/4/2016 yang lalu.
Sebelum adanya para pembuat (handmaders) kereta model dan miniatur
kereta api yang sudah marak di kemunitas pencinta kereta railfans, para
pencinta kereta model mulai mengkoleksinya bedasarkan hasil produksi ternama
milik luar negeri. Sehingga, mereka memang sengaja meng-import barang dari luar
negeri untuk memiliki sebuah kereta api dalam bentuk kereta model. Setelah
mereka berhasil mengimport salah satu barang hasil dari luar negeri, mereka
mulai berinovasi dengan mengembangkan bentuk cangkang dan karakter kereta
apinya menggunakan bentuk dan model kereta api Indonesia. Dari situlah awal
mulanya ada julukan pembuat cangkang kereta api dengan sebutan handmader. Salah
satu contohnya adalah agung craft dan adi wahyudin, dimana mereka memproduksi
kereta miniatur dan kereta model yang terfokus pada cangkang kereta api.
Seperti cangkang lokomotif CC 201, lokomotif CC 206, dan lokomotif CC 203.
Setelah adanya inovasi dengan membuat cangkang kereta model
dengan tipe atau series kereta Indonesia, mereka mulai menggabungkan dan
memasangnya di kereta api produksi luar negeri. Contoh hasil produksi luar
negeri adalah : Bachmann, athearn, kato, dan masih ada banyak lagi. Karakteristik
dari setiap kereta model hasil produksi luar negerinya pun juga bervariasi,
mulai dari ukuran rel skala Ho (1:87), Hon3 (1:87), N (1:160) dan masih banyak
lagi. Untuk kereta model yang sudah marak di Negara Indonesia, sudah terfokus
dengan ukuran miniatur pada skala 1:80, meskipun skala yang cocok untuk kereta
asli Indonesia adalah 1:87.
Tujuan dari para pencinta kereta model dan miniatur kereta
api yang menggunakan ukuran skala 1:87,
karena mereka menyesuaikan ukurannya dengan skala milik kereta model
produksi luar negeri. Agar nantinya, cangkang yang telah di produksi oleh para
handmader, terlihat pas atau cocok ketika dipasangkan di lokomotif kereta
modelnya. Tetapi, juga tidak sedikit yang membuat kereta model dan miniatur
kereta api di skala 1:87, dengan tujuan untuk detail kereta model dan miniatur
kereta api yang pas dengan bentuk aslinya. Kita kembalikan dengan tujuan
aslinya, mereka mengutamakan ke detailing atau ke sifat proporsionalnya (pas
dilihat). Kalau kita terfokus dengan bentuk dan detailingnya, maka kita harus
rela tidak dipasangin mesin kereta model milik luar negeri, tetapi jika kita
focus ke sifat proporsionalnya (enak dilihat) maka kita harus mengalah pada
bentuk dan ukuran skalanya.
Harga dari setiap kereta model dan miniatur kereta api juga
beragam dan bervariasi, mulai dari yang harga 1 juta sampai 21 juta keatas.
Menurut salah satu anggota kemunitas pencinta kereta model Indonesia yang
terletak di kota bandung, mereka menawarkan harga kisaran Rp 300.000 sampai 1,7
juta. Harga yang paling murah ini biasanya hanya dalam bentuk kosongan (tanpa
mesin) alias hanya bisa dijalankan dengan bantuan tangan, atau bisa saja kita
memodifnya dengan menambahkan media baterai dan dynamo agar bisa berjalan
seperti mainan anak kecil.
Untuk setiap kereta model yang sering kita lihat ini, tidak
hanya terpatok pada satu lokomotif saja, melainkan masih ada tambahan gerbong.
Gerbongnya pun juga bervariasi, ada yang dibuat dengan model gerbong kereta
ekonomi, ekpress, dan kereta listrik. Biasanya, untuk harga setiap patokan
gerbong yang dimiliki komunitas kereta model bandung ini, tidak jauh berbeda
antara bentuk satu dengan bentuk yang lainnya. karena setiap gerbong hanya di
bedakan pada warna cat dan pola jendela yang bervariasi. Roda dan lampu interior
yang ada pada gerbong kereta model skala Ho ini juga tidak terlewatkan, para
handmader akan menambahkan lampu yang sekiranya terlihat seperti bentuk aslinya.
