Video of the day

Home » » LOKOMOTIF TRANSMISI HIDRAULIK BUATAN ANAK BANGSA (CC 300)

LOKOMOTIF TRANSMISI HIDRAULIK BUATAN ANAK BANGSA (CC 300)

LOKOMOTIF TRANSMISI HIDRAULIK BUATAN ANAK BANGSA (CC 300) – selamat datang di blog toko kereta uap yang berisi artikel-artikel menarik tentang perkereta apian di Indonesia. Artikel di dalam blog ini akan membahas aneka lokomotif-lokomotif yang sudah masuk ke masa pengafkiran dan masa peresemian lokomotif terbaru dari perusahaan PT KA Indonesia.

Edisi kali ini saya akan menuliskan artikel tentang lokomotif terbaru karya anak bangsa. Artikel yang akan membantu anda untuk menemukan informasi terbaru seputar lokomotif jenis GE yang di buat oleh PT. INKA, Madiun yang bernama lokomotif GE CC 300.

APA ITU LOKOMOTIF CC 300?

CC 300 adalah lokomotif diesel dengan trasmisi hidraulik yang pertama kali di buat oleh perusahaan PT INKA, kota Madiun Indonesia dengan susunan gandar model Co-Co. bahkan, tidak jarang yang membuat replika kereta api CC 300 ini menjadi kereta api miniatur yang sangat menawan dan menakjubkan hanya semata-mata untuk mengabadikannya menjadi kereta api model yang sekarang ini di gandrungi di negara Indonesia.

lokomotif CC 300 dibuat sesuai dengan pesanan Direktorat Jenderal Pereta Apian (DJKA) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang bertujuan untuk membuat lokomotif yang di khususkan untuk kereta api Ekonomou bersubsidi. Pada saat itu,, kemenhub sangat berambisi untuk memberikan pelayanan khusus bagi pengguna kereta api Enkomoi. Sehingga tidak hanya lokomotif CC 206 saja yang beroperasi sebagai kereta ekonomi ataupun express dan menganggarkan lokomotif CC 300 sebagai lokomotif yang beroperasi di Negara Indonesia, meskipun pada akhirnya asset dari PT INKA tersebut juga akan di miliki oleh PT KAI (Kereta Api Indonesia).
Lokomotif CC 300 yang dibuat oleh PT INKA ini hanya berjumlah 5 unit saja, dengan rincian pembuatan 3 unit pada tahun 2012 dan 2 unit pada tahun 2014. Perbedaan dari ke 2 lokomotif ini, terlihat pada bagian depan lokomotif. Pada lokomotif yang di buat pada tahun 2012 memiliki 2 kaca pada bagian depan, sedangkan lokomotif yang di buat pada tahun 2014 memiliki 4 kaca pada bagian depan (2 bagian depan & 2 bagian samping).  Untuk skema pengecatan pada lokomotif CC 300 12 01 -03 hanya menggunakan cat berwarna merah polos dan tidak terdapat logo kemenhub, sedangkan pada lokomotif CC 300 14 01 – 02 tedapat garis berwarna merah putih yang terletak di samping badang lokomotif dan dipasangi logo kementerian perhubungan yang terletak pada bagian samping kabin masinis. begitupun dengan lokomotif yang di buat dalam bentuk miniatur dan kereta model yang memiliki corak warna yang sama persis dengan aslinya

Lokomotif CC 300 ini di tenagai oleh mesin diesel Caterpillar yang berkekuatan 2500 hp dengan traksi effort 270 KN yang mampu melaju dengan kecepatan 120 km/jam. Selain itu, lokomotif CC 300 juga menggunakan transmisi hidraulik seperti BB 304 yang di buat oleh Voith.

pada dasarnya, lokomotif Miniatur CC 300 yang di buat dengan skala ho atau skala 1:80 juga memiliki bentuk mesin yang tidak jauh berbeda dengan aslinya. mereka menggunakan mesin model General Elektrik dalam bentuk kecil (skala miniatur) yang dapat melaju dengan bantuan lisrik (Kontrol Analog DC dan DCC sound) agar terlihat lebih detail

