Mengapa bisa dikatakan sebagai pernak-pernik?
Karena kereta api ini sendiri, adalah hasil buatan dan
rancangan perusahaan luar negeri. Dimana hanya terdapat 1 tipe jenis lokomotif
yang bernomor series CC300 yang dibuat dari hasil karya anak bangsa. Selain itu,
kereta api yang ada di Indonesia adalah kereta api hasil import dari luar
negeri.
Tetapi, meskipun kereta api yang ada di Indonesia adalah
hasil buatan luar negeri. Tetapi asesoris dan perlengkapan alat berat yang
digunakan untuk sarana perkereta apian Indonesia adalah hasil buatan anak
bangsa. Dimana perusahaan tersebut adalah PT Barata (Persero).
Perusahaan ini adalah sebuah perusahaan milik Negara Indonesia,
yang memproduksi berbagai macam alat berat yang salah satunya berhubungan
dengan kereta api. Beberapa diantaranya adalah perlintasan kereta api, rel, dan
bahkan membuat sebuah bogie lokomotif.
Pada dasarnya, Perusahaan BUMN Barata ini memang memproduksi
beberapa komponen kereta api yang tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan
pasokan kereta api. Dikarenakan kereta api Indonesia masih menggunkan jenis
gauge yang ukurannya sama dengan gauge jepang. Sedangkan badan lokomotifnya
menggunakan mesin buatan amerika. Sehingga, perusahaan Barata ini membuat
sebuah komponen yang tujuannya untuk menyamakan dengan kondisi lokomotif yang
sedang dipakai.
Perusahaan BUMN Barata ini dibangun pada tahun 1901, dimana
perusahaan ini awalnya adalah perusahaan milik belanda, dan di bangun guna
memenuhi kebutuhan perkereta apian Indonesia. Selain itu, meskipun perusahaan
barata ini milik Negara Indonesia, tetapi perusahaan ini juga mengeksport
pasokan komponen kereta api hingga ke meksiko dan amerika serikat.
Direktur perusahaan barata ini juga mengatakan, bahwa bogie
dan roda yang dibuat oleh perusahaan tersebut juga di eksport untuk memenuhi
kebutuhan pasokan kereta api yang ada di amerika dan meksiko, bahkan sampa ke Negara-negara
lainnya. Dan setidaknya sudah ada 4 negara di dunia yang mengimport komponen
kereta api dari hasil buatan PT Barata Persero. Kemungkinan besar dikarenakan
hasil pembuatan komponen kereta api ini memang sangat berkualitas yang membuat
PT Barata masih tetap mengeksport barang tersebut hingga ke manca Negara.
Tidak hanya di luar negeri, di Indonesia pun pasokan untuk
komponen kereta api juga sangat besar. Terlihat dari beberapa pembangunan
kereta api yang hingga saat ini masih terus berkembang dan semakin banyak. Sehingga,
dengan adanya PT Barata Persero ini membuat pasokan kereta api Indonesia menjadi
semakin melimpah.
Salah satu halnya pembangunan infrastuktur kereta api yang
ada di Palembang. Dengan adanya pembangunan tersebut, PT Barata Persero juga
membuat sebuah komponen kereta api, yang rencananya akan digunakan untuk
kebutuhan kereta api di kota Palembang. Terlebih-lebih didaerah Jakarta, yang
status perkereta apiannya semakin padat dan semakin berkembang.
Untuk wacana dari pembangunan jalur kereta api yang ada di Indonesia,
memang membutuhkan pasokan dana yang semakin besar. Dimana pembangunan ini
melibatkan beberapa pasikan bahan yang sifatnya sangat dibutuhkan. Karena sebelum
adanya penambahan unit kereta api Indonesia, yang perlu dibangun adalah
perlintasannya dulu, kemudian disusul dengan kereta api yang didatangkan
langsung dari perusahaan general elektrik atau dari KRL jepang.
Ketika Indonesia telah menghadirkan sejumlah kereta KRL
dengan buatan komponen asli PT Barata Persero, kemungkinan besar Perusahaan
tersebut juga akan memasok komponen kereta cepat yang diproduksi dari Negara cina.
Kerena dengan adanya kereta cepat ini, transportasi kereta api di Indonesia akan
semakin baik dan semakin berkembang. Terlihat dari beberapa kereta api yang ada
di Negara-negara maju yang sudah beralih ke kereta cepat dibandingkan kereta
KRL. Tetapi masih tetap saja untuk pasokan gerbong barang dan gerbong jarak
jauh menggunakan kereta diesel dibandingkan dengan kereta listrik.
Menurutnya, untuk kereta cepat ini masih dalam wacana. Untuk
kapan dan penempatannya masih belum tau hingga saat ini. Dipastikan penggunaan
kereta cepat akan segera di rilis dan pihak perusahaan barata persero harus
lebih cepat dalam pembuatan segala macam komponen kereta cepat.
Sekian dan salam pencinta kereta model dan miniatur keretaapi
0 komentar:
Posting Komentar