Video of the day

Home » » MENGENAL APA ITU KERETA MODEL DAN MINIATUR KERETA API

MENGENAL APA ITU KERETA MODEL DAN MINIATUR KERETA API

selamat datang di website toko kereta model dan toko miniatur kereta api milik jasa seo malang ini. Kali ini saya akan membagikan beberapa pengertian dan definisi dari miniatur kereta api atau kereta model yang sering anda lihat di beberapa pameran-pameran kereta model dan di sejumlah website-website penyedia video di internet. Sebelum saya memasuki definisi dan arti dari kereta model, saya akan membagikan beberapa pengalaman saya tentang kereta model yang pernah saya buat dan saya produksi.


Saat ini, saya sedang membangun dan merencanakan sejumlah anggaran biaya untuk saya gunakan sebagai diorama kereta miniatur yang biasa saya jalankan menggunakan tenaga baterai dengan bantuan charger setiap hari. Pada dasarnya, kereta model atau kereta miniatur yang dijalankan menggunakan media baterai, bukanlah definisi dari kereta model. Karena kereta model, wajib dan harus di jalankan dengan media control (adaptor DC) agar lokomotif bisa maju mundur seperti lokomotif aslinya.

Tetapi, karena keterbatasan biaya yang saya miliki, membuat miniatur lokomotif yang saya miliki ini saya pasangin atau saya tambahkan sebuah baterai dan dynamo, agar nantinya miniatur lokomotif saya bisa berjalan seperti pada kereta mainan lainnya. Jenis kereta api inilah yang biasa di sebut dengan railking (kereta api railking).

Meskipun sama-sama menggunakan media dynamo pada bagian lokomotif, jenis permainan ini bukanlah jenis permainan kamod (kereta model). Karena miniatur lokomotifnya berjalan dan berputar tanpa ada perintah sang masinis. Sedangkan untuk kereta model, lokomotif akan berjalan, berhenti, dan berjalan mundur sesuai keinginan masinis.

Selain dibedakan dari model tenaga listrik yang ada pada miniatur lokomotif railking, kereta model juga di bedakan pada rel (jalur kereta api) dan roda yang berjenis metal dan tembaga. Dengan tujuan agar roda dan rel bisa di aliri listrik yang menuju ke bagian dynamo yang ada pada miniatur lokomotif. Itulah yang di sebut dengan kereta model atau kamod.

PERBEDAAN kereta model (kamod) dan Railking :

1.       Railking menggunakan media baterai, dan roda beserta rel terbuat dari plastic
2.       Kamod (kereta model) menggunakan tenaga listrik dari adaptor DC, dan Roda beserta Rel terbuat dari logam dan tembaga.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, apakah perbedaan dari kereta model, raillking, dan miniatur kereta api?

Langsung saja, miniatur kereta api adalah cangkang atau bentuk dari lokomotif yang akan di pasang di kereta model dan kereta api railking. Tanpa adanya cangkang yang bentuknya sama persis dengan bentuk aslinya, maka permainan itu bukanlah permainan kereta model ataupun kereta api railking. Karena tidak ada media yang menyerupai bentuk aslinya.

Dengan adanya toko atau pasar miniatur kereta api di kalangan pencinta kereta miniatur dan kereta model yang ada di Indonesia ini, membuat sejumlah diorama-diorama kereta api mulai di bangun. Seperti milik saya ini. Meskipun diorama yang saya buat ini tidak seindah yang ada di wilayah kota hamburg. Setidaknya, keinginan yang saya miliki ini sudah terobati. Tetapi ya kembali lagi, kereta api railking.