Yang menjadi Keunggulan dari lokomotif CC 300 ini adalah dengan hadirnya generator set (Genset) listrik yang dibuat oleh Caterpillar dengan tipe CAT 18. Dengan kemampuan genset ini, gerbong yang di tarik oleh lokomotif CC 300 tidak perlu di tambahkan gerbong pembangkit listrik lagi.
Spesifikasi Teknis CC300 (sumber PT INKA)
Lebar sepur
1067mm (narrow gauge)
Berat maksimum
84 ton
Beban gandar (axle load)
14 ton
Traksi maksimum
270 kN
Panjang lokomotif
14.135mm
Lebar lokomotif
2.642mm
Tinggi lokomotif
3.575mm
Kecepatan maksimum
120km/jam
Kapasitas tangki bahan bakar
3800 liter
Transmisi
Hydrodinamik, merek Voith
Susunan roda
C-C, terhubung
Mesin
45″ V-6, 4-stroke cycle
Turbocharged and aftercooled
1700 KW @ 1800 rpm
Komponen udara
Compressor Type 2 stage, air cooling, Reciprocrating
Kapasitas 600L/menit
Pengereman
Pneumatic clasp brake, high mounted cylinders

Alokasi CC300 di Indonesia per November 2017 (sumber PT INKA)
CC300 12 01
INKA Madiun
CC300 12 02
INKA Madiun
CC300 12 03
INKA Madiun
CC300 14 01
Medan
CC300 14 02
Palembang


UJI COBA LOKOMOTIF CC 300

Pada tanggal 8 Juni 2012, menjadi hari dimana lokomotif CC 300 mulai di uji coba kelayakan lokomotif dan juga melakukan uji dinamis pertamanya di jalan raya. lokomotif CC 300 ini diuji dengan berlari tanpa menggunakan gerbong penumpang ataupun barang dari Madiun ke Walikukuh dan kembali ke Madiun lagi. Biasanya, uji coba lokomotif di mulai dari nomor series pertama dan di susul dengan nomor series berikutnya. pada awal lokomotif CC 300 ini hadir di Indonesia, pada saat itu pula banyak handmader kereta model dan kereta miniatur yang menirukan uji coba seperti aslinya. bahkan di uji coba bersama kereta miniatur model BB 304 dan CC 201 yang sudah ada sejak 2010 silam

yang menjadi perbedaan pada saat pembuatan lokomotif CC 300 ini adalag Urutan uji coba kelayakan lokomotif CC 300 ini di mulai dari nomor urut ke dua yang menjalani pengujian perdana di lintas raya. Menurut pihak PT INKA Madiun, lokomotif CC 300 ini di uji mulai jam 10.55 WIB dan kemabli dari walikukuh pada jam 13.30. sampai saat ini, belum tau mengapa lokomotif nomor series kedua ini di uji coba dinamis dahulu daripada nomor series pertama.

baca juga : KONDISI STASIUN SUDIRMAN YANG BARU

Setelah uji coba dengan menarik tanpa gerbong pada tanggal 8 Juni 2012 sukses. Lokomotif CC 300 kembali di uji coba dengan menarik rangkaian kereta api. Lokomotif CC 300 ini di uji coba dengan menarik 5 gerbong sekaligus milik DitjenKA dengan rute Mandiun – Nganjuk PP. lokomotif CC 300 mulai di uji dari kota Madiun pada Pukul 10.00 WIB dan kembali ke nganjuk pada pukul 13.00. rute yang mengarah dari Madiun menuju Nganjuk ini di pilih karena memiliki medan yang berbeda dengan medan lainnya. jalur yang terdapat pada Madiun – Nganjuk ini memiliki bentuk medan yang mendatar dan menanjak, sehingga berguna untuk menguji kemampuan lokomotif CC 300 dalam menghadapi medan tanjakan. Pada proses pengunjian lokomotif CC 300 ini, menjalani beberapa pengujian seperti uji kecepatan maksimum, pengereman, dan pengereman darurat (emergency break).

