DINAS KERETA API LOKOMOTIF CC 201 PADA DIPO SUMATERA || LOKOMOTIF cc 201 SKALA MINIATUR DAN SKALA HO - kembali ke pembahasan tempat dinas lokomotif CC 201 yang sedang beroperasi tepat di daerah Sumatera ini. pada tahun 2017 ini lokomotif CC 201 yang sekarang terletak di daerah Sumatera Utara, sistem pengoperasiannya di kabarkan akan lebih mengarah ke angkutan barang. angkutan barang itu tidak lebih dari angkutan Minyak sawit dan peti kemas.
baca juga : TEMPAT DINAS LOKOMOTIF CC 201 PADA MASA KEJAYAANNYA || LOKOMOTIF MINIATUR SKALA HO
pada wilayah drive II yang juga terletak di sumatera bagian Barat, rencananya akan di gunakan untuk menarik kereta api Klinker kayutanam. kehadiran lokomotif CC 201 ini adalah lokomotif pertama yang hadir di wilayah sumatera dengan model Gandar C-C. dan pada saat lokomotif ini ada di sumatera, tepat setelah 64 tahun lokomotif jenis C-C membuka rel pada wilayah Sumatera Barat.
Terakhir, di wilayah Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang, lokomotif CC201 diatur kedinasannya untuk menarik KA Penumpang sebagai berikut:
- S1-S2 Limeks Sriwijaya (Kertapati-Tanjungkarang pp) kelas bisnis-eksekutif
- S3-S4 Sindang Marga (Kertapati-Lubuklinggau pp) kelas bisnis-eksekutif
- S5-S6 Bukit Serelo (Kertapati-Lubuklinggau pp) kelas ekonomi PSO
- S7-S8 Rajabasa (Kertapati-Tanjungkarang pp) kelas ekonomi PSO
untuk kereta api barang yang berdinas lokomotif CC 201, diatur seperti berikut :
- 3151-3152 Angkutan BBM Kertapati-Lahat pp
- 3153-3154 Angkutan BBM Kertapati-Lubuklinggau pp
- 3155-3156 Angkutan BBM Kertapati-Tigagajah pp
seperti yang terjadi pada kereta api barang angkutan semen dan klinker / sejenisnya, sudah menggunakan lokomotif CC 204 generasi ke II untuk menggantikan peran dari lokomotif CC 201 sebagai lokomotif penarik yang sudah beroperasi selama ini. desas desus, lokomotif CC 201 ini sudah tidak mendapatkan jatah lagi untuk manarik gerbong barang atau penumpang baik di dipo kertapati, PT Tanjung Enim Lestari ataupun sebagai lokomotif cadangan.
baca juga : LOKOMOTIF CC 203 DAN 204 "lokomotif si hidung hiu" hasil modif BB203 skala ho / miniatur
Khusus untuk lokomotif CC201 yang pada saat ini dimiliki oleh dipo Tanjungkarang hanya dipergunakan untuk dinas KA lokal (Seminung dan Way Umpu) relasi Tanjungkarang-Kotabumi dengan formasi CC201+1 K2+1 K3+1 KMP3/MP2 dikarenakan sarana KRDI masih dalam perawatan dan perbaikan. Dalam proses pemantauan berlanjut, CC201 yang biasanya berdinas sebagai lokomotif KA lokal antara CC2018351 dan CC2018355 tidak menutup kemungkinan kedua lokomotif tersebut digunakan sebagai lokomotif untuk manarik kereta penumpang jarak jauh yang di berangkatan dari stasiun Tanjungkarang (Limeks Sriwijaya/Rajabasa). Selain itu lokomotif cc 201 ini juga didinaskan sebagai KA kerja pengangkut material (batu balas, rel dan wesel) yang di berangkatkan dari Stasiun Rejosari.
Sementara itu CC2018342 dan CC2018356 hanya digunakan sebagai lokomotif langsir baik di area dipo lokomotif Tanjungkarang ataupun dipo gerbong Rejosari sejak pemberlakuan aturan lokomotif berkabin tunggal atau yang memiliki jumlah satu meja layanan dan tidak diizinkan berdinas untuk jarak jauh. terkecuali bila ditandem dengan posisi ujung pendek-ujung panjang (membentuk arah kabin seperti pada lokomotif berkabin ganda), seperti halnya lokomotif CC202 dan CC205.
pada Saat ini CC2018356 sedang menjalani Perawatan Akhir di dipo BY Lahat bersama CC2018339 dan rencananya kedua lokomotif ini akan mendapatkan meja layanan cangkokan dari CC2018911 yang sudah di musiumkan akibat PLH "adu banteng" saat menghela KA SCT dengan KA Babaranjang dengan lokomotif CC202 double traksi tahun 2012 lalu di petak Penimur-Niru, Muara Enim.
---------------------
kesimpulan
jika anda menginginkan lokomotif jenis CC 201 dalam bentuk Miniatur atau kereta model skala HO, bisa hub : 085-100-675-165
0 komentar:
Posting Komentar