Banyak yang mengatakan dan berasumsi bahwa miniatur kereta api railking, kamod (kereta model) dan miniatur kereta api, bukanlah sebuah mainan kereta api seperti milik kita di masa kecil. Tetapi sudah masuk dan menuju ke hobi orang dewasa, baik itu warga besar orang Amerika, eropa, china, ataupun Indonesia.  Bagi mereka-mereka yang menjual kereta model atau miniatur kereta api di dalam sebuah website mereka, akan tertulis label 14+ atau bisa di artikan (14 tahun keatas). Selain itu, Hobi permainan kereta model ini bisa dikatakan cukup langka atau awam untuk wilayah Negara Indonesia, kerena minimnya si penjual kereta model dan miniatur kereta api.

Seperti yang saya katakan diatas tadi, bahwa kereta model yang sering anda lihat ini hanya dijalankan menggunakan tenaga listrik yang berasal dari Kontrol DC atau AC (adapto), bukan berasal dari tenaga baterai.apabila saya share Menurut dari sebagian pemahaman saya sebagai pencinta kereta model newbie, produsen kereta model yang menggunakan control AC hanyalah milik MARKLIN, Jerman. Dan selain itu, harga yang di bandrol untuk kereta model hasil diproduksi perusahaan marklin sangatlah tinggi dan mencekik. Karena bisa mencapai 2-3 kali lipat harga kereta model control DC (analog). Selain kereta model yang di produksi oleh perusahaan marklin, masih ada kereta model jenis DC yang di produksi di beberapa Negara, diataranya adalah USA punya BachmannAthearn, dan Atlas sebagai contohnya. Sedangkan Eropa memproduksi lokomotif PikoFleishmann, dan Trix. Sementara itu Jepang dengan Kato-nya yang terfokus pada ukuran skala N.

beberapa contoh kereta model hasil produksi luar negeri :











SKALA PADA KERETA MODEL ATAU KERETA MINIATUR YANG ADA DI INDONESIA.

Pada dasarnya, kereta model yang ada di dunia ini memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, ada yang memakai skala N, Ho, G, dan S. tetapi, kereta model yang sering anda jumpai di Negara Indonesia ini menggunakan skala 1:80 (Ho). Dan pada dasarnya, kereta asli milik PT KAI yang ada di Indonesia ini tidak ada yang sesuai dan pas jika di ukur dengan ukuran semua skala, karena gauge rel yang ada di Indonesia tidak sesuai dengan rel kereta api yang ada di dunia. Standart yang dibuat untuk skala HO dan N berasal dari gauge dengan lebar 1.435mm (4ft, 8,5inc). Sedangkan untuk lebar rel yang ada di Indonesia adalah 1.067mm (3ft, 6inc) atau biasa disebut narrow gauge.

Gauge yang dipakai di Indonesia adalah gauge yang di ukur berdasarkan ukuran kereta api yang sudah ada sebelum Indonesia merdeka. Sehingga, jika di ukur sesuai kedetailan dan kepresisian kereta api bentuk asli, skala yang pas untuk kereta model Indonesia adalah skala 1:87 (H0n3) dengan susunan skala bogie sebagai skala N. sehingga banyak yang mulai kerepotan ketika akan menggabungkannya dengan kereta model yang ada di USA. Lebih jelasnya, kita akan menggabungkan susunan kereta model dengan 2 ukuran skala sekaligus.

Sebelum adanya pabrik miniatur kereta model dan miniatur kereta api di Indonesia, banyak yang menggunakan skala kereta apinya dengan ukuran 1:87 (Hon3). Dan semua berubah ketika pabrik Agung craft memproduksi miniatur kereta api dengan patokan skala 1:80 (Ho), dan agung craft mengalah pada skala bogie yang sedikit diperlebar sesuai dengan skala milik kereta api USA. Dari situlah banyak penggemar kereta model dan minaitur kereta api memproduksi hasil handmadenya dengan ukuran 1:80.

BERKUNJUNG KE PABRIK PRODUSEN KERETA MODEL DAN MINIATUR KERETA API

Setelah kita paham dengan definisi dari kereta model dan miniatur kereta api, sekarang kita akan berkunjung kepabrik kereta model ternama di Indonesia.