Setelah lokomotif CC 300 ini melakukan beberapa rintangan pada saat uji coba dinamis, akhirnya lokomotif CC 300 ini di operasikan layaknya lokomotif GE milik PT KAI. Data yang di hasilkan dari uji coba dinamis juga membuahkan hasil seperti semua system berjalan lancer, pengereman lancer, dan masih banyak lagi.

Lokomotif CC 300 ini juga tercatat sebagai lokomotif yang di uji dengan rute Surabaya, Madiun, Malang, Surabaya, PP.

KETANGGUHAN MINIATUR LOKOMOTIF CC 300 BUATAN PT INKA SAAT MENEROBOS BANJIR

SIDOARJO – sekitar pada tahun 2017 silam, rel miniatur kereta api yang terletak di wilayah kabupaten sidoarjo, jawa timur, kembali tergenangi banjir yang mengakibatkan sejumlah area jalur miniatur kereta api porong-tanggulangin menjadi tidak terlihat. Bahkan, genangan banjir yang ada di area jalur tersebut, dikabarkan mencapai ketinggian 10 centimeter. Meskipun genangan banjir ini mencapai 10 centimeter dari permukaan rel miniatur kereta api, tetapi rakaian miniatur kereta api jayabaya dikabarkan mampu menerjang dan menerobos area banjir tanpa gangguan sedikitpun.

Berita itu kembali dibuktikan dengan postingan IG (instagram) indonesian railways yang menampilkan foto rangkaian Jayabaya yang sedang melintas di area rel Porong-Tanggul angin meskipun genangan air mencapai 10 centimeter. Postingan yang terpapang di instagram milik indonesianrailways pada selasa (28/11/2017) ini, diberikan keterangan bahwa : miniatur lokomotif CC 300 12 02 sedang menarik rangkaian miniatur kereta api jayabaya di area jalur porong-tanggulangin yang sedang tergenang banjir.

Dari foto tersebut, banyak yang menyimpulkan bahwa miniatur lokomotif buatan asli anak bangsa dengan nomor series CC 300 mesin hidraulik ini sangat tangguh dibandingkan dengan miniatur lokomotif asli pabrikan general elektrik milik perusahan Amerika serikat. Saat ini, miniatur miniatur lokomotif dengan nomor series CC 300 yang dibuat oleh perusahaan PT industri miniatur kereta api (INKA) yang bertempat di kota Madiun Jawa timur ini, mengalahkan sejumlah miniatur miniatur lokomotif General elektrik Amerika serikat karena tidak mampu melewati area rel miniatur kereta api yang sedang terkena genangan banjir. Dalam khasus ini, miniatur miniatur lokomotif Hidraulik yang sedang dimiliki oleh perusahaan PT miniatur kereta api indonesia, memang menjadi salah satu miniatur miniatur lokomotif andalan miliknya. Karena mampu melewat segala macam medan yang susah untuk dilewati.

Meskipun miniatur miniatur lokomotif CC 206 atau miniatur miniatur lokomotif jenis CC yang lain milik Perusahaan General Elektrik Amerika serikat, miniatur miniatur lokomotifnya masih belum mampu menerjang area rel miniatur kereta api yang sedang terkena genangan air. Banyak yang mengatakan bahwa miniatur miniatur lokomotif milik general elektrik masih belum bisa menerjang area rel miniatur kereta api yang terkena banjir, dikarenakan miniatur lokomotif mudah kongslet. Itulah yang menjadi salah satu kelemahan dari miniatur lokomotif General elektrik yang memilik sistem tercanggih saat ini.

Setelah terjadinya miniatur lokomotif CC 300 yang berhasil melintasi genangan banjir di area porong-tanggulangin, kejadian itu mengingatkan dengan miniatur lokomotif hidraulik dengan nomor series BB 304 yang juga pernah menerjang banjir di tempat dan area yang sama. Miniatur lokomotif BB 304 hidraulik ini, bertugas ketika membawa peninggian balast yang sedang terendam banjir dan sambil menaikkan posisi kricak yang berfungsi untuk menaikkan posisi rel agar bsa dilewati untuk sementara waktu, dalam khasus sambil menunggu surutnya banjir yang sedang menggenangi area rel miniatur kereta api. Dari beberapa foto miniatur lokomotif BB 304 yang sedang menerjang banjir, mereka sengaja menebar kricak yang berfungsi untuk menaikkan posisi rel agar tidak menjadi lebih tenggelam, dan lokasinyapun terletak di arean jalur porong menuju tanggulangin.