Roda yang terpasang pada gerbong kereta api ini juga bervariasi, mulai dari
roda yang terbuat dari plastik dan ada juga yang terbuat dari metal (logam).
Biasanya, para pencinta kereta model yang menggunakan gerbong dengan roda
metal, bisa di aliri listrik agar lampunya bisa menyala ketika lokomotif di
rollingkan (dijalankan).
Dalam dunia kereta model di Indonesia, mereka juga tidak
akan lepas dengan tambahan diorama (layout) pada jalur rel kereta model. Layout
itu akan berisi tambahan bukit, jembatan, stasiun, dan masih banyak lagi.
Menyusun layoutpun juga tidak mudah lo guys, karena membutuhkan konsentrasi
penuh agar layout terliaht seperti diorama aslinya. Mulai dari pemasangan
rumah, pohon, rumput, atupun perlintasan jembatan.
Setelah kita memahami apa saja yang wajib ada didalam dunia
kereta model dan miniatur kereta api, kereta model yang ada di dalam kemunitas
bandung ini juga mebutuhkan yang namanya control. Setiap control juga terbagi
menjadi 3 tipe, control DC, DCC (digital), dan control AC. Semua itu tergantung
dari tujuan dan model yang akan di pakai, biasanya, para pencinta kereta model
yang menggunakan control digital (DCC) jauh lebih mahal dibandingkan dengan
control DC biasa (analog), seperti apakah itu? Mari simak artikel di bawah ini.
APA ITU Kontrol DC dan Digital yang ada di kereta model.
Karena semakin berkembangnya kereta model dan miniatur
kereta api yang ada di seluruh dunia ini, membuat beberapa system di perkereta
apian di Indonesia pun juga ikut berkembang dan bertambah menjadi lebih
canggih, diataranya adalah system control yang sedang marak dengan model system
digital. System control digital yang di gunakan untuk kereta model dan miniatur
kereta api ini juga sudah ramai dipasaran kereta api Indonesia railfans. Model
dan system perkereta apian di luar negeri juga tidak kalah saing dengan
memproduksi system control yang menggunakan data digital dengan menambahkan
beberapa tambahan fitur seperti klaskson dan model lampu sorot pada kereta api.
Para pencinta kereta model dan miniatur kereta api yang
masih baru, juga akan di hadapakan di kedua permasalahan ini. Gundah gulana
ketika akan membangun diorama kereta api miniatur juga akan di hadapi oleh para
pencinta kereta model yang masih tergolong baru. Berbeda dengan para senior miniatur
kereta api dan kereta model indonesia yang sudah senantiasa menikmati kerumitan
system control analog pada kinerja kereta model dan miniatur kereta api.
YANG MENJADI PERTANYAAN SEKARANG ADALAH : APA YANG MEMBEDAKAN ANTARA CONTROL
ANALOG DENGAN CONTROL DIGITAL?
KONTROL ANALOG
System control analog yang sering
di gunakan untuk kereta model ketegori pemula
adalah system pergerakan kereta api dengan men supply listrik dari adapto
menuju rel kereta api. Listrik yang mengalir ke rel kereta api api ini, berguna
untuk menggerakkan motor (dynamo) yang ada di dalam badan lokomotif. System
pergerakan ini menggunakan system perubahan voltage yang ada di bagian adaptor
(control DC) tadi. Perubahan voltage ini berguna untuk mempercepat atau
memperlambat laju kereta api sesuai dengan apa yang kita inginkan. Apabila kita
mengurangi voltage yang ada di dalam adaptor atau control, maka kereta api akan
berjalan pelan dan hamper berhenti. Tetapi jika kita menambah voltage yang ada
di dalam adaptor DC tadi, maka kereta api akan melaju lebih cepat.
Selain kita bisa mempercepat atau memperlambat laju kereta
api, kita juga bisa merubah arus listrik yang ada di dalam adaptor, yaitu
dengan merubah arus (positif) menjadi (Negatif). Dalam hal ini, lokomotif yang
awalnya berjalan maju akan berubah berjalan mundur akibat arus listrik yang
kita balik tadi. Untuk pencinta kereta model yang masih tergolong baru, system
control digital ini sudah bisa dikatakan memenuhi syarat. Karena lokomotif
sudah bisa maju mundur seperti kereta api aslinya. Ditambah kita bisa
mengkontrol laju dan pergerakan kereta apinya sesuai dengan apa yang kita
inginkan.