Kalau kita sudah berbicara tentang kereta model dan minaitur kereta api, akan sangat menarik jika kita datang langsung ke tempat produsen kereta miniaturnya. Apalagi jika kita bisa melihat langsung bagaimana proses pembuatan miniatur kereta api dari step by step. Berawal dari pemikiran seperti inilah saya ada niat untuk mencari dimana tempat produksi kereta api miniatur atau miniatur kereta api dengan ukuran skala ho. Karena tempat produksi kereta api miniatur ini cukup jauh, membuat saya tidak ada modal untuk berkunjung ke pabriknya. Selain itu, karena kesibukan saya sehari-hari, membuat niat saya untuk melihat lokomotif ini menjadi tertanggu. Maka dari itu saya menyuruh teman saya untuk berkunjung ke tempat dimana produksi kereta api model dan miniatur ini berada.

Pada hari minggu tanggal 24/7 2011 silam, bersama dengan rekan-rekan si-pencinta kereta model dan miniatur kereta api berangkat ke kota purwakarta dengan mengunakan KA Argo Parahyangan tepat pada pukul 07:30. Setelah kita sampai di stasiun kota bandung dalam waktu perjalanan kurang lebih 1 jam. ketidak beruntungan berpihak kepada kami karena pak fransnya sedang keluar untuk mencari kebutuhan rumah tangga. Setelah kita hubungi beberapa saat, pak frans menjawab bahwa beliu akan sampai dirumah pada jam 1 siang. Dan kita semua sepakat untuk kembali ke stasiun besar bandung guna melihat lalu lintas kereta api di stasiun tersebut. Keputusan ini kita ambil karena jauh lebih bermanfaat di bandingkan kita pergi ke tempat perbelanjaan atau tempat wisata. Karena kita masih bisa melihat dan mengukur spesifikasi lokomotif PT KAI untuk di jadikan miniatur kereta api.

Setelah kita sibuk dengan aktifitas di stasiun besar kota bandung, tidak terasa bahwa jam setempat menunjukkan waktu pukul 13:00 siang. Sehingga kami kembali ke-kediaman rumah bapak pak frans seketika itu pula. Setelah kita sampai di rumah pak frans, alhasil kita dapat menemui beliau tepat pada waktu yang telah di tentukan dan dugaan kita juga sudah tidak salah lagi. Karena beliu sedang sibuk membuat rankaian KRD railbus yang rencananya akan di resmikan di kota solo tercinta. karena kesibukan beliau kita semua menjadi sedikit tidak enak, mengingat karena beliau sedang seibuk merakit kereta model KRD railbus.

Karena kita datang dari jauh-jauh hanya untuk melihat produksi kereta model yang sedang pak frans rakit, beliu menyambut kita dengan sangat ramah dan sesekali beliau melanjutkan rakitan KRD railbusnya seorang diri. Mengingat karena hari ini adalah hari minggu, jadi para karyawan kereta model dan miniatur kereta apinya sedang libur dan hanya ada pak budi yang senantiasa membantu pak frans marakit KRD railfansnya

Mendengat cerita pengalam beliu sebagai perakit kereta miniatur dengan ukuran skala ho, pak frans sudah tergolong handmader cukup lama dan lihai dalam urusan kereta api. Pak frans memang focus memproduksi kereta model dan miniatur kereta api asli milik INDONESIA. Mulai dari jaman PT PJKA sampai PT KAI yang sekarang ini memproduksi Lokomotif CC 206. Pak frans memang sudah berpengalaman untuk masalah membuat kereta miniatur dan kereta model dengan berbagai series dan tipe. Sambil berbincang-bincang, sesekali kita juga di tunjukan beberapa hasil koleksi miniatur dan kereta model pribadinya maupun pesanan-pesanannya. Ketika saya melihat hasil produksinya, saya mulai tergiur dan terpesona ketika saya melihat diorama pegunungan dan bukitnya yang terlihat nyata.