Ketangguhan dari miniatur lokomotif CC 300 ini, juga disampaikan dari beberapa akun instagram milik indonesianrailways selaku pencinta miniatur kereta api model dan miniatur miniatur kereta api yang mengatakan bahwa miniatur lokomotif CC 300 ini memang sangat handal dan tangguh dibadingkan dengan miniatur lokomotif-miniatur lokomotif General elektrik lainnya. Dia juga memberikan sedikit keterangan pada salah satu akun website resminya, kalau miniatur lokomotif CC 300 yang berwarna merah menyala, bahwa miniatur lokomotif CC 300 ini dibuat oleh perusahaan industri miniatur kereta api indonesia dengan menggunakan mesin diesel hidraulik, yang mampu menerjang banjir dan mampu menghasilkan aliran listrik kesemua gerbong rangkaian miniatur kereta api yang ada dibelakang miniatur lokomotif, sehingga semua miniatur kereta api penumpang yang berdinas dengan miniatur lokomotif CC 300, tidak perlu membutuhkan gerbong tambahan sebagai gerbong pembangkit.

Rancangan yang dibuat untuk miniatur lokomotif CC 300 ini, diketahui bahwa miniatur lokomotif CC 300 ini dimiliki oleh direktorat jendra (ditjen) perminiatur kereta apian kementerian perhubungan, dengan kata lain bahwa miniatur lokomotif CC 300 ini digunakan untuk keperluan dinas perhubungan atau dinas perminiatur kereta apian. Dan juga, design serta sistem integrasi yang terdapat pada miniatur lokomotif CC 300 ini, dirancang sendiri oleh karya insinyur indonesia.

Miniatur lokomotif CC 300 ini menjadi lebih dikenal karena telah menerjang banjir meskipun genangannya mencapai 1 meter, dan gerbong yang sedang beroperasi dengan miniatur lokomotif CC 300 ini akan mampu melewati segala bidang karena ketangguhan dari miniatur lokomotif CC 300 itu sendiri. Seperti yang saya katakan diatas, bahwa pembuatan miniatur lokomotif CC 300 ini adalah hasil dari kerjasama antara PT Industri Miniatur kereta api Indoneisa (inka) yang berada di kota Madiun dengan kementerian perhubungan yang diperkirakan menghabiskan biaya Rp 30 sampai 40 miliar.

Meskipun miniatur lokomotif CC 300 ini tertulis bahwa milik kementerian perhubungan perminiatur kereta apian indonesia,  namun miniatur lokomotif CC 300 ini masih tetap dibawah naungan PT miniatur kereta api Indonesia (KAI). Dan waktu peluncuran miniatur lokomotif CC 300 ini, bertepatan dengan peringatan hari kebangkitan nasional indonesia, yaitu pada tanggal 20 mei 2013. Hingga saat ini, miniatur lokomotif CC 300 yang berhasil dirakit oleh perusahaan PT industri miniatur kereta api Indonesia (PT INKA) mencapai 5 unit miniatur lokomotif, dengan rincian 3 unit miniatur lokomotif masih bertempat di dipo Induk miniatur lokomotif Madiun, 1 unit miniatur lokomotif CC 300 terletak di dipo induk Medan, dan satu unit miniatur lokomotif CC 300 lagi bertempat di dipo miniatur lokomotif tanjung karang.