Apabila kita memiliki sebuah layout kereta model dengan
jumlah lokomotif lebih dari satu, maka kita membutuhkan lebih dari 1 kontroler
juga. Mengapa bisa begitu? Karena setiap satu control analog yang kita gunakan
pada permainan kereta model, satu kontrol hanya berguna untuk satu lokomotif
saja. Sehingga, jika anda memiliki lebih dari satu lokomotif dalam satu layout,
anda juga harus menambahkan lebih dari 1 kontrol lagi. Dan juga, anda harus
membuat rel terbagi menjadi lebih dari satu bagian dan masing-masing blok
kereta model juga diatur oleh setiap control. Hal ini berguna untuk memudahkan
perjalanan kereta model agar berjalan lebih lembut dan nyaman.
Dengan catatan,
kalau lokomotinfnya lebih dari satu dalam setiap layout
Keunikan yang dipakai untuk kereta model dengan system
analog ini lebih terlihat nyata dan asli ketimbang kita menggunakan kereta
model dengan system digital. Mengapa saya bisa bilang begitu? Kerena system
kerja kereta api di Indonesia, menggunakan system yang hampir mirip dengan
system kereta model yang menggunakan control analog. Salah satunya adalah,
lokomotif yang sedang beroperasi akan berjalan satu demi satu, tidak berjalan
bersamaan dan saling simpang tindih. Hanya saja, kita akan membutuhkan lebih
kontroler jika kita memiliki banyak lokomotif. Selain itu, hanya para pemain
kereta model yang handal saja kalau masih menggunakan control analog dalam satu
layout dengan banyak lokomotif. Karena mereka harus paham dan lihai dalam
mengatur setiap control untuk satu lokomotif.
SISTEM DIGITAL
Untuk kereta model yang menggunakan system control digital
pada lokomotifnya, pola pelistrikan yang ada pada control digital juga tidak
jauh berbeda dengan control yang ada di lokomotif analog (DC). Control akan
tetap mensupply listrik menuju lokomotif menggunakan jalur rel yang terbuat
dari metal (bisa terbuat dari nikel silver, bisa juga terbuat dari brass).
System kinerja control digital ini, biasanya terdapat beberapa tambahan button
atau tombol yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Pengembangan dari system
digital ini, terdapat beberapa pulsa jaringan ip yang mengarah ke ip decoder
yang terdapat di dalam badan lokomotif. Setiap lokomotif yang mempunya tambahan
decoder di dalam kereta apinya, maka kereta api tersebut pasti memiliki satu ip
address yang akan terbaca di dalam control digital. Control digitalnya pun juga
akan membaca dari semua kereta api yang di satu layout, dengan begitu lokomotif
akan bisa di gerakkan secara bersamaan dalam satu layout. Menariknya, satu
control digital mampu membaca lebih dari 50 unit lokomotif, bahkanlebih.
Biasanya, dalam satu unit control digital mamiliki 9 button atau tombol yang
berfungsi sebagai, suara klakson, lampu kedap kedip, lampu sorot, suara coupler
(penyambung), dan masih banyak lagi. Ketika lokomotif yang ada di layout anda
ada 5 unit, maka akan terlihat menarik jika semuanya memiliki fitur yang yang
berbeda-beda ketika di rolliingkan.
Kesimpulan
Jika kita tela’ah dari system kereta model yang sudah
berkembang ini, pilihan untuk menggunakan control digital sudah cukup baik bagi
seorang pemula. Tetapi harga dari satu control digital tidak seperti harga dari
control analog, mulai dari yang 1,9 sampai 10 juta ke atas. Kita kembalikan
lagi ke pilihan perseorangan, apabila budget menjadi salah satu kendala untuk
kereta model yang minim, maka saya sarankan untuk menggunakan lokomotif
Bachmann yang bertipe analog DC. Dimana lokomotif ini sudah bisa berjalan maju
mundur dengan tambahan fitur lampu kabin yang sudah menyala seperti lokomotif
aslinya aslinya.
Mungkin sampai disini dulu ya artikel tentang kereta model
dan miniature kereta api murah yang bisa saya bagikan ini, untuk artikel
tentang kereta model dan miniature kereta api dalam bentuk lokomotif atau
gerbong, tunggu artikel selanjutnya.
Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.
Perlu Di beri tambahan keterangan apa Dana yang ada Di kereta API, misalnya Kepler itu apa, bogie itu apa
BalasHapus