Dari beberapa hasil koleksinya, pak frans juga menjual rangkaian kereta api dan gerbong dengan patokan harga mulai dari Rp 400.000 sampai Rp 800.000. sedangkan untuk patokan harga setiap lokomotif yang di produksi oleh pak frans juga beragam, mulai dari Rb 400.000 sampai seterusnya, bahkan sampai puluhan juta. Pada saat yang bersamaan, saya mulai tertarik dengan kereta model dan miniatur kereta api yang sedang diproduksi oleh pak frans dan sontak saya langsung memesan lokomotif CC 206 hasil karyanya beliau. Dengan harga 450 rb, saya sudah bisa melihat dan menikmati keindahan miniatur kereta api milik pak frans yang sangat detail sampai kedalam interiornya. Tetapi, terasa ada yang kurang jika tidak di tambahkan lampu interior dengan corak warna yang sama persis dengan bentuk aslinya. Pada saat itu pula saya meminta pak frans untuk memasang lampu interior dengan corak warna yang sama seperti bentuk aslinya.

Setelah saya melakukan pembayaran ke pak frans langsung, saya masih harus menunggu 1 minggu untuk proses pembuatannya, karena mengingat kesibukan pak frans bukan hanya karena satu lokomotif saya saja, melainkan masih ada ratusan lokomotif handmade yang musti pak frans kerjakan. Tetapi dari waktu yang sudah di tentukan oleh pak frans, saya rasa itu adalah waktu yang sudah cukup ideal untuk setiap satu lokomotif tanpa mesin. Apabila kita ingin menambahkan mesin pada lokomotif kita, maka kita akan menunggu lagi agar kereta api bisa di rollingkan di rel yang kita inginkan. Biasanya pak frans akan mematok harga 1juta ke atas untuk satu kereta model, dan 100rb sampai 150 rb untuk mesin dynamo railking. Dengan adanya mesin di setiap miniatur lokomotif kita, maka akan terlihat lebih menarik dan terkesan nyata karena lokomotif kita bisa berjalan dan menyala seperti lokomotif aslinya.

Setelah lokomotif hasil buatan pak frans sampai di rumah saya, saya langsung rollngkan direl railking dan kereta model saya dengan diorama yang saya buat meskipun tidak terlihat nyata. Setidak-tidaknya rasa keinginan saya untuk memiliki miniatur kereta api ini sudah terpenuhi dari jerih payah saya sampai ke kota bandung ini.

Setelah saya berjalan-jalan cukup lama di kota bandung, ternyata saya bertemu dengan rekan saya yang juga pemain kereta model dan miniatur kereta api, dari situlah saya mulai beranggapan bahwa peminat kereta miniatur dan kereta model sangatlah banyak untuk kalangan hobbiers (hobi miniatur). Dia juga tidak mau ketinggalan dengan pesanan lokomotif CC 201 45 dan BB 304 32 yang akan dia pasang di kereta model ukuran Ho. Biasanya, para hobbiers akan menambahkan tambahan mesin control DC (kamod atau kereta model) agar lebih terkesan asli. Karena harga dari satu buah kereta model ini cukup tinggi, membuat saya harus menabung dulu agar keinginan saya tercapai. Harga yang di patok untuk satu kereta model dengan cangkang yang kita inginkan, biasanya berkisar 1,7 juta an sampai 4,7 juta. Ya kita kembalikan lagi dengan tujuan dan misi kita. Harga mah belakangan.

KOMUNITAS KERETA MODEL DAN MINIATUR KERETA API

ANAK KERETA MODEL : WADAHI KOMUNITAS PENCINTA KERETA MINIATUR
Mengapa sampai ada yang dinamakan dengan mewadahi para pencinta miniiatur kereta api?. Pada dasarnya, miniatur kereta api hanya di gunakan dan difokuskan untuk anak-anak di bawah umur sampai sedikit dewasa, yang dimana pada akhirnya akan berantakan dan tercecer atau terpisah dari badan satu kebadan yang lainnya, dan itupun kalau tidak terpisah-pisah entah sampai kemana. Tetapi hal itu sudha tidak berlaku lagi bagi para komunitas pencinta kereta model dan miniatur kereta api yang ada di bawah naungan anak kamoder.