PENGIRIMAN MINIATUR LOKOMOTIF CC 300 MENUJU SUMATERA

Sejak berhasilnya perusahaan industri miniatur kereta api (PT INKA), Madiun dengan hasil karyanya miniatur lokomotif CC 300. Pulau sumatera menjadi salah satu bahan pembicaraan akibat adanya isu kalau miniatur lokomotif CC 300  tersebut akan dikirimkan ke pulau tersebut. Desas desus tersebut sangat banyak dibicarakan terutama dikalangan pencinta miniatur kereta api (railfans) tanah air indonesia. Selain isu adanya pengiriman miniatur lokomotif CC 300 ke pulau sumatera, banyak yang bertanya-tanya mengapa miniatur lokomotif CC 300 sering “menganggur” tanpa ada kejelasan. Inilah yang menjadi tanda tanya besar bagi kalangan railfans indonesia, dan pada saat itu juga banyak yang bertanya-tanya kapan miniatur lokomotif CC 300 mulai digunakan untuk operasional.

Tak lama kemudian, desas-desus yang kerap memberikan pertanyaan-pertanyaan nyleneh ini menemukan titik terang. Dimana pada tanggal 23 februari 2016 silam, DJKA akhirnya mengirimkan 1 unit miniatur lokomotif CC 300 hasil buatan perusahaan industrik miniatur kereta api indonesia (PT INKA, Madiun), dengan nomor series miniatur lokomotif CC 300 14 01 menuju divisi regional (divre) 1 sumatera utara. Dengan tujuan dari Pengiriman miniatur lokomotif ini, di gunakan untuk membantu proyek reaktivasi jalur dari binjai hingga besitang yang menjadi salah satu bagian dari proyek jalur KA Lintas sumatera. Pengiriman miniatur lokomotif CC 300 yang ada di wilayah Kota madiun ini, dikirimkan dahulu menggunakan jalur darat menuju kota surabaya, yang nantinya akan diangkut dengan menggunakan kapal laut melalui pelabuhan tanjung perak.

Miniatur lokomotif CC 300 yang dikirmkan dari kota Madiun menuju pelabuhan tanjung perak, ditarik menggunakan miniatur lokomotif CC 201-108 milik PT miniatur kereta api indonesia (PT KAI). Dalam proses pengiriman miniatur lokomotif CC 300 yang menuju kota medan, PT KAI juga mengirimkan satu buah unit miniatur kereta api Inspeksi (KAIS) kaldera toba yang juga turut dikirim dalam waktu bersamaan, sekitar pada tanggal 27 februari 2016 setelah berhasil melakukan pengecekan miniatur lokomotif di kota surabaya.

Tidak hanya miniatur lokomotif CC 300 series 14 01 saja yang dikirimkan ke kota medan, melainkan juga disusul oleh adiknya yang bertipe CC 300 14 02 menuju pulau sumatera. Hanya saja sang adik tidak di kirimkan ke kota medan, melainkan dikirimkan ke wilayah bumi ruwa jurai yang terletak di kota Lampung. Dalam khasus ini, pengiriman miniatur lokomotif CC 300 14 02 terbilang cukup mengejutkan, karena tidak ada kabar yang berhembus di kalangan railfans, tiba-tiba miniatur lokomotif CC 300 sudah berada di pelabuhan panjang, lampung, tepat pada tanggal 15 juni 2016 yang lalu. Miniatur lokomotif CC 300 14 02 yang tiba pada saat itu, langsung dikirimkan ke pelabuhan pidada menggunakan truk trailer.

Setelah miniatur lokomotif CC 300 berada di stasiun pidada selama 2 hari 2 malam, miniatur lokomotif CC 300 kemudian pindahkan ke stasiun tanjungkarang via rel dengan ditarik oleh miniatur lokomotif. Kabarnya, miniatur lokomotif CC 300 yang berada di dipo miniatur lokomotif tanjungkarang ini, rencananya hanya akan digunakan untuk keperluan kementerian perhubungan yang terletak dikota tersebut.

