miniatur kereta api - Bagi masyarakat tinggal di daerah sumatera dan jawa, pastinya sudah tidak asing lagi dengan media transportasi yang dinamakan dengan kereta api. Dimana transportasi ini setiap harinya terlihat beroperasi ke segala penjuru. Transportasi Kereta api ini sendiri, adalah jenis angkutan umum yang dapat mengangkut segala macam jenis benda dalam jumlah yang sangat besar, hampir seperti transportasi pesawat dan kapal laut. Benda itu tidak lain halnya seperti manusia, barang, pupuk, dan minyak. Itulah sebabnya, transportasi kereta api bisa dikatakan jenis angkutan darat yang mampu menampung kuantitas benda dalam jumlah yang sangat besar.
Tanpa kita sadari, setiap tahunnya transportasi kereta api telah bekerja sama dengan pihak perusahaan dalam mengembangkan pasar ekonominya. Seperti perkonomian pupuk, minyak, pulp, dan batubara. Itulah sebabnya bapak presiden kita tercinta (Joko Widodo) mengharapkan perkembangan kereta api di segala penjuru, dimana lokasi tersebut adalah lokasi yang dipenuhi dengan beberapa perusahaan yang melibatkan angkutan barang. Seperti di Kalimantan, papua, Sulawesi dan masih banyak lagi.
Rencana tentang pembangunan media transportasi di pulau-pulau tersebut, sudah ada sejak tahun 2014 yang lalu, diantaranya adalah sebagai berikut.
Kereta Api di Sulawesi
kereta model - Pembangunan media transportasi yang terletak di pulau Sulawesi ini, dimulai sejak pada tanggal 13 november 2015 yang lalu. Dimana tahap pembangunan pertama adalah rute Makassar menuju pare pare. Menurut data statitik yang disampaikan dari beberapa pihak perkereta apian Indonesia, gauge yang akan dipasang di wilayah pulau Sulawesi, akan menggunakan ukuran gauge gandar standart seperti yang ada di luar negeri, yaitu dengan lebar gauge 1.435 mm. tidak seperti di wilayah jawa dan sumatera, dimana gauge yang dipasang hanya menggunakan lebar 1.067 mm. dari lebar gauge yang berbeda ini, akan memberikan positif dan negative di perkereta apian Indonesia. Karena akan sangat merugikan dan membingungkan perkereta apian indonesia jika memiliki gauge berbeda antara wilayah satu dengan wilayah yang lainnya.
Dampak Negatif – lokomotif dan gerbong yang sudah diproduksi oleh PT INKA di kota madiun ini, tidak akan bisa berdinas di wilayah pulau Sulawesi, karena memiliki lebar gauge (rel lintasan & lebar roda) yang lebih kecil dibandingkan dengan gauge yang ada di Sulawesi
Sedangkan dampak Positifnya – kereta api yang berada di jaluur gauge yang lebih lebar (gauge standart) akan jauh lebih kuat, memiliki kapasitas angkut lebih besar, dan kecepatan yang lebih maksimal dibandingkan dengan gauge yang kecil seperti di pulau jawa dan sumatera. Hal ini terlihat seperti lokomotif CC 205 yang masih kalah cepat dengan lokomotif Dash 9 seperti di amerika, meskipun pada dasarnya kedua lokomotif ini memiliki daya kekuatan yang sama dan dibuat di pabrik yang sama pula.
Tipe rel kereta api yang akan dipasang di wilayah pulau Sulawesi, akan menggunakan jenis rel R60. Dimana rel jenis ini mampu menampung beban gandar dan loko mencapai 25-30 ton. Jauh lebih kuat dibandingkan dengan beban yang ada di wilayah sumatera dan jawa.
Pada tanggal 25/11/2015 yang lalu, presiden joko widodo langsung memantau perkembangan proyek kereta api yang ada diwilayah Sulawesi dan menuturkan bahwa proyek kereta api ini akan langsung di percayakan kepada PT KAI sebagai operator. Selain itu, PT KAI juga diperintahkan untuk mengambil keputusan dalam masalah proyek pembangunan kereta api Sulawesi.
Kereta api Kalimantan.
Kereta api Kalimantan ini, sebenarnya adalah keinginan dari Rusian railways. Dimana perusahaan ini memanfaatkan kesempatannya untuk berinvestasi dan membentuk sebuah anak perusahaan yang di namakan Kereta Api Borneo. Bukan hal yang aneh sih, karena kebanyakan perusahaan yang ada di Kalimantan, hampir menjadi tradisi kalau dikelola langsung oleh perusahaan luar negeri. Terlihat dari beberapa perusahaan batubara dan minyak yang dikelola dengan atas nama sebagai perusahaan luar negeri.
Meskipun Perkereta apian Borneo ini dikatakan sebagai investasi perusahaan Rusia, tetapi ini tidak sepenuhnya milik Russia. Karena hampir 50 pelajar dari wilayah Kalimantan, langsung disekolahkan di perkereta apian ternama yang berada di Russia. Ini berguna untuk menjadikannya staf dan atasan perkereta api Borneo dalam mengambil keputusan dan tindakan lalu lintas kereta api.
Kereta api yang akan ditempatkan di pulau Kalimantan, rencananya akan dipergunakan untuk proyek pembanguna dan pengiriman barang, seperti kayu, batubara, minyak, dan hasil hutan lainnya. Untuk angkutan penumpang, sepertinya sudah tidak asing lagi bagi sarana transportasi kereta api. Karena sudah bisa dipastikan transportasi kereta api akan gunakan sebagai alat transportasi umum, yaitu angkutan penumpang.
Untuk lebar gauge yang akan digunakan disarana perkereta apian Kalimantan, akan menggunakan lebar gauge standart (1.435 mm). dikarenakan media transportasi kereta api yang ada di Kalimantan membutuhkan gauge yang lebih besar, karena menyesuaikan kebutuhan dan tujuannya.
Kereta Api Papua
Pembangunan kereta api papua ini, berbeda pemikiran dengan pihak PT KAI. Menurut ketua PRC (Papua Resource Center), mengatakan bahwa pembangunan sarana kereta api di pulau papua ini masih belum bisa memenuhi perkembangan transportasi di wilayah tersebut. Karena masih minimnya kebutuhanan sarana lainnya yang masih dibutuhkan warga papua. Seperti kebutuhan listrik, akses jalan, bahan bakar, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Tetapi bapak presiden joko widodo masih tetap optimis, karena pembangunan sarana transportasi kereta api ini akan berjalan di tahun 2016 yang lalu. Karena di pemikiran bapak joko widodo, dengan adanya transportasi kereta api di wilayah papua, akan memberikan dampak positif tentang kebutuhan pokok warga papua. Sekian.
kereta model, miniatur kereta api, jual kereta api miniatur, toko kereta model, toko kereta api miniatur, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, kereta model malang, miniatur kereta api lembang, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, jual kereta model malang, kereta model skala ho, kereta model skala 1/80
0 komentar:
Posting Komentar