Yang dinamakan dengan istilah Kamoders Indonesia adalah sebuah komunitas dimana para pencinta kereta api railking, miniatur kereta api, dan kereta model skala Ho berkumpul menjadi sebuah organisasi atau kelompok dalam suatu hobby. Komunitas kamod ini biasanya berkumpul di berbagai wilayah dengan julukan atau nama yang berbeda-beda. Adapun yang membuat komunitas kamoders atau miniatur kereta api ini di dalam social media seperti facebook dan kaskus, dan Salah satunya komunitas kamod di daerah bandung yang sampai saat ini masih terkenal dan eksis sejak tahun 1990-an terletak di jalan sentra raya, nomor 21, cimahi, bandung.

Jenis-jenis kereta api model (kamod) dari setiap kamunitas memiliki tipe dan model yang bermacam-macam. Diataranya ada yang mempunyai lokomotif model Uap (steam), Diesel, dan listrik. Mereka-mereka yang memiliki jenis-jenis kereta model ini, mendefinisikan setiap keretanya dengan tujuan yang berbeda-beda. Seperti focus ke detailing, kecepatan, suara, ataupun diorama. Menurut salah satu pencinta kereta model di daerah bandung ini, ada yang mengutamakan diorama pada area kereta model dan miniatur kereta api dengan memanfaatkan pemandangan bukit (gunung), jurang, bahkan sampai terowongan. Ada juga yang mengutamakan ke detailing lokomotif, seperti cat, logo, pagar, nomor, dan lampu interior. Selain itu, ada juga yang sampai mengutamakan jenis suara, klakson, dan sampai bunyi kereta ketika berjalan pada diorama kereta model. Detail kabin masinis pun juga tidak terlewatkan ketika lokomotif sedang di produksi. Seperti : seorang masinis, karyawan, dan uap yang bisa berhembus seperti layaknya lokomotif diesel ketika di rollingkan.

Salah satu kamoder yang ada di komunitas kamod bandung yang bernama fauzi mengaku, kalau mereka sengaja mengaktifkan kegiatan pameran ini guna untuk mengenalkan ke-masyarakat tentang apa itu kereta model, miniatur kereta api, dan kereta api railking. Mereka sering memamerkan kereta model dan miniatur kereta apinya di berbagai daerah seperti graha siliwangi, bandung. Pada 15/4/2016 yang lalu.

Sebelum adanya para pembuat (handmaders) kereta model dan miniatur kereta api yang sudah marak di kemunitas pencinta kereta railfans, para pencinta kereta model mulai mengkoleksinya bedasarkan hasil produksi ternama milik luar negeri. Sehingga, mereka memang sengaja meng-import barang dari luar negeri untuk memiliki sebuah kereta api dalam bentuk kereta model. Setelah mereka berhasil mengimport salah satu barang hasil dari luar negeri, mereka mulai berinovasi dengan mengembangkan bentuk cangkang dan karakter kereta apinya menggunakan bentuk dan model kereta api Indonesia. Dari situlah awal mulanya ada julukan pembuat cangkang kereta api dengan sebutan handmader. Salah satu contohnya adalah agung craft dan adi wahyudin, dimana mereka memproduksi kereta miniatur dan kereta model yang terfokus pada cangkang kereta api. Seperti cangkang lokomotif CC 201, lokomotif CC 206, dan lokomotif CC 203.