AWAL MINIATUR LOKOMOTIF CC 300 BEROPERASI

Pada awal di beritakannya produksi PT INKA yang terbaru dengan model lokomotif CC 300 Diesel Hidraulik ini, banyak para pencinta kereta api railfans yang mulai bertanya-tanya tentang kedinasan lokomotif CC 300 ini. Bahkan sekitar satu sampai 2 tahun terakhir ini, kedinasan dari lokomotif CC 300 ini masih belum jelas. Sampai pada akhirnya, tepat pada tanggal 16 juni 2014 silam, lokomotif CC 300 alias Lokomotif anyar ini mulai mengawali kedinasanya resminya tanpa menggunakan embel-embel uji coba. Pada awal kedinasan lokomotif CC 300 yang bertempat di kota madiun ini, mengawali kedinasannya dengan menarik gerbong kereta api luar biasa (KLB), dengan tujuan untuk menjemput para anggota dewan dan anggota DPR serta rombongan MPR RI dari kota solo yang akan berkunjung ke perusahaan industri kereta api Indonesia yang terletak di kota Madiun, jawa timur. Pada awal kedinasan lokomotif CC 300 ini, langsung dioperasikan menggunakan traksi ganda bersamaan dengan lokomotif CC 300 series CC 300 14 01 dengan menarik sejumlah rangkaian kereta api luar biasa (KLB) dengan angkutan para anggota dewan dan anggota DPR kementerian dinas perhubungan. Lokomotif CC 300 yang pada saat itu berdinas, berangkat dari kota Madiun tepat pada pukul 01:15 dini hari yang menuju ke kota solo dengan rangkaian kosong tanpa penumpang. Dan tiba kembali di kota madiun pada pukul 09:30 WIB.

Selain pada awal kedinasan lokomotif CC 300 digunakan untuk menarik beberapa gerbong kereta api luar biasa dengan membawa angkutan para anggota dewan dan beberapa anggota kementerian dinas perhubungan, lokomotif CC 300 juga pernah didinaskan sebagai kereta api pesanan rombongan Kodam V Brawijaya untuk pulang dari kota madiun menuju kota surabaya. Dengan membawa beberapa gerbong untuk satu lokomotif CC 300 ini, para rombongan Kodam V Brawijaya berhasil sampai di kota surabaya dengan selamat dan bahagia.

Selain didinaskan sebagai kereta api penumpang, lokomotif CC 300 sering digunakan untuk kereta api dinas lebaran, tepat pada lebaran tahun 2017 silam.sekitar 3 unit lokomotif CC 300 langusng dikirimkan menuju beberapa dipo lokomotif yang menjadi tempat crane bernaung, dimana stasiun tersebut adalah stasiun solo balapan, Cirebon, dan Bandung sebagai dipo lokomotif Posko (Lokpos). Tujuan mengirimkannya beberapa lokomotif CC 300 ini di sejumlah dipo lokomotif indonesia yang menyimpan gerbong crane, adalah untuk berjaga-jaga apabila terjadi peristiwa luar biasa hebat (PLH) yang mengharuskan beberapa unit crane harus keluar dari kandang dipo lokomotif untuk bertugas. Setelah beberapa crane berhasil keluar dan bertugas seperti selayaknya, ke 3 lokomotif CC 300 yang sudah bertugas menghela kereta gerbong dalam bentuk crane, kembali ke kota madiun pada wal bulan juli 2017, tepat setelah kedinasan hari lebaran selesai.

Pada awal hadirnya lokomotif CC 300 ini di kalangan perkereta apian indonesia yang bertempat di kota Madiun ini, sempat menjadi pembicaraan “tranding topic” alias pembicaraan hot di kalangan railfans indonesia. Pada tanggal (06/11) hari senin, lokomotif CC 300 yang sering dijuluki dengan “semut rang rang” ini mengukir peristiwa bersejarah “paling di nanti-nanti”. Karena pada masa itu, lokomotif CC 300 berhasil menginjakkan roda besinya di wilayah daerah operasional kota jakarta. Momen ini sering dibilang sebagai momen yang ditunggu-tunggu, karena para railfans sudah tidak sabar lagi ingin melihat lokomotif CC 300 yang berdomisili d I wilayah daerah operasional (daop) 1.

