REPLIKA KERETA UAP DARI KOTA SOLO, SARANA UNTUK MENGELILINGI KOTA SOLO - hay bro, bertemu lagi di blog saya yang berisi tentang artikel-artikel menarik yang berhubungan dengan kereta api model dan kereta api miniatur dengan ukuran skala HO. tema artikel kali ini saya akan membahas tentang kereta api yang berjenis replika atau sejenis lokomotif yang dibuat sebagai pajangan 'entah bisa bergerak atau tidak' dan replika ini di tujukan bagi para pencinta kereta api.
baca juga : SEJARAH LOKOMOTIF BB 300 DI INDONESIA || LOKOMOTIF INDONESIA SKALA HO DAN MINIATUR
dua gerbong yang digunakan sebagai pengangkut penumpang ini terbuat dari bahan dasar kayu jati yang memiliki kapasitas sebanyak 80 orang. gerbong ini diciptakan tepat pada tahun 1906 dengan bentuk kursi yang memanjang di kedua sisi dan terdapat kursi yang membentuk saling berhadapan.
kereta uap bentuk replika-an ini mampu membawa penumpang dari stasiun Purwosari melewati jln Slamet Riyadi yang akan menuju ke Stasiun Sangkrah dengan jarak tempuh 6 km. waktu perjalanan yang akan di tempuh juga saat menggunakan replika kereta api ini berkisar 3-4 jam.

yang lebih menarik lagi ketika kita menaiki replika lokomotif ini adalah, kita akan diiringi lagu-lagu tradisional asli kota solo yang akan meningkatkan suasana tamasya kita. alat musik itu diantaranya adalah kecapi, siter, dan akan di tambahkan para sinden-sinden yang akan melantunkan lirik-lirik dari lagu tradisional tersbut. lagu itu bisa ditampilkan dalam bentuk lagu keroncong atau bisa lagu langgam.
baca juga : GELAR "SAKTI" DAN "MISTERIUS" YANG TERDAPAT PADA KE-5 LOKOMOTIF INDONESIA || MINIATUR LOKOMOTIF INDONESIA SKALA HO
sambil meningkmati penjalanan, para penumpang juga akan mendengarkan lagu-lagu seperti caping gunung, kuto solo, dan suwe ora jamu. tujuan adanya pelantun ini, mampu meningkatkan nuansa berwisata di kota solo dengan tradisi yang sangat kental dan karagaman budayanya. selain di dapati lantunan-lantunan lagu yang cukup merdu, penumpang juga di sajikan beberapa makanan khas asli solo diantaranya : klepon, jajanan pasar, dan onde-onde.
tetapi, tidak semua waktu bisa di jalankannya kereta uap ini. karena, kita harus menyesuaikannya dengan jadwal PT KAI yang pada saat itu juga ikut berdinas, terutama pada stasiun Purwosari. selain harus menyesuaikan waktu dengan PT KAI, kereta api uap ini tidak bisa di naiki secara perorangan. dan juga, kereta uap ini hanya berdinas di hari sabtu dan minggu saja. tetapi, tidak menuntuk kemungkinan kalau lokomotif ini akan beroperasi di luar hari sabtu dan minggu.
untuk harga paket pejalanan yang akan ditempuh juga ada beragam, mulai dari 25 orang, 35 orang, dan 80 orang. sesekali akan di dapatkan nominal 3.250.000 untuk 80 orang. sedangkan untuk paket 25 orang, hanya akan di bayar dengan harga 250 rb per-orang, sedangkan untuk paket 35 orang, akan di tarik dengan harga 290 rb per-orang.
harga ini bukanlah harga yang terlalu mahal. karena, untuk sekali menjalankan kereta uap, membutuhkan 3 kubik kayu jati yang akan di gunakan sebagai bahan bakar lokomotif. jikapun ada yang mengatakan bahwa harga untuk naik lokomotif ini terlalu mahal, harganya sebanding kok dengan pengalaman yang akan anda dapatkan. karena, jarang-jarang kita bisa menaiki kereta uap dengan bentuk yang sama persis seperti pada tahun 1898.
lokomotif ini memang sudah di tanggung jawabkan kepada kota solo sebagai pengoperasi kereta uap, tepat pada 27 september 2009. dan lokomotif steam yang ber-operasikan sejak tahun 2009 ini, hanya mampu menarik gerbong dengan jarak 6 km saja. lokomotif Steam uap ini memang di buat dan sudah di operasikan sejak penjajahan Belanda pada tahun 1927. dan ketel uap yang awalnya adalah milik Belanda, sudah di ganti dengan ketel uap asli milik Jerman, dan ditambahkan 2 gebong kereta api yang juga asli buatan jerman.
setelah kereta api ini tidak dioperasikan sejak tahun 1958, lokomotif ini mulai disimpan di museum KA Ambarawa. dan pada saat bapak Joko Widodo menjadi walikota kota Solo, beliau memindahkan kereta uap yang ada di Museum Ambarawa ini ke Solo untuk manarik para wisatawan. dan pada akhirnya, lokomotif ini mulai di operasikan pada 27 September 2009.
------------------------
jika anda ingin memiliki lokomotif jenis B'B, C'C, dan lokomotif UAP "steam", anda bisa memesannya di nomor : 085-100-675-165 lukman efendi
0 komentar:
Posting Komentar