Setelah adanya inovasi dengan membuat cangkang kereta model dengan tipe atau series kereta Indonesia, mereka mulai menggabungkan dan memasangnya di kereta api produksi luar negeri. Contoh hasil produksi luar negeri adalah : Bachmann, athearn, kato, dan masih ada banyak lagi. Karakteristik dari setiap kereta model hasil produksi luar negerinya pun juga bervariasi, mulai dari ukuran rel skala Ho (1:87), Hon3 (1:87), N (1:160) dan masih banyak lagi. Untuk kereta model yang sudah marak di Negara Indonesia, sudah terfokus dengan ukuran miniatur pada skala 1:80, meskipun skala yang cocok untuk kereta asli Indonesia adalah 1:87.

Tujuan dari para pencinta kereta model dan miniatur kereta api yang menggunakan ukuran skala 1:87,  karena mereka menyesuaikan ukurannya dengan skala milik kereta model produksi luar negeri. Agar nantinya, cangkang yang telah di produksi oleh para handmader, terlihat pas atau cocok ketika dipasangkan di lokomotif kereta modelnya. Tetapi, juga tidak sedikit yang membuat kereta model dan miniatur kereta api di skala 1:87, dengan tujuan untuk detail kereta model dan miniatur kereta api yang pas dengan bentuk aslinya. Kita kembalikan dengan tujuan aslinya, mereka mengutamakan ke detailing atau ke sifat proporsionalnya (pas dilihat). Kalau kita terfokus dengan bentuk dan detailingnya, maka kita harus rela tidak dipasangin mesin kereta model milik luar negeri, tetapi jika kita focus ke sifat proporsionalnya (enak dilihat) maka kita harus mengalah pada bentuk dan ukuran skalanya.

Harga dari setiap kereta model dan miniatur kereta api juga beragam dan bervariasi, mulai dari yang harga 1 juta sampai 21 juta keatas. Menurut salah satu anggota kemunitas pencinta kereta model Indonesia yang terletak di kota bandung, mereka menawarkan harga kisaran Rp 300.000 sampai 1,7 juta. Harga yang paling murah ini biasanya hanya dalam bentuk kosongan (tanpa mesin) alias hanya bisa dijalankan dengan bantuan tangan, atau bisa saja kita memodifnya dengan menambahkan media baterai dan dynamo agar bisa berjalan seperti mainan anak kecil.

Untuk setiap kereta model yang sering kita lihat ini, tidak hanya terpatok pada satu lokomotif saja, melainkan masih ada tambahan gerbong. Gerbongnya pun juga bervariasi, ada yang dibuat dengan model gerbong kereta ekonomi, ekpress, dan kereta listrik. Biasanya, untuk harga setiap patokan gerbong yang dimiliki komunitas kereta model bandung ini, tidak jauh berbeda antara bentuk satu dengan bentuk yang lainnya. karena setiap gerbong hanya di bedakan pada warna cat dan pola jendela yang bervariasi. Roda dan lampu interior yang ada pada gerbong kereta model skala Ho ini juga tidak terlewatkan, para handmader akan menambahkan lampu yang sekiranya terlihat seperti bentuk aslinya. Roda yang terpasang pada gerbong kereta api ini juga bervariasi, mulai dari roda yang terbuat dari plastik dan ada juga yang terbuat dari metal (logam). Biasanya, para pencinta kereta model yang menggunakan gerbong dengan roda metal, bisa di aliri listrik agar lampunya bisa menyala ketika lokomotif di rollingkan (dijalankan).

Dalam dunia kereta model di Indonesia, mereka juga tidak akan lepas dengan tambahan diorama (layout) pada jalur rel kereta model. Layout itu akan berisi tambahan bukit, jembatan, stasiun, dan masih banyak lagi. Menyusun layoutpun juga tidak mudah lo guys, karena membutuhkan konsentrasi penuh agar layout terliaht seperti diorama aslinya. Mulai dari pemasangan rumah, pohon, rumput, atupun perlintasan jembatan.