Momen dengan adanya lokomotif CC 300 di wilayah daop 1 ini, memang banyak yang menanti-nanti. Dikarenakan sejak pada tahun 2012 silam, lokomotif CC 300 ini hanya keluar masuk dari wilayah pabrik dan hanya modar-mandir di sekitaran jalan Daerah operasional (daop) 7 dan 8. Lokomotif CC 300 yang keluar dari wilayah daop ini, hanya di khusukan untuk menjalani serangkaian uji coba mekanis dan uji kelayakan dinamis untuk memastikan lokomotif CC 300 ini benar-benar sudah aman. Pada awal berkarirnya lokomotif CC 300 ini di kota Madiun, lokomotif CC 300 ini hanya pernah keluar masuk di dua wilayah yang tidak jauh dari kota Madiun.

Tetapi setelah 5 tahun di tunggu-tunggu, lokomotif CC 300 ini akhirnya keluar kandang dengan membawa serangkaian kedinasan lokomotif yang menuju kota jakarta dan selanjutnya digunakan sebagai kereta api yang membawa rombongan kementerian perhubungan bersama dengan kereta api milik PT KAI dan Japan International Cooperation Agency (JICA), kedinasan ini berguna untuk mengadakan survei Kereta api semi cepat Jakarta menuju kota surabaya yang melawat jalur wilayah utara pada keesokan harinya. Sehingga, pada saat itulah lokomotif CC 300 menjalani kedinasan pertamanya setelah lokomotif CC 300 selesai dibuat dan lulus uji coba statis ataupun uji coba dinamis.

Sangking banyaknya para pencinta kereta model dan miniatur kereta api yang ada di kota jakarta ini, bisa dibuktikan dengan banyaknya para railfans diwilayah daop 1 yang rela berbondong-bondong, demi akan mengabadikan datangnya lokomotif CC 300 di kota jakarta ini. Selain itu, mereka juga rela berbondong-bondong sambil menunggu di ujung stasiun mulai dari malam hari hingga datangnya lokomotif CC 300 tersebut. Padahal, mereka sudah tahu kalau lokomotif CC 300, biasanya akan datang terlambat dari waktu yang telah di tentukan. Tetapi demi mewujudkan hasil potret abadiannya karena pertama kalinya lokomotif CC 300 ini datang di kota jakarta, mereka akan melakukan apa yang telah menjadi kewajiban mereka.

KLB yang datang dengan nomor KP/10739 ini tiba di stasiun kota jakarta, tepat pada pukul 21:09. Dimana lokomotif CC 300 dengan rangkaian gerbong kereta luar biasa, datang terlambat sekitar 2 jam dari jadwal yang telah di tentukan. Meskipun ketika lokomotif CC 300 ini datang dengan waktu keterlambatan, pada saat lokomotif CC 300 ini kembali ke kota Surabayapun juga membadi hal yang sangat dinanti-nantikan. Bahkan tidak sedikit para railfans miniatur kereta api yang berbondong-bondong untuk mengabadikan momen-momen paling bersejarah ini. Mereka juga mencari tempat atau spot yang dirasa bagus untuk sesi pemotretan lokomotif CC 300.

Keinginan para railfans agar lokomotif CC 300 di operasikan sebagai kereta api reguler dan kereta api ekonomi nampaknya susah terwujud. Karena, jika dilihat dari jumlah lokomotif yang hanya berjumlah 5 unit saja, kedepannya lokomotif CC 300 akan di operasikan sebagai lokomotif pendukung prasaranan proyek pembangunan dan perawatan kereta api, seperti pembangunan rel kereta api, crane, dan masih banyak lagi, itupun tidak terlepas dari tugasnya yang hanya di operasikan sebagai kereta api penghela gerbong kementerian dan dinas perhubungan indonesia. Sehingga, dari beberapa info yang kita dapat dari beberapa railfans pada postingan instagram dan website reminya, ering mengatakan bahwa selalu bersiagalah dengan info-info mengenai kereta api luar biasa (KLB), karena bisa jadi hanya pada saat itu saja lokomotif CC 300 sedang beroperasi dan berdinas sebagai lokomotif penghela. 


0 komentar:

Posting Komentar

kereta model, miniatur kereta api, jual kereta api miniatur, toko kereta model, toko kereta api miniatur, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, kereta model malang, miniatur kereta api lembang, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, jual kereta model malang, kereta model skala ho, kereta model skala 1/80