LOKOMOTIF CC 201 HASIL TRANSMIGRAN Dipo Yasa lahat dan Dipo Yogyakarta || skala miniatur dan skala model - kembali lagi ke artikel tentang lokomotif indonesia, yaitu lokomotif CC 201 hasil transmigran.
apakah lokomotif transmigran itu?
lokomotif transmigran adalah lokomotif indonesia yang tempatnya selalu berpindah-pindah. misalnya lokomotif dari Pulau Jawa ke Sumatera, Sumatera ke Pulau jawa, dan Jawa ke Sumatera bagian utara. lokomotif yang berpindah-pindah ini biasanya masih membawa karakteristik dari setiap Dipo yang memilikinya. semisal, lokomotif dari Pulau Jawa yang berpindah ke Pulau Sumatera barat. maka karakterteristik lokomotif yang dimiliki dari Dipo Pulau jawa tengah akan terbawa sampai ke Pulau Sumatera bagian barat. biasanya mereka akan menambahkan karakteristik tambahan untuk lokomotif yang baru saja di datangkan dari Dipo asal dia berada.
baca juga : JENIS LOKOMOTIF CC 201 KARAKTERISTIK ASLI JAWA
sudah ada contoh lokomotif yang baru di pindahkan dari wilayah sumbagsel ke wilayah Pulau jawa pada tahun 2012 silam. yaitu ada 6 lokomotif CC 201 yang di tranferkan ke pulau tersebut diantarnya lokomotif CC2019211, CC2019212, CC2018348, CC2018349, CC2018353, dan CC2018354. pada awalnya ke 6 lokomotif ini memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang di miliki Dipo Sumbagsel, seperti pewarnaan lokomotif, penempatan logo, dan klakson lokomotif yang masih memiliki tampilan Balai yasa lahat.
seiring berjalannya waktu pada pengoperasian lokomotif ini, ke 6 lokomotif ini kemudian di sesuaikan lagi bentuk dan karaketeristiknya sesuai dengan Dipo Balai Yasa yang ada di Jawa tengah, dengan penyusunan warna, port mulitple unit. bahkan, klakson yang di miliki oleh lokomotif CC2018349 dan CC2018354 di gantikan dengan klakson yang di miliki dipo Balai yasa Yogyakarta 'Leslie S3L menjadi Wabco AA-2".
eyehole yang terdapat pada ke-6 lokomotif ini juga masih terpasang tepat di bagian atap lokomotif. pada lokomotif CC2019211 dan CC2019212 asli milik Pulau Jawa yang kemudian di mutasi ke balai kertapati juga disesuaikan bentuk dan karakteristiknya sesuai dengan Dipo lokomotif Balai Yasa Lahat, bahkan klakson yang dimiliki lokomotif Pulau jawa "AA-2" di gantikan dengan klakson tipe "Leslie S3L". dan klakson itu masih tetap terpasang ketika lokomotif CC 201 di pulangkan ke pulau jawa pada tahun 2012 silam hingga sampai saat ini.
berbeda dengan ke-6 lokomotif yang saya terangkan di atas, ke 4 lokomotif yang dihasilkan dari mutasian Pulau Jawa ke Sumbagsel pada tahun 2008 dan 2014 yaitu CC2018310, CC2010401, CC2010402, dan CC2010403 disesuikan dengan standart balai yasa lahat. CC2018310 merupakan lokomotif yang paling sesuai standar Lahat, karena memiliki eyehole dan port multiple unit namun klaksonnya tetap bawaan pada saat sebelum pindah ke Sumatera. 3 lokomotif lainnya hanya berubah pola pewarnaannya saja. Namun, dua dari empat lokomotif ini nantinya akan menjadi penghuni dipo Padang dan Medan, sehingga bisa saja ada perubahan lagi.
baca juga : LOKOMOTF CC 201 KARAKTERISTIK ASLI SUMBAGSEL || skala miniatur dan skala model
sedangkan lokomotif yang dimutasi dari wilayah Jawa ke Sumatera hampir tidak ada perubahan sama sekali. karena balai yasa lahat karakteristiknya hampir sama dengan dipo miliki balai Yasa Yogyakarta. hanya saja pada bagian klakson milik CC 201 di gantikan dengan klakson bentuk terompet yang biasa kita jumpai di lokomotif BB302 dan BB303 yang sampai sekarang masih ada disana.
--------------
bagi anda yang menginginkan lokomotif dalam bentuk miniatur, kita menjual aneka lokomotif dalam bentuk Skala Ho atau skala mainan.
anda bisa menghubungi nomor :
085-100-675-165 Lukman efendi
0 komentar:
Posting Komentar