Setelah kita memahami apa saja yang wajib ada didalam dunia kereta model dan miniatur kereta api, kereta model yang ada di dalam kemunitas bandung ini juga mebutuhkan yang namanya control. Setiap control juga terbagi menjadi 3 tipe, control DC, DCC (digital), dan control AC. Semua itu tergantung dari tujuan dan model yang akan di pakai, biasanya, para pencinta kereta model yang menggunakan control digital (DCC) jauh lebih mahal dibandingkan dengan control DC biasa (analog), seperti apakah itu? Mari simak artikel di bawah ini.

APA ITU Kontrol DC dan Digital yang ada di kereta model.

Karena semakin berkembangnya kereta model dan miniatur kereta api yang ada di seluruh dunia ini, membuat beberapa system di perkereta apian di Indonesia pun juga ikut berkembang dan bertambah menjadi lebih canggih, diataranya adalah system control yang sedang marak dengan model system digital. System control digital yang di gunakan untuk kereta model dan miniatur kereta api ini juga sudah ramai dipasaran kereta api Indonesia railfans. Model dan system perkereta apian di luar negeri juga tidak kalah saing dengan memproduksi system control yang menggunakan data digital dengan menambahkan beberapa tambahan fitur seperti klaskson dan model lampu sorot pada kereta api.

Para pencinta kereta model dan miniatur kereta api yang masih baru, juga akan di hadapakan di kedua permasalahan ini. Gundah gulana ketika akan membangun diorama kereta api miniatur juga akan di hadapi oleh para pencinta kereta model yang masih tergolong baru. Berbeda dengan para senior miniatur kereta api dan kereta model indonesia yang sudah senantiasa menikmati kerumitan system control analog pada kinerja kereta model dan miniatur kereta api.

YANG MENJADI PERTANYAAN SEKARANG ADALAH : APA YANG MEMBEDAKAN ANTARA CONTROL ANALOG DENGAN CONTROL DIGITAL?

KONTROL ANALOG

System control analog yang sering  di gunakan untuk kereta model ketegori pemula adalah system pergerakan kereta api dengan men supply listrik dari adapto menuju rel kereta api. Listrik yang mengalir ke rel kereta api api ini, berguna untuk menggerakkan motor (dynamo) yang ada di dalam badan lokomotif. System pergerakan ini menggunakan system perubahan voltage yang ada di bagian adaptor (control DC) tadi. Perubahan voltage ini berguna untuk mempercepat atau memperlambat laju kereta api sesuai dengan apa yang kita inginkan. Apabila kita mengurangi voltage yang ada di dalam adaptor atau control, maka kereta api akan berjalan pelan dan hamper berhenti. Tetapi jika kita menambah voltage yang ada di dalam adaptor DC tadi, maka kereta api akan melaju lebih cepat.

Selain kita bisa mempercepat atau memperlambat laju kereta api, kita juga bisa merubah arus listrik yang ada di dalam adaptor, yaitu dengan merubah arus (positif) menjadi (Negatif). Dalam hal ini, lokomotif yang awalnya berjalan maju akan berubah berjalan mundur akibat arus listrik yang kita balik tadi. Untuk pencinta kereta model yang masih tergolong baru, system control digital ini sudah bisa dikatakan memenuhi syarat. Karena lokomotif sudah bisa maju mundur seperti kereta api aslinya. Ditambah kita bisa mengkontrol laju dan pergerakan kereta apinya sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Apabila kita memiliki sebuah layout kereta model dengan jumlah lokomotif lebih dari satu, maka kita membutuhkan lebih dari 1 kontroler juga. Mengapa bisa begitu? Karena setiap satu control analog yang kita gunakan pada permainan kereta model, satu kontrol hanya berguna untuk satu lokomotif saja. Sehingga, jika anda memiliki lebih dari satu lokomotif dalam satu layout, anda juga harus menambahkan lebih dari 1 kontrol lagi. Dan juga, anda harus membuat rel terbagi menjadi lebih dari satu bagian dan masing-masing blok kereta model juga diatur oleh setiap control. Hal ini berguna untuk memudahkan perjalanan kereta model agar berjalan lebih lembut dan nyaman.

Dengan catatan, kalau lokomotinfnya lebih dari satu dalam setiap layout

Keunikan yang dipakai untuk kereta model dengan system analog ini lebih terlihat nyata dan asli ketimbang kita menggunakan kereta model dengan system digital. Mengapa saya bisa bilang begitu? Kerena system kerja kereta api di Indonesia, menggunakan system yang hampir mirip dengan system kereta model yang menggunakan control analog. Salah satunya adalah, lokomotif yang sedang beroperasi akan berjalan satu demi satu, tidak berjalan bersamaan dan saling simpang tindih. Hanya saja, kita akan membutuhkan lebih kontroler jika kita memiliki banyak lokomotif. Selain itu, hanya para pemain kereta model yang handal saja kalau masih menggunakan control analog dalam satu layout dengan banyak lokomotif. Karena mereka harus paham dan lihai dalam mengatur setiap control untuk satu lokomotif.

SISTEM DIGITAL

Untuk kereta model yang menggunakan system control digital pada lokomotifnya, pola pelistrikan yang ada pada control digital juga tidak jauh berbeda dengan control yang ada di lokomotif analog (DC). Control akan tetap mensupply listrik menuju lokomotif menggunakan jalur rel yang terbuat dari metal (bisa terbuat dari nikel silver, bisa juga terbuat dari brass). System kinerja control digital ini, biasanya terdapat beberapa tambahan button atau tombol yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Pengembangan dari system digital ini, terdapat beberapa pulsa jaringan ip yang mengarah ke ip decoder yang terdapat di dalam badan lokomotif. Setiap lokomotif yang mempunya tambahan decoder di dalam kereta apinya, maka kereta api tersebut pasti memiliki satu ip address yang akan terbaca di dalam control digital. Control digitalnya pun juga akan membaca dari semua kereta api yang di satu layout, dengan begitu lokomotif akan bisa di gerakkan secara bersamaan dalam satu layout. Menariknya, satu control digital mampu membaca lebih dari 50 unit lokomotif, bahkanlebih. Biasanya, dalam satu unit control digital mamiliki 9 button atau tombol yang berfungsi sebagai, suara klakson, lampu kedap kedip, lampu sorot, suara coupler (penyambung), dan masih banyak lagi. Ketika lokomotif yang ada di layout anda ada 5 unit, maka akan terlihat menarik jika semuanya memiliki fitur yang yang berbeda-beda ketika di rolliingkan.

Kesimpulan
Jika kita tela’ah dari system kereta model yang sudah berkembang ini, pilihan untuk menggunakan control digital sudah cukup baik bagi seorang pemula. Tetapi harga dari satu control digital tidak seperti harga dari control analog, mulai dari yang 1,9 sampai 10 juta ke atas. Kita kembalikan lagi ke pilihan perseorangan, apabila budget menjadi salah satu kendala untuk kereta model yang minim, maka saya sarankan untuk menggunakan lokomotif Bachmann yang bertipe analog DC. Dimana lokomotif ini sudah bisa berjalan maju mundur dengan tambahan fitur lampu kabin yang sudah menyala seperti lokomotif aslinya aslinya.

Mungkin sampai disini dulu ya artikel tentang kereta model dan miniature kereta api murah yang bisa saya bagikan ini, untuk artikel tentang kereta model dan miniature kereta api dalam bentuk lokomotif atau gerbong, tunggu artikel selanjutnya.
Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.


1 komentar:

  1. Perlu Di beri tambahan keterangan apa Dana yang ada Di kereta API, misalnya Kepler itu apa, bogie itu apa

    BalasHapus

kereta model, miniatur kereta api, jual kereta api miniatur, toko kereta model, toko kereta api miniatur, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, kereta model malang, miniatur kereta api lembang, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, jual kereta model malang, kereta model skala ho, kereta model skala 1/80